Remaja Ini Wakilkan Kota Bekasi di Lomba Membatik Tingkat Nasional

Berita Kawasan

Remaja Ini Wakilkan Kota Bekasi di Lomba Membatik Tingkat Nasional

Kota Bekasi ikut serta dalam Lomba Membatik Tingkat Nasional Tahun 2019. Hal yang membanggakan warga Bekasi ini terjadi berkat salah datu warga Kota Bekasi yang berhasil lolos ke tahap final setelah mengirimkan hasil karyanya, dengan kekhasan Batik Bekasi.

Lomba Membatik Tingkat Nasional 2019 rencananya akan digelar di Museum Batik, Taman Mini Indonesia Indah, DKI Jakarta pada 2-4 Juli 2019. Warga yang berhasil membawa nama Bekasi ke tingkat nasional merupakan remaja kelahiran 23 Mei 1998 bernama Eka Rahmawati. Remaja ini mulanya, mengirimkan karya batik yang dibuatnya untuk pendaftakan sejak dibuka pada 2 Juni 2019 lalu.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Melansir dari kotabekasi.go.id (1/7/2019) Ketua Komunitas Batik Bekasi Barito Hakim Putra menyebutkan, salah satu warga Kota Bekasi atas nama Eka Rahmawati memang benar mengikuti lomba mambatik tingkat nasional periode tahun 2019. Kompetisi membatik ini dilaksanakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Sebelumnya, Eka Rahmawati juga pernah meraih Juara III di Lomba Batik Kabupaten Bekasi. Eka juga yang akan mewakili Kota Bekasi dalam lomba Tingkat Nasional di tahun ini, mulai lomba desain hingga memberi warna batik hingga selesai," kata Barito saat di temui di Bekasi. Ikut sertanya Eka dalam lomba Tingkat Nasional merupakan kebanggaan Kota Bekasi, apalagi usia Eka masih sangat muda.

[Baca Juga: Kota Bogor Launching Logo 100% Bogor Pisan dan Batik ASN]

Di usianya yang muda, Eka dinilai sudah peduli dengan warisan budaya Indonesia, khususnya Batik Bekasi. Tepat pada umur Kota Bekasi ke-22, yaitu pada 10 Maret 2014, Batik Bekasi sudah menetapkan 12 pakem corak batik khas Bekasi, pakem ini dipatenkan oleh Ditjen HAKI (Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual).

"Eka membuktikan. dirinya terus berupaya untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus membawa nama Kota Bekasi ke-tingkat Nasional, yang terpenting kita semua sadar akan pentingnya mengenal dan melestarikan batik sebagai amanah dan warisan leluhur yang sudah diakui di mata dunia," kata Barito. 

Sementara itu, Eka Rahmawati mengatakan, dirinya senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba membatik tingkat Nasional. Harapannya, ia bisa meraih prestasi dan membawa nama baik Kota Bekasi. "Senang sekali dan semoga bisa terus belajar, menambah pengalaman tentang Batik Bekasi dan Batik Nusantara," Ujar Eka.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  4 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.