Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Masyarakat

Berita Kawasan

Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Warga

Semenjak awal Juli 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah menyampaikan rencananya memperluas wilayahnya. Dengan tujuan untuk pembangunan yang merata, Pemkot Bogor pun melirik kawasan di Kabupaten Bogor. Menariknya, rencana ini ternyata disambut baik warga di Kabupaten Bogor bagian selatan. Mereka berharap kecamatan mereka bisa bergabung menjadi kawasan Kota Bogor.

Respons positif tersebut disampaikan Presidium Masyarakat Bogor Selatan (PMBS) pada 22 Juni 2019. Mereka datang ke Balai Kota Bogor dan bertemu langsung dengan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. Pada momen tersebut, PMBS menyampaikan, mereka sebenarnya pernah mengajukan untuk mendirikan area otonom di Kabupaten Bogor bagian selatan.

Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Masyarakat

PMBS menyebut, wilayah yang diajukan itu adalah Kecamatan Ciawi, Megamendung, Cisarua, Cigombong, Caringin, Cijeruk, dan Tamansari. Alasan utama pendirian area otonom itu adalah karena PMBS memandang layanan publik di Bogor Selatan sulit diakses dan tidak diperhatikan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Bak gayung bersambut, PMBS pun mendengar rencana Pemkot Bogor yang ingin memperluas wilayahnya dan berharap Bogor Selatan dapat bergabung menjadi Kota Bogor.

[Baca Juga: Berniat Perluas Wilayah, Pemkot Bogor Lirik Kawasan Kabupaten]

Dedie A Rachim juga senang dengan antusias masyarakat Bogor Selatan terhadap rencana Pemkot Bogor yang ingin memperluas wilayah administrasi. “Alasannya sederhana, lebih kepada pelayanan. Selama ini masyarakat banyak mengeluh soal jauhnya jarak pusat pelayanan di Kabupaten Bogor. Saya rasa, jika pindah ke Kota Bogor, pelayanannya lebih baik, kesejahteraan masyarakat juga lebih terjamin,” ucap Wakil Wali Kota Bogor itu, sebagaimana dikutip dari pikiran-rakyat.com (23/7/2019).

Rencana perluasan wilayah administrasi Kota Bogor sebenarnya sudah disampaikan Dedie saat bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 11 Juli 2019. Saat itu, orang nomor dua di Kota Bogor itu menjelaskan, wilayah Kota Hujan hanya memiliki enam kecamatan dengan penduduknya yang berjumlah 1,1 juta. Dedie menjelaskan, angka ini memiliki dampak terhadap pendapatan asli daerah yang berujung tidak optimalnya pengembangan sumber daya di Kota Bogor.

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

Dengan alasan di atas tersebut, Pemkot bogor mengajukan perluasan wilayah dengan meminta sejumlah kecamatan yang berada di area administrasi Kabupaten Bogor. Hingga kini masih belum diketahui pasti apakan rencana perluasan wilayah tersebut akan disetujui oleh Pemerintah dan DPRD Kabupaten Bogor, apalagi baru-baru ini keduanya baru menyetujui pemekaran Bogor Timur yang menjadi Daerah Otonomi Baru.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.