Ramai Isu SARA, Begini Cara Ajarkan Anak Memahami Perbedaan

Pendidikan

Ramai Isu SARA, Begini Cara Ajarkan Anak Memahami Perbedaan

Bulan Agustus seharusnya diisi dengan kesemarakan hari kemerdekaan yang ke-74 Republik Indonesia. Sudah lebih dari setengah abad merdeka, dengan berbekal Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD 1945 rupanya konflik di Indonesia dengan latar belakang SARA (suku, ras, dan agama) masih terus terjadi. Hal ini tentunya masalah yang besar dan serius mengingat Indonesia merupakan negara yang besar dengan beragam identitas yang dimiliki masyarakat.

Bukan hanya alamnya saja yang kaya dan memanjakan, namun Indonesia juga diisi dengan ratusan suku dengan bahasa yang berbeda-beda. Hal ini lah yang mendasari Bhinneka Tunggal Ika atau berbeda namun tetap satu. Jika konflik Sara semakin besar dan terus-terusan berlanjut, sangat memungkinkan perpecahan terjadi di dalam negeri.

Ramai Isu SARA, Begini Cara Ajarkan Anak Memahami Perbedaan

Maka dari itu, sebagai orang tua dari generasi penerus Anda haruslah bijak dengan adanya perbedaan. Sehingga sikap toleran Anda bisa menjadi contoh yang baik untuk buah hati. Jangan biarkan buah hati Anda berkembang menjadi pribadi yang tak bisa menghargai perbedaan. Hal ini bisa Anda tanam sejak dini dengan beberapa cara berikut.

[Baca Juga: Pesan Damai Tokoh Lintas Agama Tangerang Selatan]

  • Beri Contoh Nyata

Merangkum dari sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id (26/8/2019) Anda bisa memulai menanamkan pengetahuan dan informasi mengenai perbedaan sejak dini. Berilah pengetahuan mengenai toleransi dengan menceritakan dongeng tentang kebersamaan dan perbedaan. Misalnya pergi ke museum budaya atau sejarah. Untuk mendidik dan menanamkan hal ini pada anak tentu tidak mudah, namun Anda harus terus kembangkan mengenai nilai-nilai ini sejak dini hingga ia dewasa.

  • Berpartisipasi Dalam Acara Budaya

Biasanya pada Hari Kartini dan Hari Kemerdekaan di lingkungan maupun di sekolah akan dilaksanakan kegiatan khusus yang membutuhkan partisipasi anak. Buat buah hati mengikuti acar tersebut, di acara itu biasanya anak akan diwajibkan menggunakan baju adat daerah. Di sana ia akan belajar mengenai keberagaman adat yang ada di Indonesia. Dengan membiasakan hal ini, si kecil akan tahu dan paham bawa setiap orang memiliki budaya yang berbeda diwakilkan dengan baju adat yang digunakan.

  • Berikan Pelajaran Lewat Buku Maupun Film

Anda juga bisa menanamkan sikap toleransi pada si kecil dengan menceritakan tokoh yang ada di buku cerita atau film. Sebagai mana dilansir dari ibudanbalita.com Cari perbedaan fisik yang menonjol pada karakteristiknya, dan beritahu si kecil kalau perbedaan itu wajar dan hal yang biasa. Justru perbedaan itulah yang membuat setiap orangnya unik.

[Baca Juga: Wali Kota Jaksel Ajak Masyarakat Pertahankan Nilai Keagamaan]

Saat mengajarkan anak sejak dini, jangan lupa untuk memberitahukannya dengan menggunakan nada yang tenang dan halus. Sehingga si kecil mengerti jika manusia itu semuanya berbeda dan perbedaan itu hal yang wajar, bukannya sesuatu yang aneh.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.