MATRAMAN_FASHION_RAMAYANA JATINEGARA BERTAHAN DENGAN RETAIL FASHION DI CITY PLAZA JATINEGARA_OCI_REVISI 01-01.jpg

Kecantikan dan Fashion

Ramayana Jatinegara Bertahan dengan Ritel Fashion di City Plaza Jatinegara

Banyak gerai ritel fashion yang tutup. Ramayana yang memegang kelas menengah ke bawah, terus bertahan dan membuka gerai-gerai baru.

Lesunya bisnis ritel tak menyurutkan rencana Ramayana Department Store membuka tiga gerai baru pada Desember 2017. Ketiganya berlokasi di Jatinegara, Bekasi, dan Serpong. Ramayana Jatinegara yang baru terletak di City Plaza Jatinegara.

Gerai PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) di City Plaza, Jatinegara, Jakarta Timur, merupakan cabang ke-114. Humas RALS Setyadi dalam siaran pers-nya mengatakan, pembukaan gerai dengan luas 8.353 meter persegi diharapkan dapat menopang kinerja perseroan ke depannya.

Pusat perbelanjaan City Plaza Jatinegara sendiri dibangun diatas tanah seluas 1,1 hektare, dengan luas bangunan 25.906 meter persegi yang dilengkapi dengan pusat kuliner dan food connection, specialty store, Ace Hardware, Starbucks Coffee, HP Center, Shoe Mart, Sport Station, area bermain Zone 2000, 7 Days Premium Hotel, yang berkapasitas 98 kamar, serta Cinema XX1.

City Plaza Jatinegara mempekerjakan sekitar 700 tenaga kerja, yang diutamakan kepada warga Jakarta Timur, dan bekerjasama dengan Koperasi Pasar UMKM dalam meningkatkan keselarasan dalam memberi kesempatan berusaha dalam mencapai keseimbangan skala usaha besar dan kecil usaha mikro.

[Baca Juga : 5 Ide Usaha Favorit untuk Pengusaha Muda]

Gambaran tersebut, membuat Ramayana optimistis membuka gerainya di pusat perbelanjaan itu. Meskipun demikian, pihak Ramayana tetap memberikan promo-promo menarik untuk memancing pelanggan. Bukan hanya potongan harga, promo yang diberikan lebih kreatif dan inovatif, bahkan melibatkan produk di luar fashion. Misalnya, promo berbelanja Rp250.000 dapat minyak goreng 2 liter, lalu belanja Rp500.000 mendapat voucer Rp50.000, serta belanja Rp1 juta mendapatkan voucher Rp150.000.

Adapun program-program promosi lainnya akan terus dilakukan untuk dapat kembali menarik minat masyarakat berbelanja di wilayah Mester-Jatinegara yang sudah dilupakan oleh warga Jakarta, padahal nama wilayah "Mester" di tahun 1960 pernah begitu populer.

Dengan dibangun dan dioperasikannya City Plaza Jatinegara, dapat mengaktifkan kembali "pusat belanja" yang sudah tua, disamping turut meningkatkan perekonomian daerah.

Terus Berinovasi

Bukan hanya terus membuka gerai, Ramayana terus melakukan inovasi dalam hal promosi. Iklan Ramayana mendapat perhatian banyak orang karena spesifik mengincar kelas menengah ke bawah. Siapa yang tidak tahu dengan grup kasidahan emak-emak yang kepalanya muncul dari magic jar?

Ramayana merupakan perusahaan ritel kelas C dan D. Bahkan sekarang tren menunjukkan bahwa belanja kelas menengah juga sudah turun ke store kelas C dan D. Busana-busana yang dijual di sana pun hanganya tidak lebih dari Rp150.000. Namun, tiap bran yang dipilih tetap menampilkan tren busana terkini yang tidak ketinggalan zaman.

[Baca Juga : Pasar Poncol Jadi Alternatif Berburu Fashion Retro]

Untuk bisa bertahan di tengah gempuran bisnis daring, Ramayana juga telah menyesuaikan diri untuk pengembangan pasar. Ramayana juga membuka toko daring yang produknya sama dengan produk yang ada di gerai. Meski telah melebarkan sayap ke bisnis daring, Ramayana seperti dilansir dari berita di Tempo.co (6/8/2018), tidak akan meninggalkan bisnis luring (offline). Sebab, fondasi bisnis luring merupakan yang utama bagi Ramayana.

Masih dari sumber yang sama, pertumbuhan bisnis Ramayana berada di angka 9 persen tahun lalu. Untuk tetap mempertahankan bisnis luring, Ramayana telah menyiapkan sejumlah strategi, seperti diskon besar, pelayanan yang baik, dan menjual barang berkualitas dengan harga yang murah. Selain itu, Ramayana percaya kalau warga juga butuh pergi ke mal sebagai bagian dari lifestyle. Setelah gerai Ramayana Jatinegara di City Plaza Jatinegara, seiring dengan perbaikan ekonomi, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk tetap akan membuka gerai baru di seluruh Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Berita Kawasan

Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta

20 September 2019, 18:00  |  4 Views

Aksi Global Climate Strikes yang digagas Greta Thunberg diikuti pula oleh sejumlah anak-anak muda di Indonesia. Siapakah dia?

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

Bisnis

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

20 September 2019, 17:00  |  10 Views

Sony Eco Shopping Bag Design Contest menjadi salah satu langkah untuk upaya memelihara lingkungan hidup. Seorang mahasiswa di Jakarta berhasil memenangkan kontes yang diadakan Sony Indonesia tersebut.

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

Bisnis

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

20 September 2019, 16:00  |  13 Views

Sebagaimana bentuk kepedulian DBS Foundation terhadap wirausaha sosial di Indonesia, SE Bootcamp kembali hadir.

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

20 September 2019, 15:00  |  8 Views

Usai diresmikan Rawa Binong bahkan direncanakan menjadi pusat oleh-oleh dan cenderamata Kabupaten Bekasi. Sudah pernah ke sana?


Comments


Please Login to leave a comment.