Kampung Silat Destinasi Wisata Rawa Belong.jpg

Berita Kawasan

Rawa Belong akan Jadi Destinasi Wisata Baru

Tahun ini Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Barat merencanakan untuk membangun destinasi wisata Kampung Silat di Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kawasan Rawa Belong merupakan salah satu kawasan yang identik dengan budaya Betawi. Bahkan, banyak yang meyakini bahwa Pesilat Legendaris Betawi Si Pitung berasal dari Rawa Belong. Dengan historis yang terkenal dengan seni pencak silat asli Betawi tersebut, pihak Sudin Parbud memilih kawasan Rawa Belong untuk dijadikan destinasi wisata baru dengan mendirikan Kampung Silat.

Sebagaimana dilansir dari beritajakarta.id (07/01/2019), Kepala Sudin Parbud Jakarta Barat Ahmad Syaropi mengatakan, pendirian Kampung Silat untuk menciptakan destinasi wisata baru demi meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jakarta. Selain itu, tujuan pembangunan destinasi wisata Kampung Silat di Rawa Belong juga untuk melestarikan seni budaya Betawi.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Hingga saat ini, kawasan Rawa Belong masih memiliki banyak sanggar budaya Betawi, seperti sanggar Si Pitung dan Perguruan Cingkrik Rawa Belong (PERCIRA). Sanggar-sanggar tersebut masih aktif untuk melestarikan silat asli Betawi yang lahir dan berkembang di Rawa Belong yang bernama silat Cingkrik.

Selain silat Betawi, sanggar-sanggar seni Budaya Betawi di Rawa Belong juga masih menjaga dan melestarikan kesenian Betawi lainnya, seperti tanjidor, marawis, lenong, gambang kromong dan palang pintu.

Wisatawan yang datang nanti ke Rawa Belong dapat langsung menikmati pertunjukan atau aktifitas yang ditampilkan para penggiat seni budaya Betawi seperti yang dikatakan Ahmad Syaropi.

[Baca Juga: UMKM Ini Lestarikan Motif Batik Khas Betawi]

Selain membangun destinasi wisata baru Kampung Silat di Rawa Belong, Sudin Parbud Jakarta Barat juga memiliki program pengembangan mental dan karakter anak-anak melalui pelatihan seni budaya di RPTRA.

Sebelumnya, Sudin Parbud sudah mengadakan beberapa program dan menggelar festival untuk mempromosikan dan melestarikan budaya asli Jakarta, seperti melakukan pendataan sanggar-sanggar yang masih aktif di kawasan Rawa Belong, melakukan pembinaan terhadap sanggar-sanggar yang masih aktif dan mengadakan lomba budaya Betawi.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.