RayaFood, Sajikan Menu Timur Tengah yang Gugah Selera  .jpg

Kuliner

RayaFood Sajikan Menu Timur Tengah yang Gugah Selera

Di antara para penggemar kuliner olahan Timur Tengah di Jakarta, ada restoran yang terbilang menjadi favorit. Karena berbeda dengan restoran yang menyajikan masakan khas Timur Tengah dengan rasa otentik, restoran ini menggunakan metode fusion sehingga rasa menunya cocok di lidah masyarakat Indonesia tapi tetap dengan cita rasa Timur Tengah. Menariknya, restoran ini sebenarnya berawal dari katering yang menyajikan menu-menu makanan beku atau frozen food. Di mana restoran yang dimaksud adalah RayaFood.

RayaFood, Sajikan Menu Timur Tengah yang Gugah Selera.jpg

Saat ini RayaFood memiliki dua lokasi restoran yang berada di Jalan Raya Condet No.1A Jakarta Timur dan Jalan Mampang Prapatan VIII No.73A Jakarta Selatan dengan lokasi di Condet yang menjadi pusatnya. Sebelum dikenal sebagai restoran yang menyajikan menu Timur Tengah dengan olahan daging kambingnya yang nikmat nan lembut tanpa aroma prengus, RayaFood dimulai dari usaha kecil-kecilan di tahun 1980an dengan menjual makanan ringan seperti pastel yang terbilang populer.

[Baca Juga: Usai PSBB, Zomato Akan Hadirkan Restoran dengan Teknologi Nirsentuh]

“Karena sering mulai ada pesanan, mulailah selain snack ada kateringnya juga kayak nasi boks, semacam katering rumahan. Sampai di tahun 2000-an, sekitar 20 tahunan yang lalu berarti, akhirnya kita mulai bikin brand. Kebetulan yang bikin brand-nya kakak laki-laki, terus akhirnya pilih nama Raya saja deh,” ungkap pemilik RayaFood Sofia kepada PingPoint.co.id di RayaFood Mampang (15/9/2020).

Ia menyebut, Raya sendiri merupakan singkatan nama orangtuanya, yaitu Raguan dan Yahya. Di mana dengan brand tersebut, bisnis keluarga ini masih fokus ke katering menu makanan Nusantara dan Timur Tengah. Mengingat permintaan yang tinggi terhadap menu-menu RayaFood, khususnya di olahan nasi mandu, kebuli, dan kabsahnya tapi dengan jumlah yang kecil, akhirnya pihak RayaFood memutuskan untuk membangun restoran dengan konsep fine dining.

RayaFood, Sajikan Menu Timur Tengah yang Gugah Selera .jpg

Seiring berjalannya waktu, RayaFood pun akhirnya saat ini telah berkembang dengan beberapa unit bisnis. Dari mulai katering serta restoran, makanan beku, dan barang-barang ritelnya seperti madu, sari kurma, sampai bumbu-bumbu kering untuk olahan menu Timur Tengah.

Namun di antara semua unit bisnisnya, tentu saja yang paling dekat dengan penggemar kuliner Timur Tengah adalah restorannya. Menu yang disajikan di restoran RayaFood pun ada sekitar 60an, termasuk minuman, dengan menu favoritnya adalah olahan nasi Timur Tengah, khususnya nasi mandy serta olahan daging kambingnya. Karena olahan nasi mandy yang disajikan di sini memang rasa yang cocok di lidah masyarakat dengan aroma minyak samin, efek smoky, dan safron yang semakin meningkatkan nikmatnya. Bahkan Sofia menyebut, ada konsumen yang ingin mencoba nasi mandy dan ketika dinikmati jadi ketagihan hingga jatuh hati ke menu ini. Rentang harga menunya pun terbilang terjangkau, yaitu dari harga Rp20.000 sampai Rp100.000 per porsinya.

RayaFood, Sajikan Menu Timur Tengah yang Gugah Selera   .jpg

Ketika mengunjungi RayaFood Mampang, PingPoint.co.id berkesempatan mencicipi langsung nasi Mandy, kambing hot plate, roti cane gulai kambing, nasi kebuli, samosa daging, pastel, dan untuk minumannya ada syahi halib serta smoothies pisang dengan kurma. Semua menu yang disajikan pun terasa nikmat dengan rempah-rempah yang terasa dan benar saja, elemen Timur Tengah dan Indonesia dapat terlihat dari kombinasi rasa yang dimunculkan. RayaFood bahkan menyediakan menu khusus kombinasi bagi Anda yang datang bersama keluarga atau teman dan ingin mencicipi tiga olahan nasi khas Timur Tengahnya.

[Baca Juga: Perhatikan Langkah Pencegahan Penularan COVID-19 di Restoran]

“Kita secara penyajian ada yang namanya menu nampanan. Jadi dalam satu nampan itu bisa untuk tiga sampai empat orang. Kita juga lagi ada promo mix rice untuk mengenalkan nasi mandy, kebuli, dan kabsah dengan daging ayam dan kambing di dalam satu nampan, jadi bisa coba semua. Beberapa bulan terakhir, menu ini sering dipesan untuk grup. [Untuk harga] mix rice sendiri kita lagi ada promo di harga Rp200 ribuan dengan harga normal Rp350 ribu per nampan,” sebut Sofi.

Dampak PSBB

Sofi sendiri tak memungkiri bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB berpengaruh terhadap usaha kuliner keluarganya ini. Apalagi PSBB yang ketat saat ini kembali diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang membuat restorannya tak bisa melayani konsumen dine-in atau makan di tempat. Oleh karena itulah, pihak RayaFood pun fokus di pemesanan secara delivery dan menggenjot penjualan untuk frozen food.

Delivery RayaFood kita kencengin, abis itu kita bikin free ongkir untuk restoran. Terus untuk frozen food juga kita gencarin dan momentumnya itu PSBB dengan orang di rumah aja, kayaknya untuk memasak ready to cook itu pas. By the way untuk nasi-nasian rempah, kita juga punya ready to cook dan bikinnya juga gampang. Ini juga sudah lengkap dengan beras dan bumbunya, semacam instant rice,” tambah Sofi.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.