Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Masyarakat

Berita Kawasan

Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Warga

Semenjak awal Juli 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah menyampaikan rencananya memperluas wilayahnya. Dengan tujuan untuk pembangunan yang merata, Pemkot Bogor pun melirik kawasan di Kabupaten Bogor. Menariknya, rencana ini ternyata disambut baik warga di Kabupaten Bogor bagian selatan. Mereka berharap kecamatan mereka bisa bergabung menjadi kawasan Kota Bogor.

Respons positif tersebut disampaikan Presidium Masyarakat Bogor Selatan (PMBS) pada 22 Juni 2019. Mereka datang ke Balai Kota Bogor dan bertemu langsung dengan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. Pada momen tersebut, PMBS menyampaikan, mereka sebenarnya pernah mengajukan untuk mendirikan area otonom di Kabupaten Bogor bagian selatan.

Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Masyarakat

PMBS menyebut, wilayah yang diajukan itu adalah Kecamatan Ciawi, Megamendung, Cisarua, Cigombong, Caringin, Cijeruk, dan Tamansari. Alasan utama pendirian area otonom itu adalah karena PMBS memandang layanan publik di Bogor Selatan sulit diakses dan tidak diperhatikan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Bak gayung bersambut, PMBS pun mendengar rencana Pemkot Bogor yang ingin memperluas wilayahnya dan berharap Bogor Selatan dapat bergabung menjadi Kota Bogor.

[Baca Juga: Berniat Perluas Wilayah, Pemkot Bogor Lirik Kawasan Kabupaten]

Dedie A Rachim juga senang dengan antusias masyarakat Bogor Selatan terhadap rencana Pemkot Bogor yang ingin memperluas wilayah administrasi. “Alasannya sederhana, lebih kepada pelayanan. Selama ini masyarakat banyak mengeluh soal jauhnya jarak pusat pelayanan di Kabupaten Bogor. Saya rasa, jika pindah ke Kota Bogor, pelayanannya lebih baik, kesejahteraan masyarakat juga lebih terjamin,” ucap Wakil Wali Kota Bogor itu, sebagaimana dikutip dari pikiran-rakyat.com (23/7/2019).

Rencana perluasan wilayah administrasi Kota Bogor sebenarnya sudah disampaikan Dedie saat bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 11 Juli 2019. Saat itu, orang nomor dua di Kota Bogor itu menjelaskan, wilayah Kota Hujan hanya memiliki enam kecamatan dengan penduduknya yang berjumlah 1,1 juta. Dedie menjelaskan, angka ini memiliki dampak terhadap pendapatan asli daerah yang berujung tidak optimalnya pengembangan sumber daya di Kota Bogor.

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

Dengan alasan di atas tersebut, Pemkot bogor mengajukan perluasan wilayah dengan meminta sejumlah kecamatan yang berada di area administrasi Kabupaten Bogor. Hingga kini masih belum diketahui pasti apakan rencana perluasan wilayah tersebut akan disetujui oleh Pemerintah dan DPRD Kabupaten Bogor, apalagi baru-baru ini keduanya baru menyetujui pemekaran Bogor Timur yang menjadi Daerah Otonomi Baru.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Dapur Tampak Luas Cat Kabiner dengan Warna Hijau Mint

Properti dan Solusi

Ingin Dapur Tampak Luas? Cat Kabinet dengan Warna Hijau Mint

11 July 2020, 14:00

Hijau mint mungkin bukan prioritas dalam pemilihan warna cat kabinet dapur, tetapi ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk dapur apa pun, terutama yang kecil.

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda

Kesehatan

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda?

11 July 2020, 12:00

Para peneliti menemukan bahwa di tujuh uji klinis kecil, berbagai probiotik tampaknya memperbaiki gejala pada pasien dengan depresi klinis, setidaknya dalam jangka pendek.

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP dan B2W Indonesia Fasilitasi Transportasi Sepeda

Berita Kawasan

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP & B2W Fasilitasi Transportasi Sepeda

11 July 2020, 10:00

Dalam kolaborasi ini, untuk tahap awal telah disiapkan 35 unit sepeda bagi warga dan ditempatkan pada lima titik parkir sepeda dekat stasiun MRT.

Tokopedia Qurban.jpg

Bisnis

Layanan Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Dalam Berkurban

10 July 2020, 20:00

Tokopedia menghadirkan layanan baru untuk mempermudah masyarakat berkurban secara lebih amanah dan dengan harga yang terjangkau.


Comments


Please Login to leave a comment.