Ratusan Warga Jakarta Utara Ikuti Tes Deteksi COVID-19.jpg

Kesehatan

Ratusan Warga Jakarta Utara Ikuti Tes Deteksi COVID-19

Usaha untuk terus berusaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Jakarta Utara tampaknya akan dilakukan secara berkesinambungan demi mengantisipasi potensi infeksi dari penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 tersebut. Hal ini bisa dilihat dari dua kegiatan yang pada pekan ini dilakukan dua puskesmas yang berada di Jakarta Barat. Di mana ratusan warga yang tinggal di dekat kedua puskesmas itu mengikut rapid test dan tes swab.

Tes pertama digelar pada 15 Juni 2020 oleh Puskesmas Kecamatan Koja dengan targetnya adalah para warga di Kelurahan Rawa Badak Selatan. Pada kegiatan ini, terhitung ada sekitar 76 warga dari kelurahan tersebut yang ikut. Dengan mayoritas warga yang ikut tes swab ini ingin tahu apakah mereka terinfeksi virus Corona atau tidak demi melindungi keluarganya dari potensi terpapar COVID-19.

Ratusan Warga Jakarta Utara Ikuti Tes Deteksi COVID-19 .jpg

“Jika hasil swab positif, akan ditentukan dulu apakah warga yang bersangkutan Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jika PDP maka direkomendasikan dirawat, baik di rumah sakit pemerintah (rumah sakit kelas B, kelas C, ataupun RS Sulianti Saroso) ataupun rumah sakit swasta yang menerima. Jika OTG dilihat lagi apakah kondisi rumahnya memungkinkan untuk dirawat di rumah. Jika tidak memungkinkan, direkomendasikan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr Sri Puji Wahyuni, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (16/6/2020).

[Baca Juga: Test Kit qPCR COVID-19 Buatan Anak Negeri Masuk Tahap Produksi Massal]

Tes kedua digelar di lokasi yang berbeda pada 17 Juni 2020, tepatnya di Aula Gereja HKBP oleh Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok. Pada kegiatan ini, pihak puskesmas melakukan rapid test dan tes swab terhadap ratusan warga RW 15 Tanjung Priok. Dengan tujuan utama dari tes ini adalah untuk mengetahui secara dini potensi penyebaran COVID-19 di lingkungan RW15.

“Hari ini ada 23 petugas kesehatan yang turun langsung menangani kegiatan rapid test. Tidak menutup kemungkinkan dilakukan swab test pada kasus-kasus yang berpotensi. Jumlah warga yang diperiksa kesehatannya mencapai 109 orang dengan rincian 104 orang jalani swab dan lima rapid test,” tutur Kepala Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dr. Ahrahayati Wildany (17/6/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.