Repot Mengurus Dua Anak Usia Balita Begini Caranya

Pendidikan

Repot Mengurus Dua Anak Usia Balita? Begini Caranya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)baru saja dikaruniai cucu ketiganya pada 15 November 2019. Bayi cantik yang diberi nama La Lembah Manah ini merupakan buah hati dari pasangan Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Presiden Jokowi bersama istrinya, Selvi Ananda. Berjenis kelamin perempuan, La Lembah Manah hanya terpaut tiga tahun dari kakaknya, Jan Ethes Srinarendra yang lahir pada 10 Maret 2016.

Meski selisih usia kedua anak Gibran dan Selvi bisa dibilang cukup ideal, tapi memiliki dua anak yang masih balita tentu membuat kesibukan orangtua bertambah. Selain itu, pastinya perlu bantuan babysitter untuk mengasuh sang buah hati agar tidak keteteran. Meski begitu, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati waktu bagi para orangtua yang memiliki dua anak balita.

Repot Mengurus Dua Anak Usia Balita Begini Caranya

1) Daftarkan Sang Kakak ke Playgroup

Memiliki dua anak dengan selisih usia tiga tahun terbilang cukup ideal. Sebab sang kakak terbilang sudah memiliki cukup usia untuk belajar mandiri dan mengerti banyak hal. Jadi coba daftarkan si sulung ke playgroup atau Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) tiga hari dalam seminggu selama beberapa jam. Hal itu selain agar kakak bisa berinteraksi dengan teman sebayanya, juga dapat memberikan waktu luang bagi orangtua dalam mengasuh bayi kecilnya.

[Baca Juga: La Lembah Manah Diasuh Babysitter, Ini Plus Minus Pengasuh Anak]

2) Membuat Area Bermain di Rumah

Memiliki area bermain pribadi di rumah tentunya akan membuat anak-anak senang. Apalagi jika diisi dengan berbagai permainan yang kreatif dan edukatif. Ruangan seperti itu tentu bisa menjadi tempat favorit sang kakak untuk menghabiskan waktunya. Dengan begitu, orangtua bisa fokus dengan si kecil.

3) Beri Pengertian Kepada Kakak

Cemburu pasti dirasakan sang kakak ketika orangtuanya terus sibuk mengurusi sang adik. Namun sebagai orangtua hal seperti itu harus dipersiapkan, apalagi jika sang buah hati rewel. Jika berada di posisi itu, orangtua harus sabar dan cobalah untuk memberi pengertian kepada sang kakak dengan cara yang baik. Berikan pelukan dan ciuman kepada kakak untuk meredakan tangisnya. Beritahu kakak, bahwa adiknya bukan ancaman.

4) Ajak Kakak untuk Mengurus Adik

Tidak ada salahnya mengajak si Sulung untuk ikut mengurus adiknya. Dengan begitu tugas Anda sebagai orangtua pun menjadi sedikit terbantu. Selain itu, hal tersebut juga membuat ikatan batin antara kakak dan adik semakin kuat.

[Baca Juga: Inspirasi Nama Anak Indonesia Seunik Lembah Manah, Cucu Jokowi]

Jangan lupa berikan perhatian yang sama kepada kedua anak, terlebih agar si sulung tidak cemburu. Dan yang terpenting untuk para orangtua, gunakan waktu luang untuk beristirahat agar tetap prima saat mengurusi si buah hati dan keluarga.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.