Kampung Silat Destinasi Wisata Rawa Belong.jpg

Berita Kawasan

Rawa Belong akan Jadi Destinasi Wisata Baru

Tahun ini Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Barat merencanakan untuk membangun destinasi wisata Kampung Silat di Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kawasan Rawa Belong merupakan salah satu kawasan yang identik dengan budaya Betawi. Bahkan, banyak yang meyakini bahwa Pesilat Legendaris Betawi Si Pitung berasal dari Rawa Belong. Dengan historis yang terkenal dengan seni pencak silat asli Betawi tersebut, pihak Sudin Parbud memilih kawasan Rawa Belong untuk dijadikan destinasi wisata baru dengan mendirikan Kampung Silat.

Sebagaimana dilansir dari beritajakarta.id (07/01/2019), Kepala Sudin Parbud Jakarta Barat Ahmad Syaropi mengatakan, pendirian Kampung Silat untuk menciptakan destinasi wisata baru demi meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jakarta. Selain itu, tujuan pembangunan destinasi wisata Kampung Silat di Rawa Belong juga untuk melestarikan seni budaya Betawi.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Hingga saat ini, kawasan Rawa Belong masih memiliki banyak sanggar budaya Betawi, seperti sanggar Si Pitung dan Perguruan Cingkrik Rawa Belong (PERCIRA). Sanggar-sanggar tersebut masih aktif untuk melestarikan silat asli Betawi yang lahir dan berkembang di Rawa Belong yang bernama silat Cingkrik.

Selain silat Betawi, sanggar-sanggar seni Budaya Betawi di Rawa Belong juga masih menjaga dan melestarikan kesenian Betawi lainnya, seperti tanjidor, marawis, lenong, gambang kromong dan palang pintu.

Wisatawan yang datang nanti ke Rawa Belong dapat langsung menikmati pertunjukan atau aktifitas yang ditampilkan para penggiat seni budaya Betawi seperti yang dikatakan Ahmad Syaropi.

[Baca Juga: UMKM Ini Lestarikan Motif Batik Khas Betawi]

Selain membangun destinasi wisata baru Kampung Silat di Rawa Belong, Sudin Parbud Jakarta Barat juga memiliki program pengembangan mental dan karakter anak-anak melalui pelatihan seni budaya di RPTRA.

Sebelumnya, Sudin Parbud sudah mengadakan beberapa program dan menggelar festival untuk mempromosikan dan melestarikan budaya asli Jakarta, seperti melakukan pendataan sanggar-sanggar yang masih aktif di kawasan Rawa Belong, melakukan pembinaan terhadap sanggar-sanggar yang masih aktif dan mengadakan lomba budaya Betawi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.