Rayakan HUT ke-264 di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Pemkot Yogya .jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-264 di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Pemkot Yogya

Pada 7 Oktober 2020, Kota Yogyakarta menginjak usianya yang ke-264 tapi berbeda dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gudeg sebelumnya, kali ini tak ada hingar bingar. Pasalnya, momen HUT ke-264 Kota Yogya dirayakan dalam keadaan masih pandemi COVID-19. Tapi kondisi ini tak membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta patah semangat dan memutuskan untuk menggelar kegiatan secara virtual sekaligus mengajak masyarakat Kota Gudeg untuk menyambutnya dengan adaptasi kebiasaan baru.

Ajakan itu disampaikan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam perayaan HUT ke-264 Yogyakarta di Grha Pandawa yang digelar secara virtual. “Tentunya kondisi pandemi ini menuntut kita untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan tanpa mengurangi sedikitpun kemeriahan dan suasana kegembiraan menyambut bertambahnya usia kota kita tercintanya,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari warta.jogjakota.go.id (7/10/2020).

Rayakan HUT ke-264 di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Pemkot Yogya.jpg

Pemkot Yogyakarta juga tetap mengadakan Festival Jogja Kota bernama Jogja Cross Culture. Di mana pihak Pemkot Yogyakarta memilih tajuk atau sesanti dari perayaan secara virtual yang sesuai dengan keadaan pandemi COVID-19. Di mana sesanti itu berbunyi Tan Mingkuh Tumapak ing Jaman Anyar atau ‘Pantang Mundur Penuh Semangat Memasuki Era Adaptasi Kebisaan Baru’.

[Baca Juga: Akar Hening di Tengah Bising jadi Judul Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020]

“Tema dan sesanti ini sangatlah tepat melihat kondisi situasi yang terjadi saat ini, sebagai warga masyarakat Kota Yogyakarta, hendaknya kita semua harus tetap semangat, pantang mundur, dalam menghadapi segala tantangan yang ada,” sambung Wali Kota Yogyakarta dalam sambutannya pada perayaan HUT Kota Yogyakarta ke-264.

Acara Jogja Cross Culture sendiri digelar Pemkot Yogya melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta secara daring. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Jogja Cross Culture merupakan acara untuk menggali potensi kesenian warga sekaligus mempromosikan wisata seni budaya yang ada di Kota Gudeg. Apalagi dengan digelarnya secara virtual maka orang yang berada di luar Kota Gudeg juga dapat turut merayakan serta menikmati penampilan festival perayaan HUT ke-264 Yogyakarta.

[Baca Juga: Kawasan Malioboro Diperketat Akibat Seorang PKL Positif COVID-19]

“Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, kekayaan budaya, dan karya-karya adiluhung dapat disebarluaskan. Dan yang pasti adalah dapat menginformasikan kepada dunia bahwa Yogyakarta adalah kota seni budaya bertaraf internasional,” imbuh Sekda Kota Yogyakarta itu.

Acara perayaan ulang tahun Kota Gudeg ini sudah bisa disaksikan di YouTube Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Pemkot Jogja sejak 7 Oktober-8 Oktober 2020 pukul 19.30 WIB yang digelar secara langsung di Concert Hall Taman Budaya. Dalam perayaan dengan protokol kesehatan ini, Anda akan menyaksikaacara akrobatik, fashion show, berbagai pertunjukan seni, serta penampilan Didik Nini Thowok, Elisha Orcarus, Anter Asmorotedjo, Lemari Lila, Pulung Jati Rangga, dan Gatot Rangga.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.