Ratusan Seniman Ikuti Seleksi Sebagai Pelatih Seni Ruang Publik di Jakarta Utara

Pendidikan

Ratusan Seniman Ikuti Seleksi Pelatih Seni Ruang Publik di Jakarta Utara

Ratusan seniman berkumpul di Balai Latihan Kerja (BLK) Jakarta Utara pada Februari 2020. Mereka berkumpul untuk mengikuti seleksi ujian praktik sebagai pelatih seni ruang publik yang diadakan Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Jakarta Utara (Jakut).

"Uji praktik menjadi kunci utama dari seleksi ini, karena tujuannya untuk menjaring pelatih seni yang berkualitas," kata Kepala Sudin Kebudayaan Asiantoro.

[Baca Juga: RPTRA di Jakarta Selatan Ini Jadi Lokasi Mancing Ikan Warga]

Lewat seleksi yang digelar sampai Rabu 5 Februari 2020 itu, rencananya akan terpilih sebanyak 74 seniman yang nantinya akan bertugas untuk melatih sembilan jenis disiplin ilmu seni. Kesembilan jenis seni tersebut, yaitu tari, musik vokal, musik hadroh, musik marawis, musik qasidah, seni rupa melukis), seni rupa (membatik), seni silat budaya dan seni teater.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Sudin Kebudayaan Jakut, ada sebanyak 55 peserta yang merupakan pelatih seni tari. Kemudian 25 pelatih seni rupa, sebanyak tujuh orang pelatih musik vokal, enam orang pelatih musik hadroh, lima orang pelatih musik marawis, tiga orang pelatih musik qasidah, tujuh orang pelatih seni membatik, dua orang silat budaya, dan satu orang pelatih teater.

Ratusan Seniman Ikuti Seleksi Sebagai Pelatih Seni Ruang Publik di Jakut

“Peserta seleksi berasal dari hasil pendaftaran. Ada yang perorangan dan ada yang dari sanggar seni,” ucap Asiantoro.

Nantinya para peserta seleksi yang terpilih akan mulai bertugas pada awal Maret 2020 mendatang. Mereka akan ditugaskan untuk memberikan ilmu seni kepada masyarakat secara gratis di ruang publik seperti Taman Maju Bersama (TMB) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di sekitar wilayah Jakarta Utara.

Tidak seperti sebelumnya yang hanya diberikan masa tugas selama 3 bulan, tahun ini Sudin Kebudayaan Jakarta Utara menambah masa tigas para pelatih seni ruang publik menjadi satu tahun.

[Baca Juga: RPTRA Citra Permata Rawat Tanaman Langka Khas Betawi]

"Masa tugas mereka selama satu tahun. Ditugaskan di ruang publik mengajar seni kepada masyarakat gratis. Jadi kalau ada lomba seni berjenjang warga sudah dibekali ilmunya," tambah Asiantoro.

Untuk diketahui, program pelatihan ini telah berjalan sejak 2017 lalu untuk membangkitkan kreativitas seni dari kalangan masyarakat sekaligus mengisi kegiatan di RPTRA.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 11 months lalu
    kelly

    suka main sportsbook? ? tapi takut ga dibayar sama bandar ? kuy buruan join di BOLA165,CO situs bola online terpercaya, Cukup 1 user ID Anda bisa bermain di semua game Bola165,co modal kecil/dikit, bisa jadi bukit/dapat jutaan rupiah. Bayangkan guys! ga enak dari mana ? Bola165,co dengan pasaran bola yang lengkap di dukung 3 provider sportsbook ternama Dan dapatkan promo yang menakjubkan & terbatas hanya di Bola165,co – Bonus Hadir/Absen Hingga 100k – Bonus New Member Up to 2Jt – Bonus Next Deposit Up to 1Jt – Bonus Rollingan Up to 0,8% – Bonus Cashback 5% – Bonus Turnover IDN-POKER 0,6% – Bonus Refferal 5% SEUMUR HIDUP Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973475903 | Kode Referal :KELLYBOLA Nyaman dan beruntung Bermain di Bola165,Co jadi bagian prioritas kami.!

  • Kelly 2 years, 11 months lalu
    kelly

    Mabarrr yukkk di game bola165,co guyss??? Game tergokilll,terpercaya, dan seruuu abissss dahh guysss.!!! :D <a href="https://jalurtikus.com/promotion" rel="nofollow noopener" title=" Esport ">Click Disini</a>