mandi rempahOK.jpg

Kecantikan dan Fashion

Resep Mandi Rempah dari Indonesian Beauty Heritage

Indonesia memang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah yang menjadi alasan mengapa bangsa asing sangat tertarik untuk datang ke negeri ini. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, ternyata rempah-rempah memiliki manfaat lain untuk kecantikan dan kesehatan kulit melalui tradisi mandi rempah. Tradisi ini memang telah lama dilakukan oleh nenek moyang bangsa Indonesia terutama oleh para putri-putri keratin. Seiring waktu, ternyata mandi rempah terbukti berkhasiat untuk kesehatan kulit sehingga tradisi ini tak lagi didominasi oleh keluarga kerajaan saja, tapi juga dilakukan oleh masyarakat umum.

Istilah mandi rempah merupakan warisan nenek moyang dan menjadi identitas budaya nusantara dan memiliki namanya masing-masing di tiap daerah. Dalam budaya Jawa dan Bali dikenal dengan istilah Javanese Spa dan Balinese Spa. Umumnya mandi rempah dalam budaya ini menjadikan tumbuhan sebagai lulur untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. Berbeda dengan tradisi suku Batak yang mengenal mandi rempah dengan sebutan Oukup Spa, dimana yang diambil adalah uap hasil rebusan tumbuhan.

mandi rempahOK2.jpg

Di pulau Sumatera tepatnya di Kota Padang, tradisi mandi rempah disebut dengan mandi Balimau dan umumnya masyarakat melayu mengenalnya sebagai mandi Pangir. Kota Sintang, di Provinsi Kalimantan Barat juga memiliki spa tradisional yang telah dilakukan secara turun temurun oleh suku melayu Kalimantan yang disebut Betangas. Lain halnya di daerah Gorontalo, mereka menyebut tradisi mandi rempah sebagai Bongo Yiladu.

Di jaman modern seperti saat ini, tradisi mandi rempah tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Banyak salon beauty & Spa yang memberikan layanan dengan paket mandi rempah. Tahukah pointers jika banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mandi rempah? Beberapa diantaranya adalah menghilangkan bau badan karena penambahan aroma terapi, membuat kulit cerah dan sehat karena dibarengi dengan scrubbing, memberi efek rileks dengan adanya minyak aromaterapi serta menghilangkan letih dan lesu karena dalam proses mandi rempah terdapat proses pijatan ringan.

Sejarah mandi rempah sendiri terdapat dalam beberapa relief candi, seperti di candi Borobudur, Prambanan dan candi Tikus. Adapula peninggalan tempat pemandian berada di Jalatunda yang dibangun oleh Raja Erlangga pada abad 9, pemandian Taman Sari di Yogyakarta dan pemandian Langenharjo di Solo. Jika pointers tertarik merasakan mandi rempah ala putri keraton, kalian juga bisa melakukannya di rumah menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Berikut bahan dan cara untuk membuat ramuan mandi rempah dikutip dari akun instagram @indonesianbeautyheritage.

mandi rempahOK3.jpg

Bahan-Bahan :

  • ¼ kg Temu giring dikupas dan diiris tipis
  • 2 buah Jeruk purut dibelah dua
  • 1 ons Kayu Manis dicuci bersih
  • 5 Lembar Daun Pandan dipotong-potong
  • ¼ kg Daun Kemuning dicuci bersih
  • 5 Gayung air (6 liter)
  • 3 Batang sereh dicuci dan dipotong-potong

Cara Membuat :

  1. Rebus semua bahan rempah-rempah dengan lima gayung air
  2. Setelah mendidih, ramuan rempah disaring menggunakan kain tipis kemudian tuang ke dalam ember besar
  3. Campur ramuan rempah dengan air dingin hingga menjadi hangat
  4. Gunakan air rempah ini untuk berendam setelah sebelumnya anda mandi menggunakan sabun.
  5. Anda bisa berendam di dalam air rempah ini selama 15 menit sambil menyirami air rempah ke seluruh tubuh.
  6. Jika sudah selesai, keringkan badan dengan handuk tanpa perlu membilasnya lagi dengan air bersih.

Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.