Rangkaian Kereta Anjlok di Stasiun Kotalama Malang

Berita Kawasan

Rangkaian Kereta Anjlok di Stasiun Kotalama Malang

Empat kereta dalam satu rangkaian kereta cadangan anjlok di Stasiun Kota Lama, Malang pada Rabu, 18 November 2020. Para petugas PT KAI berusaha mengevakuasi kereta dan memulihkan jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan tidak menyebabkan terganggunya perjalanan kereta.

Anjloknya roda empat kereta dalam satu rangkaian kereta cadangan tersebut terjadi sekitar pukul 15.02 WIB. Saat itu, rangkaian tujuh kereta cadangan tersebut sedang dalam posisi lansir dari arah Utara (Stasiun Besar Malang/Kotabaru) ke Selatan (mengarah ke Stasiun Kotalama).

Rangkaian Kereta Anjlok di Stasiun Kotalama Malang

”Saat itu, rangkaian kereta cadangan tersebut dalam posisi lansir. Rupanya, saat itu, 14 as roda kereta anjlok, menimpa kereta nomor satu hingga empat. Jadi, empat kereta yang rodanya anjlok,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto seperti diberitakan kompas.id (19/11/2020).

Menurut Suprapto, kecelakaan tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Adapun perjalanan kereta api pun tidak terganggu karena kereta masih bisa melalui jalur 1. Kecelakaan terjadi di jalur 2. ”Hingga kini, dugaan penyebab kecelakaan itu masih diselidiki,” kata Suprapto.

Slamet S Effendy (50), warga Kelurahan Ciptomulyo RT 005 RW 003, saksi mata kejadian, mengaku bahwa pada saat itu ia sedang berada di lantai dua rumahnya yang berada di sebelah stasiun. ”Tiba-tiba saja kereta meluncur tidak terkendali, suaranya keras, dan tampak anjlok dari rel. Saat itu, saya berteriak-teriak memperingatkan pekerja di bawah untuk segera menyingkir. Untungnya tidak ada korban jiwa,” tutur Slamet.

[Baca Juga: PT KAI Bagi-Bagi Masker untuk Penumpang di Stasiun Bandung]

Menurut Slamet, saat kecelakaan terjadi, ada sejumlah pekerja sedang memperbaiki rel di sana. ”Jika tidak diperingatkan, mungkin para pekerja itu bisa celaka. Alat berat untuk memperbaiki rel saja sudah tertabrak,” katanya. Tiba-tiba saja kereta meluncur tidak terkendali, suaranya keras, dan tampak anjlok dari rel.

Slamet bercerita bahwa kejadian kereta meluncur tak terkendali sudah ketiga kali ini terjadi di sekitar Stasiun Kotalama. ”Saat itu, pernah ada lokomotifnya saja meluncur tak terkendali. Kemudian, tahun 2011, rangkaian kereta Gajayana meluncur tak terkendali dan menabrak rumah hingga ada korban tewas. Terus, kali ini, ada kejadian kereta meluncur tak terkendali dan anjlok,” katanya.

Endiarto Wijaya dari komunitas Railfans Malang +444 mengatakan bahwa wajar jika kereta meluncur cepat dari arah Stasiun Besar Malang (Kotabaru) ke Kotalama. Sebab, terjadi beda ketinggian jalur (elevasi) antara dua stasiun itu. Stasiun Kotabaru berada di ketinggian +444, sedangkan Stasiun Kotalama berada di ketinggian +428.

”Selisih ketinggiannya 63 meter sehingga wajar jika kereta meluncur cepat. Itu sebabnya di Stasiun Malang dan Kotalama disiapkan Sepur Baduk/Sepur Tangkap untuk menghentikan kereta larat (meluncur),” kata Endiarto. Dengan peristiwa itu, Endiarto berharap semua pihak akan semakin meningkatkan kewaspadaan.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 weeks, 1 day lalu
    octavia

    Ayo kunjungi Dupa88.org , ada promo BOnus kalah ganti 100% menanti anda , tunggu apa lagi , maru bergabung dengan dupa88, dan jadilah jutawan link : https://biolinky.co/gameonlinedupa88

  • Anisa 2 weeks, 2 days lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Agen Best Betting Online Indonesia Terlengkap, Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan Memberikan Promo Terbaru nya Ke semua member ( Baik Member Baru Maupun Member Setia QQHarian ) Untuk Game SPORTSBOOK ialah EVENT PESTA GOAL BONUS CUMA - CUMA IDR. 1.000.000,- Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 = 🏹 ( <a href="https://qqharian.cc/" title="Best Betting Online" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian</a> ) 🏹 https://biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) 🏹 www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )