Salat saat Pandemi

Berita Kawasan

Ramadan 2021, MUI Jateng Ajak Salat Tarawih Dengan Prokes

Bulan Ramadhan yang akan dimulai satu minggu mendatang akan menjadi tahun kedua yang dilaksanakan di masa pandemi. Berbeda dengan pelaksanaan tarawih di tahun sebelumnya, tahun ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah mengajak umat muslim melakukan tarawih di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Kami mengajak umat Islam di Jawa Tengah untuk kembali melaksanakan Salat Tarawih di Bulan Ramadan dan Shalat Idul Fitri 1442 H di masjid-masjid dengan menerapkan protokol kesehatan secara penuh," kata Ketua MUI Jawa Tengah KH Ahmad Darodji di Semarang seperti dilansir dari jateng.antaranews.com (4/4/2021).

Ia meminta kepada umat Islam yang ada di Jawa Tengah, untuk menjadikan Bulan Ramadan sebagai momentum meningkatkan ketakwaan dan keikhlasan. Selain itu bulan ini hendaknya dijadikan sebagai ajang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak Salat Sunah, khusyuk berzikir, memperbanyak istigfar, dan tadarus Al Quran serta berdoa kepada Allah SWT. Dengan angka kasus COVID-19 di Jawa Tengah yang menunjukkan penurunan, ia pun meminta kepada umat Islam di Jawa Tengah untuk selalu bersyukur.

Ahmad Darodji MUI Jateng

"Saya juga mengajak umat Islam di Jawa Tengah untuk terlibat aktif dalam mengatasi wabah COVID-19 dengan ikut menyukseskan program vaksinasi COVID-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan agar secepat mungkin bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tempat tinggal masing-masing," katanya.

Pihaknya berharap adanya upaya dari lembaga filantropi seperti BAZNAZ, LAZ, UPZ dapat meringankan beban ekonomi warga yang terdampak COVID-19 dengan meningkatkan peran dalam menghimpun dan mengelola harta, zakat, infak dan sedekah para donaturnya.

[Baca Juga: Tengok Patuhnya Warga Bekasi Saat Salat Id di Zona Hijau]

Tak lupa Akhmad Darodji juga mengajak umat Islam untuk meningkatkan solidaritas dan saling membantu antar sesama, terlebih tolong-menolong antar tetangga di suatu kawasan. Tidak hanya saling mengingatkan dalam hal kesehatan untuk memutus mata rantai COVID-19, tetapi juga bahu membahu dalam meringankan kebutuhan hidup. Ia juga mengingatkan untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Beberapa waktu lalu Ketua MUI Jateng Ahmad Darodji pun setuju dengan pembatasan kegiatan salat berjamaah terutama setelah ditemukan virus Corona varian baru. Menurutnya, umat Islam di Jawa Tengah juga tak mempermasalahkan pembatasan kuota jemaah pada saat shalat hingga 50 persen. Karena, muslim di Jateng sudah banyak yang menyesuaikan tata cara ibadah berjamaah, sejak wabah COVID-19 menyerang di tahun 2020.

MUI JATENG

Takmir masjid pun sudah melaksanakan anjuran jaga jarak, memakai master dan cuci tangan. “Salat berjemaah, kebanyakan masjid sudah menyesuaikan. Sudah memberikan tanda, di mana jemaah berdiri. Di Masjid Baiturahman bahkan tidak ada 50 persen, hanya sekitar 30 persen (jumlah jemaah). Begitu juga Masjid Agung. Hal itu tak membuat gejolak,” ujarnya seperti dikutip dari jatengprov.go.id (7/1/2021).

Ditambahkan, MUI Jateng akan menggandeng Kantor Urusan Agama (KUA) di pelosok daerah untuk mengingatkan terkait protokol kesehatan dalam berjemaah. Dengan habit baru yang telah diterapkan sejak tahun 2020, diharapkan pelaksanaan kegiatan tarawih tahun ini hanya tinggal melanjutkan protokol kesehatan yang telah menjadi kebiasaan di era new normal.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri.jpg

Hobi dan Hiburan

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri

06 December 2022, 12:02

PSE belum lama ini mengundang developer game GoldLime Studios untuk membahas proyek game ambisius mereka berjudul Unplug.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.


Comments


Please Login to leave a comment.