Ramai Pembahasan Harga Baru Tiket Borobudur, Ini Pandangan Pakar Unpad.jpg

Pendidikan

Ramai Pembahasan Harga Baru Tiket Borobudur, Ini Pandangan Pakar Unpad

Baru-baru ini, warganet hingga media nasional diramaikan dengan pengumuman dari pemerintah terkait objek wisata Candi Borobudur. Di mana harga tiket masuk ke Warisan Budaya Dunia UNESCO ini dipatok jauh lebih tinggi dari umumnya, yaitu Rp750 ribu bagi turis lokal yang ingin naik ke area candi dan USD$100 untuk turis mancanegara. Pemerintah dan pengelola Candi Borobudur mengklaim, pematokan tiket yang tinggi ini dipicu oleh upaya konservasi dari objek wisata bersejarah itu. Namun menurut pakar Universitas Padjadjaran (Unpad), hal tersebut dirasa kurang efektif.

Pihak pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mengungkapkan, harga tike masuk ke pelataran Candi Borobur masih Rp50.000 untuk turis lokal dan USD$25 untuk turis mancanegara. Sedangkan untuk harga tiket yang mahal itu memang disepakati antara pengelola dan pemerintah pusat dalam rangka menerapkan sistem kuota pengunjung yang boleh naik ke atas Candi Borobudur.

Ramai Pembahasan Harga Baru Tiket Borobudur, Ini Pandangan Pakar Unpa d.jpg

Kuota yang ditetapkan maksimal 1.200 orang saja yang boleh naik dipicu oleh pengikisan di sejumlah titik area candi akibat banyaknya wisatawan yang naik ke Candi Borobudur. Dari sinilah mengapa harga tiket yang tinggi dipandang sebagai langkah agar wisatawan cukup menikmati Candi Borobudur dari area pelatarannya. Namun Pakar Unpad Dr. Evi Novianti, M.Si., memandang langkah ini justru berdampak negatif terhadap citra wisata di Tanah Air.

Evi menuturkan, harga tiket Rp750 ribu ini bisa membuat wisatawan asli Tanah Air justru bisa memicu pandangan destinasi di negeri sendiri lebih mahal dibandingkan pergi ke luar negeri. “Saya kurang setuju kalau itu dibebankan ke wisatawan mancanegara dan nusantara. Boleh naik (ke Candi Borobudur) asalkan jangan terlalu tinggi,” sarannya, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (6/6/2022).

[Baca Juga: Kostum Borobudur Curi Perhatian di Semarang Night Carnival 2021]

Alih-alih menaikkan harga tiket demi membatasi jumlah pengunjung, Ketua Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjutan Unpad itu lebih setuju jika pembatasannya saja yang diterapkan sepenuhnya tanpa perlu menaikkan harga tiket ya. Di mana bisa dilakukan dengan proses pemesanan via internet untuk tiket naik ke atas Candi Borobudur sehingga jumlahnya bisa sesuai 1.200 orang per harinya. Sehingga proses konservasi bisa tetap berjalan tanpa mengurangi antusiasme wisatawan datang ke salah satu situs warisan dunia dari UNESCO itu.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.