Ramai Kabar Hepatitis Misterius, Pakar Kesehatan Anak Unpad Angkat Bicar a.jpg

Kesehatan

Ramai Kabar Hepatitis Misterius, Pakar Kesehatan Anak Unpad Angkat Bicara

Di tengah kondisi pandemi yang terus diarahkan menjadi endemi, baru-baru ini muncul kabar kesehatan yang turut memicu kekhawatiran publik. Di mana berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, saat ini sudah ada 20 negara yang terindikasi dibayangi penyakit hepatitis yang tidak diketahui alias hepatitis dengan kasus awalnya ditemukan di Inggris. Saat ini di Inggris dilaporkan sudah terdapat 163 kasus anak-anak yang terkena penyakit ini dengan 11 di antaranya harus menjalani transplantasi hati. Melihat kondisi ini, Pakar Kesehatan Anak Universitas Padjadjaran (Unpad) memberikan paparannya mengenai hepatitis misterius tersebut.

Menurut Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Dr. Dwi Prasetyo, dr., Sp. A(K), M.Kes., hal awal yang perlu diketahui publik Tanah Air adalah penyebab dari nama penyakit ini. Karena terdapat alasan mengapa penyakit hepatitis ini disematkan istilah ‘misterius’ dan ini berhubungan etiologi atau asal muasal dari penyakit tersebut.

Ramai Kabar Hepatitis Misterius, Pakar Kesehatan Anak Unpad Angkat Bicara.jpg

“Hepatitis yang biasa kita kenal ada A, B, C, D, dan E. Kejadian di Inggris itu sudah diperiksa ternyata negatif lima hepatitis tersebut. Makanya mereka melaporkan jenis hepatitis yang tidak diketahui etiologinya atau jenis hepatitis non-A, B, C, D, E,” ujarnya, sebagaiamna dikutip dari Unpad.ac.id (8/5/2022).

Prof. Dwi melanjutkan, para ahli medis di dunia juga terus menyelidiki mengenai penyakit hepatitis misterius itu dengan Kementerian Kesehatan bahkan sudah mengumumkan mengenai masyarakat waspada dengan keberadaan penyakit tersebut. Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI juga mengeluarkan imbauan waspada dini kepada tenaga kesehatan serta masyarakat. Pakar Kesehatan Anak Unpad itu bahkan menegaskan, walau saat ini kasus itu membayangi pasien anak-anak, tak mustahil terdapat potensi orang dewasa juga dapat terpapar mengingat penyakit ini masih misterius.

[Baca Juga: Waspada Hepatitis A yang Bisa Menyerang Kapan dan Siapa Saja]

Dari sisi penularannya sendiri, menurut Prof. Dwi, pada dasarnya hepatitis merupakan penyakit yang memang mudah menular. Untuk hepatitis A, penyakit ini menyebar akibat melalui mulut serta pola hidup yang tak sehat sehingga kerap menular di kalangan anak-anak usia sekolah. Sedangkan hepatitis B dan C penyebarannya melalui darah dan bisa terjadi saat transfusi darah. Untuk tingkat keakutannya, hepatitis A seringnya bersifat ringan dan B serta C yang bersifat kronis. Untuk hepatitis D dan E sendiri sifatnya koinsiden dengan tiga hepatitis sehingga jarang pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk hepatitis misterius, Prof. Dwi memberikan pendapat awalnya dan Ia sebut terdapat potensinya ini berhubungan dengan anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum kuat. Pendapat ini diperkuat dengan bukti yang menunjukkan bayi yang baru lahir juga terinfekasi hepatitis misterius tersebut. Untuk saat ini, menurutnya yang bisa Anda lakukan adalah memastikan terus menjalani pola hidup sehat seperti pandemi COVID-19 dan bila Anda melihat buah hati menunjukkan gejalan seperti mata serta kulit yang menguning, warna urine kuning pekat, sampai demam hingga muntah-muntah maka segera larikan ke fasilitas kesehatan terdekat.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.