Kampung Silat Destinasi Wisata Rawa Belong.jpg

Berita Kawasan

Rawa Belong akan Jadi Destinasi Wisata Baru

Tahun ini Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Barat merencanakan untuk membangun destinasi wisata Kampung Silat di Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kawasan Rawa Belong merupakan salah satu kawasan yang identik dengan budaya Betawi. Bahkan, banyak yang meyakini bahwa Pesilat Legendaris Betawi Si Pitung berasal dari Rawa Belong. Dengan historis yang terkenal dengan seni pencak silat asli Betawi tersebut, pihak Sudin Parbud memilih kawasan Rawa Belong untuk dijadikan destinasi wisata baru dengan mendirikan Kampung Silat.

Sebagaimana dilansir dari beritajakarta.id (07/01/2019), Kepala Sudin Parbud Jakarta Barat Ahmad Syaropi mengatakan, pendirian Kampung Silat untuk menciptakan destinasi wisata baru demi meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jakarta. Selain itu, tujuan pembangunan destinasi wisata Kampung Silat di Rawa Belong juga untuk melestarikan seni budaya Betawi.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Hingga saat ini, kawasan Rawa Belong masih memiliki banyak sanggar budaya Betawi, seperti sanggar Si Pitung dan Perguruan Cingkrik Rawa Belong (PERCIRA). Sanggar-sanggar tersebut masih aktif untuk melestarikan silat asli Betawi yang lahir dan berkembang di Rawa Belong yang bernama silat Cingkrik.

Selain silat Betawi, sanggar-sanggar seni Budaya Betawi di Rawa Belong juga masih menjaga dan melestarikan kesenian Betawi lainnya, seperti tanjidor, marawis, lenong, gambang kromong dan palang pintu.

Wisatawan yang datang nanti ke Rawa Belong dapat langsung menikmati pertunjukan atau aktifitas yang ditampilkan para penggiat seni budaya Betawi seperti yang dikatakan Ahmad Syaropi.

[Baca Juga: UMKM Ini Lestarikan Motif Batik Khas Betawi]

Selain membangun destinasi wisata baru Kampung Silat di Rawa Belong, Sudin Parbud Jakarta Barat juga memiliki program pengembangan mental dan karakter anak-anak melalui pelatihan seni budaya di RPTRA.

Sebelumnya, Sudin Parbud sudah mengadakan beberapa program dan menggelar festival untuk mempromosikan dan melestarikan budaya asli Jakarta, seperti melakukan pendataan sanggar-sanggar yang masih aktif di kawasan Rawa Belong, melakukan pembinaan terhadap sanggar-sanggar yang masih aktif dan mengadakan lomba budaya Betawi.

Read More

Artikel Lainnya

Slide3.JPG

Berita Kawasan

Salat Tarawih di Masjid Agung Jami’ Kota Malang Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

13 April 2021, 11:08

Tahun ini, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid, dengan berbagai aturan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

UTBK UNDIP 2021

Pendidikan

Hari Pertama UTBK UNDIP Tahun 2021 Berjalan Lancar

13 April 2021, 11:07

Ia mengatakan bahwa ini adalah kali kedua UNDIP melaksanakan UTBK di masa pandemi dan meyakinkan bahwa semua pihak melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.

Nyekar 1.jpg

Berita Kawasan

Sebelum Ramadan, Warga Desa Giripurno Nyekar Tanpa Masker

13 April 2021, 10:17

Tradisi Nyekar masih dijaga oleh masyarakat Giripurno menjelang Ramadhan di masa pandemi ini.


Comments


Please Login to leave a comment.