Rahasia Belajar Peraih Penghargaan di Ujian Cambridge

Pendidikan

Rahasia Belajar Peraih Penghargaan di Ujian Cambridge

Ada kabar baik untuk Indonesia. Kabar itu datang dari 139 pelajar SMP dan SMA Indonesia yang mengikuti ujian Cambridge pada bulan Juni dan November 2019. Mereka berhasil menyandang gelar sebagai Outstanding Cambridge Learner Awards untuk ujian Cambridge International General Certificate of Secondary Education (IGCSE), Advanced Subsidiary (AS) level, dan Advanced (A) level. Penghargaan ini diberikan oleh Cambridge Assessment International Education.

Dari jumlah 139 itu, ada 38 pelajar menyandang gelar Top in The World, 66 masuk dalam Top in Indonesia, dan 41 pelajar meraih High Achievement. Mereka yang meraih penghargaan Top in The World berarti mendapatkan nilai rata-rata tertinggi di suatu mata pelajaran dibandingkan pesaingnya di tingkat dunia, sedangkan Top in Indonesia di tingkat Indonesia.

Rahasia Belajar Peraih Penghargaan di Ujian Cambridge

Berdasarkan rilis yang diterima PingPoint.co.id (28/2/2020), pelajar-pelajar Indonesia yang meraih prestasi ini di antaranya:

  • Hagan Hatoto Bagus, peraih penghargaan Top in The World pada mata pelajaran Global Perspective and Research di tingkat AS level dan High Achievement pada mata pelajaran Psikologi di A Level.
  • Richie Adrian Wahidin, peraih penghargaan Top in Indonesia pada mata pelajaran Fisika dan juara pertama untuk Best Across Four Cambridge International di AS level
  • Muhammad Attar Khalifa, peraih High Achievement pada mata pelajaran Combined Science di level ICGSE.

[Baca Juga: Ini Gunanya Aplikasi Tangerang Live untuk Pelajar]

Bagaimana Cara Mereka Belajar?

  • Richie tidak belajar mepet atau menggunakan sistem kebut semalam. Dirinya mengaku belajar jauh sebelum pelaksanaan ujian dimulai, yaitu dua hingga tiga bulan sebelum ujian dilaksanakan. “Sehari total saya mencoba dua jam untuk belajar. Kalau hari Sabtu saya kadang belajar sama teman, jadi kalau ada yang tidak mengerti kita semua bisa saling bantu,” ungkapnya seperti tertulis dalam rilis.
  • Memahami pelajaran adalah kunci bagi Richie. Soal tips belajar, pertama-tama peraih Top in Indonesia mata pelajaran fisika itu membaca buku pelajaran hingga habis. Setelah itu, Ia mengerjakan past papers atau soal-soal yang diujikan di tahun-tahun sebelumnya. Richie mengerjakan soal-soal yang diujikan tahun 2015 hingga 2018.
  • Hal penting dari proses belajar Richie yang perlu digarisbawahi adalah ketika menemukan soal sulit, jawabannya bukan dihafal, melainkan mencari penyelesaiannya di internet. Setelah itu Richie pahami konsepnya. Menurutnya, memahami konsep akan membantu dirinya mudah menjawab pertanyaan dibandingkan menghafalkan jawaban.
  • Muhammad Attar punya caranya sendiri. Siswa kelas 9 asal Bogor ini selalu mencatat materi yang dijelaskan oleh guru, kemudian menandai materi yang sering keluar di soal ujian. Attar pun tak terus-menerus belajar hingga lupa istirahat. Menurutnya, istirahat adalah aktivitas penting agar tidak stres.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Sediakan Beasiswa Penuh untuk Penghafal Al-Qur'an]

Untuk diketahui, jumlah pelajar Indonesia peraih penghargaan pada tahun 2020 meningkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatan ini sebesar tiga belas persen. Mengutip kompas.com (28/2/2020) sebanyak 123 pelajar yang meraih gelar Outstanding Cambridge Learner Awards.

Penghargaan Cambridge ini pun membantu pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri. Richie contohnya ingin mengambil jurusan computer science di Stanford University, Amerika Serikat.

Sherly Kalatting, seorang guru fisika di BPK Penabur Jakarta menambahkan bahwa penghargaan ini memotivasi para pelajar untuk menjadi yang terbaik, tidak cepat puas. “Saya Saya cukup bangga, ternyata mereka sangat hebat. Kita sebagai guru melakukan tugas dan tanggung jawab, kita sebagai sekolah memfasilitasi yang terbaik. Tapi untuk mendapatkan outstanding award memang perlu siswa-siswi yang berbakat dan highly motivated,” ujar Sherly.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.