Ramadan Kala Pandemi, Kegiatan Ngabuburit Bakal Dibubarkan Paksa

Berita Kawasan

Ramadan Kala Pandemi, Kegiatan Ngabuburit Bakal Dibubarkan Paksa

Kegiatan berkumpul sembari berburu makanan adalah tradisi yang biasa dilakukan ketika waktu menjelang azan maghrib saat bulan Ramadan. Sayangnya kebiasaan yang lebih dikenal dengan istilah ngabuburit ini, terpaksa mesti ditepikan sementara selama bulan Ramadan tahun ini, akibat pandemi COVID-19.

Sebagaimana dilaporkan pemerintah melalui situs covid19.go.id, hingga Minggu (26/4/2020) total kasus positif COVID-19 di tanah air telah mencapai 8.882 kasus. Rinciannya, 1.107 orang dinyatakan sembuh dan 743 orang meninggal dunia. Dari total keseluruhan jumlah kasus tersebut, sebanyak 3.798 kasus positif disumbang Provinsi DKI Jakarta, dengan rincian, 353 meninggal dunia dan 335 orang dinyatakan sembuh.

[Baca Juga: Ramadan Kala Pandemi Tanpa Ngabuburit, Tarawih dan Ziarah Makam]

Tingginya jumlah kasus telah memaksa pemerintah, baik pusat atau daerah, untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memberlakukannya sejak 10 April lalu, yang kemudian diperpanjang lagi masa berlaku hingga 22 Mei 2020 mendatang.Oleh karena itu, kegiatan ngabuburit tentulah bersinggungan alias tak sejalan dengan kebijakan menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 yang telah ditetapkan.

Kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) Duren Sawit, Jakarta Timur adalah salah satu lokasi ngabuburit yang selalu ramai oleh warga dan pedagang kaki lima (PKL), karenanya sebanyak 20 personel Satpol PP pun disiagakan untuk penjagaan.

Mengintip Jajanan Takjil di Pasar Benhil 3

Penjagaan dilakukan di sejumlah titik menggunakan kendaraan operasional dan berpatroli di sepanjang kawasan KBT. Menjelang sore, para pedagang yang datang untuk berjualan, langsung dihalau oleh petugas. Ini sesuai dengan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam penanganan COVID-19 di Ibukota.

Kepala Satpol PP Jakarta Timur, Budi Novian mengatakan, penjagaan harus dilakukan sejak awal. Karena lengah sedikit, maka PKL dipastikan akan turun ke jalan menggelar dagangannya. “Kami sifatnya mobile, memantau kondisi wilayah dengan berkeliling sambil mengimbau masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah," ujarnya, dilansir beritajakarta.id (25/4/2020).

[Baca Juga: Begini Cara Membuat Es Teh yang Sempurna untuk Berbuka Puasa]

Lebih lanjut Budi menyampaikan, selama pemberlakukan PSBB tahap kedua, masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Apalagi berkerumun di suatu tempat untuk alasan apa pun.

Dia pun berharap banyak kepada masyarakat maupun PKL berkenan mematuhi kebijakan PSBB yang telah ditetapkan Pemprov DKI Jakarta. “Harus diingat bahwa fase kedua penerapan PSBB ini adalah lebih pada penindakan. Jika ada yang melakukan pelanggaran tentu kita akan ambil tindakan tegas,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.