Ratusan Warga Jakarta Utara Ikuti Tes Deteksi COVID-19.jpg

Kesehatan

Ratusan Warga Jakarta Utara Ikuti Tes Deteksi COVID-19

Usaha untuk terus berusaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Jakarta Utara tampaknya akan dilakukan secara berkesinambungan demi mengantisipasi potensi infeksi dari penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 tersebut. Hal ini bisa dilihat dari dua kegiatan yang pada pekan ini dilakukan dua puskesmas yang berada di Jakarta Barat. Di mana ratusan warga yang tinggal di dekat kedua puskesmas itu mengikut rapid test dan tes swab.

Tes pertama digelar pada 15 Juni 2020 oleh Puskesmas Kecamatan Koja dengan targetnya adalah para warga di Kelurahan Rawa Badak Selatan. Pada kegiatan ini, terhitung ada sekitar 76 warga dari kelurahan tersebut yang ikut. Dengan mayoritas warga yang ikut tes swab ini ingin tahu apakah mereka terinfeksi virus Corona atau tidak demi melindungi keluarganya dari potensi terpapar COVID-19.

Ratusan Warga Jakarta Utara Ikuti Tes Deteksi COVID-19 .jpg

“Jika hasil swab positif, akan ditentukan dulu apakah warga yang bersangkutan Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jika PDP maka direkomendasikan dirawat, baik di rumah sakit pemerintah (rumah sakit kelas B, kelas C, ataupun RS Sulianti Saroso) ataupun rumah sakit swasta yang menerima. Jika OTG dilihat lagi apakah kondisi rumahnya memungkinkan untuk dirawat di rumah. Jika tidak memungkinkan, direkomendasikan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr Sri Puji Wahyuni, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (16/6/2020).

[Baca Juga: Test Kit qPCR COVID-19 Buatan Anak Negeri Masuk Tahap Produksi Massal]

Tes kedua digelar di lokasi yang berbeda pada 17 Juni 2020, tepatnya di Aula Gereja HKBP oleh Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok. Pada kegiatan ini, pihak puskesmas melakukan rapid test dan tes swab terhadap ratusan warga RW 15 Tanjung Priok. Dengan tujuan utama dari tes ini adalah untuk mengetahui secara dini potensi penyebaran COVID-19 di lingkungan RW15.

“Hari ini ada 23 petugas kesehatan yang turun langsung menangani kegiatan rapid test. Tidak menutup kemungkinkan dilakukan swab test pada kasus-kasus yang berpotensi. Jumlah warga yang diperiksa kesehatannya mencapai 109 orang dengan rincian 104 orang jalani swab dan lima rapid test,” tutur Kepala Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dr. Ahrahayati Wildany (17/6/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.