Peta Tangerang Tengah; Satelit News.jpg

Berita Kawasan

Rencana Pemekaran Daerah Kota Tangerang Tengah Semakin Menguat

Ide terkait rencana pemekaran daerah di sebagian wilayah administrasi Kabupaten Tangerang bukan wacana baru. Ide yang sudah lama terlontarkan tersebut, kini semakin menguat diperbicangkan publik se-Tangerang Raya. Bukan tanpa alasan, baru-baru ini, rencana tersebut semakin serius terdengar dengan ditandai terbentuknya deklarasi pembentukan Kota Tangerang Tengah sebagai daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang di lima kecamatan oleh sejumlah warga.

Rencana pembentukan Kota Tangerang Tengah merupakan bagian inisiatif warga di lima kecamatan terkait yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lima kecamatan terkait tersebut, meliputi Kecamatan Cisauk, Pagedangan, Legok, Kelapa Dua, dan Curug yang semuanya merupakan daerah sentral dari aktivitas-aktivitas masyarakat di Kabupaten Tangerang.

[Baca Juga: Bogor Utara Direncanakan Jadi Pusat Ekonomi Baru]

Selain itu, rencana ini merupakan bagian dari respon keinginan pembangunan daerah di lima kecamatan terkait agar semakin merata. Mengingat cakupan wilayah administrasi dari Kabupaten Tangerang yang selama ini menaungi lima kecamatan tersebut sangatlah besar.

“Pemekaran daerah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Butuh sebuah pemerintahan baru agar pembangunan merata. Itu alasannya, dan juga memang sangat relevan sekali untuk di wilayah Tangerang Tengah ini segera mungkin adanya pemekaran kota baru.” Jelas Nurdin, Ketua Presidium Pembentukan Kota Tangerang Tengah, saat pelaksanaan deklarasi di Taman Makam Pahlawan Aria Wangsakara, Minggu, (21/11/2021).

Deklarasi Tangerang Tengah.jpg

Sejauh ini rencana tersebut baru dalam tahap penggodokan rencana, pengkajian akademik, dan koordinasi terhadap beberapa pihak terkait, mulai dari pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, perwakilan DPRD di Kabupaten Tangerang, dan beberapa perguruan tinggi di sekitar wilayah Tangerang Raya.

“Kami meminta persetujuan dengan Pemkab Tangerang dan pemerintah pusat untuk menerima dan mendengarkan aspirasi kami dari Presidium badan persiapakan pembentukan kota baru Tangerang Tengah.” Lanjutnya.

Sementara itu, beberapa anggota DPRD Kabupaten Tangerang juga turut menyuarakan dukungan terkait rencana pemekaran daerah Kota Tangerang Tengah tersebut. Selain sebagai bagian dari proses penyerapan aspirasi, rencana tersebut dinilai memuat tujuan yang bermanfaat serta berpotensi mengembangkan pembangunan ke arah yang lebih efektif di lima kecamatan terkait.

Deklarasi Tangerang Tengah; Kabar 6.jpg

“Bahwa pemekaran wilayah ini bukan semata-mata mencari nama tapi memberikan pelayanan dan juga kegiatan pembangunan yang sudah berjalan semakin lebih baik. Apalagi dengan kemajuan wilayah di Tangerang Tengah ini cukup signifikan.” Respon Akmaludin Nugraha, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang sekaligus Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Tangerang.

Tak hanya itu, rencana pemekaran daerah semakin diperkuat dengan potensi yang sejauh ini dimiliki oleh lima kecamatan yang termasuk di wilayah Tangerang Tengah tersebut. Pasalnya, lima kecamatan yang hendak membentuk daerah baru tersebut diklaim memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak daerah dengan angka kumulatif yang cukup besar, yakni 700 miliar per tahun. Sehingga dinilai mampu menjadi modal kemandirian dan nilai lebih untuk pertimbangan keberhasilan realisasi rencana tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.