Ratusan Anak Jakarta Barat Siap Meriahkan Lomba Virtual HAN 2020.jpg

Pendidikan

Ratusan Anak Jakarta Barat Siap Meriahkan Lomba Virtual HAN 2020

Peringatan Hari Anak Nasional atau HAN 2020 akan digelar pada 23 Juli 2020 nanti. Namun berbeda dengan peringatan HAN sebelumnya, bayangan pandemi COVID-19 membuat perayaannya tak bisa digelar seperti tahun lalu. Oleh karena itulah sesuai dengan arahan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan HAN 2020 secara virtual dengan berbagai lomba. Di mana ratusan anak dari Jakarta Barat akan menjadi perwakilan wilayahnya dalam perlombaan tersebut.

Sekadar informasi, Kementerian PPPA memang sudah mengeluarkan panduan terkait perayaan HAN 2020. Pada panduan itu disampaikan HAN 2020 akan difokuskan untuk mewujudkan anak Indonesia yang gembira di rumah selama masa pandemi COVID-19 sehingga didorong untuk kegiatannya digelar virtual. Dengan tema HAN 2020 yang berbunyi, "Anak Terlindung, Indonesia Maju."

Ratusan Anak Jakarta Barat Siap Meriahkan Lomba Virtual HAN 2020 .jpg

Bila sesuai rencana, maka lomba HAN 2020 tingkat Provinsi DKI Jakarta yang akan digelar pada Kamis nanti itu akan terdiri dari berbagai jenis. Dari mulai pembacaan puisi, menari, paduan suara ondel-ondel, bahkan sampai yang kekinian seperti Tik-Tok juga akan masuk dalam jenis lomba HAN tahun ini di Ibu Kota.

Menurut Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jakarta Barat Inad Luciawati Rustam, lomba tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya dengan semuanya dilakukan secara virtual. Untuk lomba HAN 2020 tingkat DKI Jakarta, perwakilan Jakarta Barat berasal dari anak-anak PAUD dengan setiap kecamatan akan mengirimkan perwakilannya untuk menunjukkan kebolehannya.

[Baca Juga: Perhatikan Tumbuh Kembang Anak di Kegiatan Hari Anak Nasional]

Istri dari Wali Kota Jakarta Barat itu memandang, momen HAN 2020 ini bisa dimanfaatkan anak-anak yang sudah berbulan-bulan belajar dari rumah untuk bersenang-senang sembari tetap berprestasi melalui lomba. “Kita ingin membuat mereka tetap bisa berprestasi meski harus di rumah saja. Yang terpenting adalah bagaimana membuat mereka tidak bosan selama di rumah,” ujar Inad, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (20/7/2020).

Kepala Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Jakarta Barat Unas Affandi mengatakan, perwakilan dari Jakarta Barat untuk lomba HAN 2020 terdiri dari 13 anak untuk lomba puisi, 13 grup untuk lomba menari, 80 peserta yang dibagi menjadi delapan grup untuk paduan suara ondel-ondel, dan 43 anak untuk lomba Tik-Tok.

Ia menambahkan, semua kebolehan peserta HAN 2020 tingkat DKI Jakarta akan diunggah di YouTube. “Banyak talenta anak yang ditemukan dari monitoring di lapangan,” pungkas Unas.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.