Ramai Aksi Berbahaya Remaja Cegat Truk Demi Konten, Ini Pandangan Pakar Unair.jpg

Pendidikan

Ramai Aksi Berbahaya Remaja Cegat Truk Demi Konten, Ini Pandangan Pakar Unair

Selama beberapa pekan terakhir dunia media sosial, khususnya di TikTok serta di Instagram, mendadak ramai dengan konten yang memperlihatkan anak-anak serta remaja di Tanah Air yang nekat turun ke jalan raya untuk menghentikan mobil truk yang tengah melaju. Aksi ini sangatlah berbahaya dan sudah patut tidak untuk ditiru apalagi sudah ada beberapa remaja yang akhirnya kehilangan nyawanya karena melakukan aksi nekat tersebut. Namun walau sudah ada fakta bahwa aksi ini telah menelan korban, tapi masih ada saja yang tetap melakukannya. Kondisi ini pun memicu Pakar Psikologi Universitas Airlangga (Unair) angkat suara dan memberikan pandangannya di balik fenomena tersebut.

Pandangan ini diutarakan oleh Dosen Fakultas Psikologi Unair Dr Wiwin Hendriani Spsi Msi yang mengungkapkan alasan utama dari aksi berbahaya dari remaja ini tentu saja dipicu oleh media sosial. Mereka mendapatkan proses belajar yang salah melalui tren di media sosial dan ini didorong oleh proses mereka mengenali serta membentuk identitas dirinya. Sehingga dalam tahap perkembangan ini, mereka ingin menunjukkan eksistensinya serta mendapatkan pengakuan dari pihak luar dengan melakukan aksi viral seperti menghentikan truk yang sudah melaju.

Ramai Aksi Berbahaya Remaja Cegat Truk Demi Konten, Ini Pandangan Pakar Unai r.jpg

“Hal ini bermuara pada sikap dan perilaku remaja yang labil, mudah terbawa pengaruh sekitar, mudah terstimulasi oleh hal-hal yang menarik baginya, dan banyak didorong oleh kebutuhan memperoleh pengakuan orang lain,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (15/6/2022).

Dari sisi pemicunya, menurut Wiwin peran orangtua tak terlepas dari aksi mereka ini. Menurutnya berdasarkan data di lapangan, kenakalan anak dan remaja seperti aksi nekat itu bisa dipicu oleh kurang baiknya hubungan mereka dengan orangtua atau mungkin akibat konflik yang terjadi karena merasa tidak nyaman bersama keluarga.

[Baca Juga: Ini Efek Buruk Media Sosial Berlebihan Pada Remaja]

Dari sinilah, mereka mencari kesenangan atau pengakuan dari orang lain melalui konten. Oleh karena itulah, kunci utama bagi Anda untuk memastikan anak Anda tak mengikuti aksi cegat truk ini adalah perbanyak pendampingan. Tak lupa sekolah menurut Wiwin juga berperan dalam pencegahan ini, mengingat guru serta teman sekolah menjadi bagian dari mikrosistem dari tumbuh kembang anak serta remaja.

“Pendampingan yang mendukung perkembangan kemampuan berpikir remaja perlu dilakukan dengan memperbanyak ruang dialog dan diskusi, dengan meluaskan pula topik pembicaraan yang dapat memberikan stimulasi lebih dan memperkaya pengetahuan remaja dengan berbagai macam wawasan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.