Ramai-ramai Bermasker, Cara Pengguna MRT Agar Merasa Lebih Aman

Berita Kawasan

Ramai-ramai Bermasker, Cara Pengguna MRT Agar Merasa Lebih Aman

Pengumuman resmi Presiden Joko Widodo mengenai pasien dengan Virus Corona positif membuat banyak kepanikan di masyarakat. Kondisi ini mengharuskan diambil langkah-langkah pencegahan khususnya di ruang-ruang publik. PingPoint menelusuri beberapa stasiun Moda Raya Terpadu (MRT), dari rute Bunderan Senayan hingga Bunderan HI sehari setelah pengumuman tersebut.

Sepanjang mata memandang langkah pencegahan yang telah dilaksanakan, baru sebatas pengimbauan untuk menggunakan cairan pembersih tangan, perangkat elektronik seperti pendeteksi suhu badan belum terpasang.

Dari pantauan PingPoint di beberapa stasiun MRT, aktivitas para penumpang MRT terlihat normal dan biasa saja. Yang berbeda hanya banyaknya orang yang menggunakan masker. Mereka tidak ada gestur ketakutan yang berlebih, masker membuat mereka merasa lebih aman.

Ramai-ramai Bermasker, Cara Pengguna MRT Agar Merasa Lebih Aman

Banyak pengguna MRT memilih untuk menggunakan masker saat beraktivitas di ruang publik. Hal ini sesuai dengan himbauan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyatakan bagi setiap pengguna transportasi umum untuk selalu menggunakan masker.

Cindy (27), karyawan yang bekerja di kawasan Dukuh Atas ini mengaku takut dan mencoba waspada. Dirinya berkaca pada kejadian masyarakat Wuhan Tiongkok yang harus terisolir bersama warga Kota lainnya karena penyebaran penyakit dengan nama ilmiah COVID-19 ini.

[Baca Juga: Ajakan Boikot Beli Masker Secara Daring Meramaikan Banyak Grup WA]

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati, saya lebih baik sesak karena masker dari pada sesak karena corona. Masyarakat kita juga kesadarannya kurang, bersin dan batuk suka sembarangan tidak ditutup dari pada mengharapkan kesadaran mereka mending kita yang masih sehat lebih nunjukin kesadaran saja deh,” tuturnya kepada PingPoint.

Berbeda dengan Vienty (33), karyawati di bilangan Sudirman Jakarta Pusat ini, mengaku memang sudah terbiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar. Menurut pengakuannya, kebiasaan ini sudah dilakoninya sejak enam bulan lalu.

Thermal Scanner Belum Terpasang, Aktivitas Stasiun MRT Masih Normal

“Kalau saya memang sudah enam bulan lebih selalu pakai masker kemana-mana, karena saya sedang hamil. Jadi saya selalu menjaga kesehatan saya, karena kesehatan kandungan tergantung dari si ibu yang mengandung,” ungkapnya kepada PingPoint.

Di sisi lain, resminya masuk penyakit Corona ke Tanah Air tak hanya berdampak terhadap timbulnya kepanikan di kalangan masyarakat. Tetapi juga dimanfaatkan para oknum yang mengejar pundi-pundi keuntungan dari kondisi ini. Kenaikan harga masker yang meroket adalah salah satu contohnya.

Sekadar informasi, dihimpun dari berbagai sumber, kini harga masker N95 sudah menembus angka Rp. 1.7 Juta per kotaknya. Sementara untuk masker bedah nilainya berada di kisaran Rp. 250 ribu hingga Rp. 350 ribu per kotaknya.

[Baca Juga: Thermal Scanner Belum Terpasang, Aktivitas Stasiun MRT Masih Normal]


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.