Remaja Ini Wakilkan Kota Bekasi di Lomba Membatik Tingkat Nasional

Berita Kawasan

Remaja Ini Wakilkan Kota Bekasi di Lomba Membatik Tingkat Nasional

Kota Bekasi ikut serta dalam Lomba Membatik Tingkat Nasional Tahun 2019. Hal yang membanggakan warga Bekasi ini terjadi berkat salah datu warga Kota Bekasi yang berhasil lolos ke tahap final setelah mengirimkan hasil karyanya, dengan kekhasan Batik Bekasi.

Lomba Membatik Tingkat Nasional 2019 rencananya akan digelar di Museum Batik, Taman Mini Indonesia Indah, DKI Jakarta pada 2-4 Juli 2019. Warga yang berhasil membawa nama Bekasi ke tingkat nasional merupakan remaja kelahiran 23 Mei 1998 bernama Eka Rahmawati. Remaja ini mulanya, mengirimkan karya batik yang dibuatnya untuk pendaftakan sejak dibuka pada 2 Juni 2019 lalu.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Melansir dari kotabekasi.go.id (1/7/2019) Ketua Komunitas Batik Bekasi Barito Hakim Putra menyebutkan, salah satu warga Kota Bekasi atas nama Eka Rahmawati memang benar mengikuti lomba mambatik tingkat nasional periode tahun 2019. Kompetisi membatik ini dilaksanakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Sebelumnya, Eka Rahmawati juga pernah meraih Juara III di Lomba Batik Kabupaten Bekasi. Eka juga yang akan mewakili Kota Bekasi dalam lomba Tingkat Nasional di tahun ini, mulai lomba desain hingga memberi warna batik hingga selesai," kata Barito saat di temui di Bekasi. Ikut sertanya Eka dalam lomba Tingkat Nasional merupakan kebanggaan Kota Bekasi, apalagi usia Eka masih sangat muda.

[Baca Juga: Kota Bogor Launching Logo 100% Bogor Pisan dan Batik ASN]

Di usianya yang muda, Eka dinilai sudah peduli dengan warisan budaya Indonesia, khususnya Batik Bekasi. Tepat pada umur Kota Bekasi ke-22, yaitu pada 10 Maret 2014, Batik Bekasi sudah menetapkan 12 pakem corak batik khas Bekasi, pakem ini dipatenkan oleh Ditjen HAKI (Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual).

"Eka membuktikan. dirinya terus berupaya untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus membawa nama Kota Bekasi ke-tingkat Nasional, yang terpenting kita semua sadar akan pentingnya mengenal dan melestarikan batik sebagai amanah dan warisan leluhur yang sudah diakui di mata dunia," kata Barito. 

Sementara itu, Eka Rahmawati mengatakan, dirinya senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba membatik tingkat Nasional. Harapannya, ia bisa meraih prestasi dan membawa nama baik Kota Bekasi. "Senang sekali dan semoga bisa terus belajar, menambah pengalaman tentang Batik Bekasi dan Batik Nusantara," Ujar Eka.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.