Seama Ramadan KPKP Jaksel Pantau Kualitas Pangan di Pasar

Berita Kawasan

Ramadan Ini KPKP Jaksel Pantau Kualitas Pangan di Pasar

Di bulan Ramadan kebutuhan pangan selalu meningkat, karena saat terbit matahari tak banyak toko yang menyediakan makanan, sehingga masyarakat yang tidak berpuasa harus memasak. Kebutuhan yang besar membuat penjual nakal mencari cara untuk mendapatkan untung yang besar, salah satunya dengan mencampurkan bahan-bahan yang berbahaya untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, pihak pemerintah kerap kali mengadakan sidak atau pengawasan terhadap kualitas bahan pangan yang tersebar di pasaran. Seperti Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan yang baru saja melakukan pengawasan pangan terpadu di tiga pasar wilayah Jakarta Selatan yakni Pasar Tebet Timur, Pasar Karet Belakang, dan Pasar Menteng Pulo (7/5/2019).

[Baca Juga: Catat Lokasi dan Tanggal Pasar Murah di Bulan Ramadan]

Sesuai lansiran dari selatan.jakarta.go.id (9/5/2019), Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan Wachyuni menyebutkan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan salah satu bentuk pengawasan keamanan pangan terpadu.

Hal tersebut ditujukkan guna mewujudkan pangan yang aman bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, klorin, eber, dan residu pestisida. “Kami telah mengambil 295 sampel untuk diuji, dengan rincian sampel Pertanian 157, Peternakan 34 sampel, dan Perikanan 104 sampel, dari tiga pasar yang sudah kita datangi,” Kata Wachyuni.

[Baca Juga: 26 RPTRA di Jakarta Selatan Jadi Lokasi Program Pangan Murah]

Wachyuni juga menambahkan, pengujian sampel yang dilakukan untuk mencari bahan berbahaya seperti residu pestisida, formalin, eber, dan klorin ini bekerja sama dengan UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan, UPT Pusat Produksi Inspeksi Sertifikasi Hasil Perikanan, dan UPT Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian.

“Hasil pengujian untuk sampel produk pertanian, peternakan, dan perikanan telah ditemukan satu sampel perikanan yang merupakan ikan tuna dari Pasar Tebet Timur mengandung formalin. Kami juga telah menindak lanjuti hal tersebut,” ujarnya.

[Baca Juga: PD Pasar Jaya Adakan Bazar Pangan Ramadan di Pasar Santa]

Formalin sendiri adalah cairan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Farmolin merupakan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker, mutagen, korosif dan iritatof. Jika sampai tertelan oleh seseorang, harus segera diatasi dengan cara meminum banyak air untuk mengeluarkan isi lambung segera.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.