Rahasia Kulit Wajah Cantik Dengan Kokon Ulat Sutera.jpg

Kecantikan dan Fashion

Rahasia Kulit Wajah Cantik dengan Kokon Ulat Sutera

Memiliki kulit wajah cantik, sehat, bercahaya, dan awet muda merupakan impian setiap wanita. Berbagai macam cara diraih untuk mendapatkan kecantikan tersebut, mulai dari rutin menggunakan produk alami, menggunakan skincare hingga melakukan perawatan di klinik wajah.

Rahasia Kulit Wajah Cantik Dengan Kokon Ulat Sutera 2.jpg

Tapi, Pointers tahu, nggak? Kalau ada banyak bahan alami yang bisa Pointers manfaatkan untuk menjaga kulit wajah tetap sehat, cantik, bersinar, dan awet muda, salah satunya dengan kokon atau kepompong ulat sutera.

Tidak banyak yang tahu, kalau kokon atau kepompong ulat sutera ini dapat membuat wajah wanita tetap terlihat cantik. Namun ternyata, pemanfaatan kokon ulat sutera untuk kecantikan ini sudah banyak diterapkan oleh wanita-wanita Asia, seperti Jepang dan Korea, loh.

[Baca Juga: Rahasia Tetap Cantik di Usia 40]

Menurut dosen Divisi Produksi Ternak Daging, Kerja, dan Aneka Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB, Dr. Yuni Cahya Endarwati, SPt, MSi, kokon ulat sutera mengandung protein fibroin atau protein serat sebanyak 70-80 persen yang bermanfaat untuk melindungi jaringan kulit. Selain itu kokon ulat sutera juga mengandung protein serisin sebanyak 20-30 persen yang ada di dalam kokon ulat sutera bermanfaat sebagai skin moisturizer, meningkatkan collagen UV protection, dan tightening anti-wrinkle effect.

Rahasia Kulit Wajah Cantik Dengan Kokon Ulat Sutera 1.jpg

Selain itu juga, Dr. Yuni memberikan tips cara memanfaatkan kokon ulat sutera sebagai facial, “Pertama, kokon direndam dengan air panas selama lima sampai sepuluh menit. Lalu letakkan kokon ulat sutera pada ujung jari, lalu pijat pada wajah secara perlahan selama 10-15 menit,” ujar Dr. Yuni.

Pendapat lain datang dari seorang peneliti dari Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dra. Lincah Andadari, MSi, yang mengatakan kokon atau kepompong ulat sutera memiliki derajat keasaman atau pH yang hampir sama dengan kulit manusia. Selain itu, kokon ulat sutera juga memiliki jumlah asam amino yang hampir sama dengan kulit manusia. Hal ini dikarenakan saat proses perendaman kokon akan mengeluarkan sericin atau protein dengan kandungan 18 asam amino yang baik untuk meregenerasi sel kulit. Karenanya, kokon ulat sutera sering kali digunakan untuk perawatan wajah, seperti eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati.

Dra. Lincah juga mengatakan sebaiknya kokon digunakan seminggu sekali sebagai eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati, jadi fungsinya akan tetap sama dengan scrub atau peeling wajah.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.