Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Masyarakat

Berita Kawasan

Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Warga

Semenjak awal Juli 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah menyampaikan rencananya memperluas wilayahnya. Dengan tujuan untuk pembangunan yang merata, Pemkot Bogor pun melirik kawasan di Kabupaten Bogor. Menariknya, rencana ini ternyata disambut baik warga di Kabupaten Bogor bagian selatan. Mereka berharap kecamatan mereka bisa bergabung menjadi kawasan Kota Bogor.

Respons positif tersebut disampaikan Presidium Masyarakat Bogor Selatan (PMBS) pada 22 Juni 2019. Mereka datang ke Balai Kota Bogor dan bertemu langsung dengan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. Pada momen tersebut, PMBS menyampaikan, mereka sebenarnya pernah mengajukan untuk mendirikan area otonom di Kabupaten Bogor bagian selatan.

Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Masyarakat

PMBS menyebut, wilayah yang diajukan itu adalah Kecamatan Ciawi, Megamendung, Cisarua, Cigombong, Caringin, Cijeruk, dan Tamansari. Alasan utama pendirian area otonom itu adalah karena PMBS memandang layanan publik di Bogor Selatan sulit diakses dan tidak diperhatikan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Bak gayung bersambut, PMBS pun mendengar rencana Pemkot Bogor yang ingin memperluas wilayahnya dan berharap Bogor Selatan dapat bergabung menjadi Kota Bogor.

[Baca Juga: Berniat Perluas Wilayah, Pemkot Bogor Lirik Kawasan Kabupaten]

Dedie A Rachim juga senang dengan antusias masyarakat Bogor Selatan terhadap rencana Pemkot Bogor yang ingin memperluas wilayah administrasi. “Alasannya sederhana, lebih kepada pelayanan. Selama ini masyarakat banyak mengeluh soal jauhnya jarak pusat pelayanan di Kabupaten Bogor. Saya rasa, jika pindah ke Kota Bogor, pelayanannya lebih baik, kesejahteraan masyarakat juga lebih terjamin,” ucap Wakil Wali Kota Bogor itu, sebagaimana dikutip dari pikiran-rakyat.com (23/7/2019).

Rencana perluasan wilayah administrasi Kota Bogor sebenarnya sudah disampaikan Dedie saat bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 11 Juli 2019. Saat itu, orang nomor dua di Kota Bogor itu menjelaskan, wilayah Kota Hujan hanya memiliki enam kecamatan dengan penduduknya yang berjumlah 1,1 juta. Dedie menjelaskan, angka ini memiliki dampak terhadap pendapatan asli daerah yang berujung tidak optimalnya pengembangan sumber daya di Kota Bogor.

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

Dengan alasan di atas tersebut, Pemkot bogor mengajukan perluasan wilayah dengan meminta sejumlah kecamatan yang berada di area administrasi Kabupaten Bogor. Hingga kini masih belum diketahui pasti apakan rencana perluasan wilayah tersebut akan disetujui oleh Pemerintah dan DPRD Kabupaten Bogor, apalagi baru-baru ini keduanya baru menyetujui pemekaran Bogor Timur yang menjadi Daerah Otonomi Baru.


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.