Rawan PMK Jelang Idul Adha 2022, Ini Tips Olah Daging Kurban.png

Kesehatan

Rawan PMK Jelang Iduladha 2022, Ini Tips Olah Daging Kurban

Hanya tinggal menghitung hari saja maka umat Muslim di Tanah Air akan merayakan Iduladha 1443 H yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Namun sayangnya elemen penting di dalam perayaan ini, yakni hewan untuk dikurbankannya masih terus dibayangi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Walau secara teknis tidak berbahaya untuk manusia tapi bila tak ditangani secara tepat maka Anda bisa saja membawa pulang daging kurban yang tertular PMK dan berpotensi memicu pencemaran lingkungan hingga berkontribusi menginfeksi hewan ternak di daerah Anda. Melihat situasi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pada pekan ini mengeluarkan tips untuk pengemasan hingga pengolahan daging kurban yang aman demi antisipasi PMK.

Rawan PMK Jelang Idul Adha 2022, Ini Tips Olah Daging Kurba n.jpg

Tips pertama yang digarisbawahi oleh Pemkot Bandung adalah terkait pengemasan daging kurban itu untuk dibagikan kepada warga di momen Iduladha 2022 nanti. Selama beberapa tahun terakhir, pembagian daging kurban didorong menggunakan besek serta daun pisang demi mengurangi penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan.

Namun, untuk perayaan Iduladha tahun ini, Pemkot Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) meminta untuk kembali menggunakan plastik lagi demi cegah paparan PMK di lingkungan Anda. Besek serta daun pisang yang digunakan untuk membungkus daging kurban dikhawatirkan malah terus memunculkan pemaparan virus PMK ke hewan ternak lainnya.

[Baca Juga: Sepak Bola Neraka, Cara Unik Pondok Al Asror Gunungpati Tutup Iduladha]

“Yang bagis itu pakai plastik dan plastiknya yang organik. Minimal plastik bening bukan daur ulang. Kalau pakai besekan, saat sampai di rumah, dagingnya direbus, besekan atau daunnya dibuang ke tempat sampah. Dari sana nantinya daun dibuang ke penampungan sampah, ada peluang kambing yang ada di sana makan daun tersebut,” jelas Kepala Bidang Keamanan DKPP Kota Bandung Ermariah, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (6/7/2022).

Sedangkan dari sisi pengolahannya, Ermariah menegaskan, para warga Kota Bandung jangan mencuci daging kurbannya. Karena saat dicuci, virus PMK itu bisa masuk ke dalam air bekas cucian dan bertahan hidup selama 75 hari di air tersebut saat mengalir di saluran pembuangan. Kalau memang harus dibersihkan, maka daging itu disarankan langsung direbus di air mendidih selama 30 menit dan air rebusannya dibuang tapi jangan ke saluran air. Baru daging itu Anda bisa olah. Tapi bila ingin disimpan, maka daging itu bisa langsung dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu dan baru 24 jam kemudian dipindahkan ke freezer.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.