Rapid Test Buatan Ilmuwan Singapura Ini Keluarkan Hasil dalam 5 Menit

Kesehatan

Rapid Test Buatan Ilmuwan Singapura Ini Keluarkan Hasil dalam 10 Menit

Pandemi COVID-19 yang tengah melanda hampir sejumlah negara di belahan dunia mendorong para ilmuwan untuk membuat terobosan guna menekan penyebaran penyakit ini. Ketiadaan penawar obat untuk mencegah dan menangani masyarakat dari infeksi virus Corona-SARS-CoV-2 atau Virus Corona membuat persebaran pandemi ini begitu pesat.

Dalam hal ini, inovasi para ilmuwan pun sangat diharapkan untuk menangani pandemi COVID-19. Adapun sejauh ini, penggunaan rapid test menjadi salah satu cara untuk mendeteksi COVID-19, termasuk Indonesia. Para ilmuwan di Singapura pun kini menjadi salah satu negara yang tengah mengembangkan inovasi guna menekan penyebaran pandemi COVID-19.

Alat Baru

Dilansir dari Strait Times (27/3/2020), Kepala NanoBio Lab di Agency for Science, Technology and Research (A*Star) Professor Jackie Ying bersama timnya sedang mengembangkan alat Rapid Test dalam waktu lima menit. Bila riset mereka berhasil, maka alat tersebut akan menjadi alat tes tercepat untuk mendeteksi COVID-19.

Tes yang dilakukan seperti mencari material genetik dari virus pada sampel sekresi atau lendir pasien yang telah diambil dengan cara swab. Sampel tersebut kemudian ditaruh di alat portabel yang dinamakan Cepat. Sebagaimana namanya, alat tersebut nantinya dapat memberitahu hasil tes dalam waktu 10 menit karena melalui metode amplifikasi yang sangat cepat.

[Baca Juga: Bagaimana Prosedur Tes Covid-19?]

"Kami telah melakukan beberapa validasi klinis tahap awal di Rumah Sakit KK Women’s and Children’s dengan menggunakan sampel pasien yang nyata, dan menemukan tes sangat sensitif dan akurat. Bila disetujui, teknologi ini dapat digunakan untuk membuat kit seperti itu dan digunakan di rumah sakit. Alat ini juga dapat digunakan untuk klinik dokter umum," kata Prof Ying.

Rapid Test Buatan Ilmuwan Singapura Ini Keluarkan Hasil dalam 5 Menit

Prof Ying bersama timnya kini menjadi salah satu peneliti yang tengah mengejar waktu untuk dapat menciptakan alat tes COVID-19 yang mampu lebih cepat memberikan hasil daripada tes standar yang sedang digunakan saat ini. Adapun tantangan yang mereka hadapi, yakni mengembangkan hasil diagnosa secara cepat dan akurat tanpa menggunakan alat yang mahal.

Perkembangan Metode

Seiring dengan berkembangnya pandemi COVID-19 fokus penelitian kini mengarah pada upaya untuk menekan penyebaran. Bila tidak segera ditemukan solusinya, maka berpotensi jumlah kasus yang tidak terdeteksi akan semakin besar.

Rapid Test Buatan Ilmuwan Singapura Ini Keluarkan Hasil dalam 5 Menit

Singapura sendiri telah melakukan tes sejak Januari lalu. Direktur kedokteran National University Health System Professor Dale Fisher mengatakan tes dilakukan kepada setiap pasien yang datang ke rumah sakit dengan keluhan gangguan pernafasan dan yang pernah kontak dengan pasien Covid-19. Hasilnya, kurang dari satu persen diantara mereka positif, yang mana hal ini menunjukkan banyaknya jumlah orang yang telah dites.

Tes yang dilakukan saat itu menggunakan metode reverse transcription (RT) dengan teknik polymerase chain reaction (PCR). Menurut Prof Ying, metode RT-PCR yang telah ada sejak tahun 1984 ini telah menghabiskan waktu 60 persen lebih lama karena menunggu mesin PCR untuk dipanaskan lalu didinginkan.

[Baca Juga: Tes COVID-19: PCR VS Antibodi, Apa Bedanya?]

Sebelumnya, Prof Ying bersama muridnya, Muhammad Nadjad Abdul Rahim mengembangkan metode tes untuk Covid-19. Mereka membuat metode dengan menguji sampel DNA/RNA yang lebih spesifik melalui single temperatur.

Sementara itu, terhitung sudah 6 minggu Prof Ying dan timnya mengembangkan alat tes cepat untuk Covid-19. Sebelumnya, A*Star telah mengembangan tes PCR dan telah bekerja sama dengan perusahaan MirXess sehingga dapat memproduksi alat tersebut dalam jumlah besar.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.