Rayakan HUT ke-494 DKI Jakarta, Ancol Had irkan Ondel-Ondel Dalam Air.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-494 DKI Jakarta, Ancol Hadirkan Ondel-Ondel Dalam Air

Pada hari ini DKI Jakarta merayakan Hari Ulang Tahun atau HUT yang ke-494 dan dalam momen ini Taman Impian Jaya Ancol turut ikut dalam kemeriahannya dengan mengadakan acara yang sesuai protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Acara ini memiliki konsep unik dan bisa dikatakan terdapat elemen yang erat dengan budaya Betawi khas Ibu Kota. Di mana perayaan tersebut digelar dengan menghadirkan ondel-ondel yang ikonik biasanya terlihat di berbagai sudut di daratan DKI Jakarta tapi kali ini Taman Impian Jaya Ancol menghadirkannya dalam air!

Acara bertajuk Ondel-Ondel Underwater ini digelar di akuarium besar Ocean Dream Samudra Taman Impian Jaya Ancol. Dipilihnya ondel-ondel sebagai bagian dari perayaan HUT ke-494 DKI Jakarta ternyata memiliki makna tersendiri selain hanya karena sebagai ikon dari Ibu Kota. Karena usut punya usut, ondel-ondel di kebudayaan Betawi kuno ternyata dipercaya sebagai penolak bala atau wabah penyakit.

Rayakan HUT ke-494 DKI Jakarta, Ancol Hadirkan Ondel-Ondel Dalam Air.jpg

Acara ondel-ondel dalam air ini disebut digelar secara hybrid sehingga Anda bisa langsung melihatnya dengan mengunjungi Ocean Dream Samudra Ancol atau menyaksikannya secara daring. Menurut pihak Taman Impian Jaya Ancol, acara ini juga digelar untuk memeriahkan HUT ke-494 DKI Jakarta dan menghibur masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Petunjukan ondel-ondel dalam air ini melibatkan empat orang penyelam serta dua balerina air yang di mana mereka akan menunjukkan kebolehannya pada tanggal 22, 26, dan 27 Juni 2021 di pukul 12.30 dan 14.30 WIB. Dengan dukungan dari Lembaga Kebudayaan Betawi atau LKB, pertunjukan ini akan memasukan ondel-ondel laki-laki dan perempuan dengan tinggi sekitar 240 cm ke dalam air dan menyelam di akuarium underwater teater Ocean Dream Samudra Ancol.

[Baca Juga: Gelaran Barongan Bawah Air Siap Tampil Perdana di Sea World Ancol]

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga untuk yang datang langsung, hanya boleh ditonton pengunjung dengan jumlah terbatas. Sedangkan untuk Anda di rumah, bisa langsung menyaksikannya di akun Instagram @ancoltamanimpian dan channel resmi Ancol Taman Impian di YouTube.

Sebagaimana dilansir dari korporat.ancol.com (20/6/2021) Vice President Tirta Taman Impian Jaya Ancol Rika Sudranto menjelaskan, kehadiran ondel-ondel dalam air ini merupakan bagian dari upaya pihaknya meningkatkan awareness menengai kearifan lokal dan pesan moral mengenai keseimbangan alam yang tetap harus terjaga dengan baik di momen HUT ke-494 DKI Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.