Rayakan Imlek di Hok Lay Kiong, Klenteng Tertua di Bekasi

Berita Kawasan

Rayakan Imlek di Hok Lay Kiong, Klenteng Tertua di Bekasi

Perayaan Imlek 2571 tinggal menghitung hari. Pergantian tahun tikus logam yang jatuh pada 25 Januari 2020 mendatang ini tentu meninggalkan suka cita bagi semua orang, apalagi diprediksi pada tahun ini banyak orang yang akan kelimpahan banyak rezeki yang tak terduga. Bagi umat Buddha dan Konghucu, kedatangan Imlek berarti berkumpul bersama keluarga menjalin silaturahmi dan tentunya beribadah bersama ke Klenteng.

Di Bekasi, salah satu Klenteng tertuanya dan terbesar, Hok Lay Kiong sudah mulai sibuk mempersiapkan Imlek sejak 22 Januari. Mengutip dari kompas.com. para petugas Klenteng sudah mulai terlihat membersihkan dan menata area altar dewa dan dewi. Aneka pernak-pernik khas Imlek pun sudah terlihat, mulai dari lilin kecil hingga kue keranjang.

Rayakan Imlek di Hok Lay Kiong, Klenteng Tertua di Bekasi

Tak lupa kertas kengg atau paritta yang berisi doa sudah disusun rapi digulungkan pada beberapa dupa yang wangi mengitari Klenteng. Lilin yang digunakan untuk pengharapan juga tengah disiapkan dengan rapi dan teliti.

Panitia Imlek Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi Sudrajat menyebutkan, persiapan lilin dilakukan tiga hari sebelum Imlek. Lilin yang diterima Klenteng ini sifatnya donasi dari umat sebagai simbol persembahan. Ia menyebutkan, untuk perayaan Imlek tahun 2020, umat diperkirakan sekitar 400-an orang.

[Baca Juga: Ini Klenteng Tertua di Kota Tangerang]

“Tujuan mereka bukan hanya membuat kebaikan dalam bentuk donasi dana, namun juga dalam bentuk simbolis lilin sebagai tanda dari penerangan hidup,” ujar Sudrajat seperti yang dilansir dari tribunnews.

Klenteng Hok Lay Kiong terletak di Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur yang umurnya sudah mencapai 350 tahun. Walau berada di gang kecil, Klenteng yang di dominasi warna merah ini tentu sangat mencolok. Hok Lay Kiong sendiri berarti istana yang mendatangkan rezeki.

[Baca Juga: Mengintip Salah Satu Klenteng Tertua di Glodok Jakarta]

Saking tuanya Klenteng ini, tak diketahui siapa pendirinya apalagi tak ada data sebagai jejak peninggalan dari pengurus terdahulu. Klenteng ini kerap jadi tempat banyak perayaan keagamaan, misalnya perayaan tabur sial, pukul beduk, dan yang paling besar dan ramai biasanya Imlek atau pun Cap Go Meh sebagai akhir dari tahun baru.

Klenteng Hok Lay Kiong ini juga dibuka untuk umum, siapapun bisa masuk dan melihat kegiatan dalam Klenteng. Namun para pengunjung harus tetap menjaga sopan santun dan tidak mengganggu ibadah para umat yang sedang beribadah.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 3 years lalu
    rine

    angpao angpao.... asik main game dapat angpao, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di QQHarian,info rasakan sensasinya guuuys......

  • Kelly 3 years lalu
    kelly

    jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info dan kamu hanya perlu bermain game klaim bonus angpao langsung 5% menyambut tahun baru imlek dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? kunjungi situs nya sekarang juga. 🙂