Kecamatan dengan Penyebaran Tertinggi, Pancoran Mas Gelar Rapid Test COVID-19.jpg

Kesehatan

Rapid Test di Pancoran Mas, Kecamatan dengan Penyebaran Tertinggi

Di antara semua kecamatan di Kota Depok, Kecamatan Pancoran Mas digadang-gadang sebagai wilayah dengan penyebaran yang tertinggi di Kota Belimbing. Bahkan sejumlah RW di kecamatan ini juga sempat diberikan kebijakan menerapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga atau PSKS. Demi terus berusaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun baru-baru ini menggelar rapid test untuk mendeteksi infeksi virus SARS-CoV-2 di sini.

Kegiatan rapid test itu diadakan pada 22 Juni 2020 dengan salah satunya digelar di Perumahan Puri Depok Mas. Setidaknya ada sekitar 42 warga dari RW 20 yang mengikuti tes ini. Selain warga, petugas keamanan, marbot masjid, dan pedagang sekitar perumahan juga diwajibkan mengikuti tes ini. Mereka yang dipilih untuk mengikuti rapid test ini dipandang sebagai orang-orang yang berpotensi terkena COVID-19 karena banyak berinteraksi dengan orang lain.

Kecamatan dengan Penyebaran Tertinggi, Pancoran Mas Gelar Rapid Test COVID-19 .jpg

“Kami prioritaskan mereka karena berpotensi bekerja atau bertemu dengan banyak orang. Kami juga ingin memastikan betuk bahwa lingkungan RW 20 bersih dari COVID-19,” ujar Ketua RW 20 Achmad Fa’izin, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (22/6/2020).

Menurut Achmad, kegiatan ini merupakan kali ketiganya warga RW 20 mengikuti rapid test. “Alhamdulillah dari seluruh peserta yang diperiksa, hasilnya menunjukkan non-reaktif,” ungkapnya. Dengan hasil ini maka tak heran bila status PSKS yang di wilayahnya sudah dicabut.

[Baca Juga: Kota Depok Luncurkan Aplikasi Kampung Siaga COVID-19]

Kegiatan serupa juga diadakan di RW 23 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas pada hari yang sama. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok Nessi Annisa Handari, tes screening untuk deteksi COVID-19 ini digelar karena munculnya laporan masyarakat yang menyebut bahwa salah satu mandor yang bekerja di kawasan tersebut ternyata reaktif terhadap rapid test.

Atas dasar laporan tersebut, Pemkot Depok pun langsung bergerak untuk memastikan warga di sana tak terkena COVID-19. “Alhamdulillah mandornya setelah di-swab hasilnya negatif. Lalu hasil 57 warga yang rapid test juga non-reaktif semua,” sebut Pengawas COVID-19 di Kecamatan Pancoran Mas tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.