Renovasi Gedung Sarinah Ditargetkan Selesai November 2021.jpg

Properti dan Solusi

Renovasi Gedung Sarinah Ditargetkan Selesai November 2021

Sejak akhir tahun 2019, PT Sarinah telah memiliki rencana untuk melakukan proyek revitalisasi serta renovasi dari gedung ikoniknya alias Gedung Sarinah. Namun baru pada pertengahan tahun 2020, proyek renovasi ini pun dimulai. Di mana gedung yang menjadi saksi perkembangan DKI Jakarta sejak tahun 1960-an ini akan ditransformasi yang disebut guna meremajakan Gedung Sarinah sekaligus agar lebih ramah untuk dikunjungi masyarakat dan dapat menjadi pusat UMKM. Jika sesuai rencana maka proyek renovasi ini akan selesai pada November 2021 yang artinya pada akhir tahun ini Gedung Sarinah akan kembali membuka pintunya untuk masyarakat.

Kabar target rampungnya Gedung Sarinah ini disampaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) usai Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi gedung pusat perbelanjaan bersejarah tersebut. Di mana dalam kunjungan yang digelar pada 29 Januari 2021 itu dilakukan Basuki dalam upaya meninjau langsung perkembangan proyek renovasi Gedung Sarinah.

Renovasi Gedung Sarinah Ditargetkan Selesai November 2021 .jpg

Bersama Direktur Operasi III PT Wijaya Karya Sugeng Rochadi, Menteri PUPR itu memperhatikan secara seksama berbagai sudut di Gedung Sarinah. Dengan salah satunya adalah karya seni patung relief yang dibuat oleh seniman Yogyakarta yang sudah menjadi bagian dari Gedung Sarinah sejak pusat perbelanjaan itu pertama kali dibangun.

Berdasarkan penjelasan kontraktor, transformasi Gedung Sarinah dapat terlihat dari desain menara serta podiumnya. Tapi yang perlu digarisbawahi terkait proyek renovasi ini adalah unsur modernisasi yang nantinya dihadirkan di pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan M.H. Thamrin Nomor 11 tersebut. Karena gedung yang memiliki ketinggian 74 meter itu rencannya menggunakan konsep gedung pintar alias smart building yang hijau dan sudah lengkap dengan area berkumpul untuk masyarakat serta adanya co-working space.

[Baca Juga: Sejarah Gedung Sarinah dan Relief Tersembunyi di Balik Restoran Cepat Saji]

Dalam peninjauan tersebut, Menteri PUPR sempat menitipkan pesan kepada pihak PT Wijaya Karya agar memperhatikan kualitas pondasi serta tiang gedung lama demi memastikan keamanan dari bangunan. “Ada juga lebih diperhatikan hasil estetika bangunannya,” tambah Basuki, sebagaimana dikutip dari pu.go.id (1/2/2021).

Sugeng Rochadi memastikan sebelum proyek renovasi ini dimulai pada akhir Juli 2020, pihaknya sudah bekerjasama dengan tim independen yang memastikan struktur Gedung Sarinah aman untuk direnovasi. Untuk semakin mengamankannya, pihak kontraktor juga sempat melakukan penguatan terhadap pondasi dan struktur kolom dari Gedung Sarinah.

Sekadar informasi, proyek renovasi Gedung Sarinah ini menelan biaya Rp700 miliar dan sempat ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2021. Namun target ini tampaknya bergeser dengan Kementerian PUPR yang mengumumkan proyek ini akan selesai pada November 2021.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.