Resmi! Nama Jalan Cakung Cilincing Jadi Jalan Syech Nawawi Al-Bantani.jpg

Berita Kawasan

Resmi! Nama Jalan Cakung Cilincing jadi Jalan Syech Nawawi Al-Bantani

Syekh Mumahammad Nawawi al-Jawi al-Bantani atau yang dikenal dengan nama Syech Nawawi Al-Bantani merupakan salah seorang ulama terpandang di Tanah Air yang berasal dari tahun 1800an. Sosoknya juga dipandang sebagai tokoh penting dalam pengembangan studi Islam di pesantren terkemuka yang juga memicu jiwa nasionalisme di antara para alumninya. Tak lupa, semasa hidupnya, sang syekh juga telah menghasilkan ratusan kitab yang meliputi berbagai bidang ilmu keislaman. Berkat berbagai perannya ini, nama dari sang syekh baru-baru ini diabadikan menjadi nama jalan di Jakarta Utara yang menggantikan nama Jalan Cakung Cilincing.

Pemasangan plang di tiga titik yang membentang sejauh 5,9 kilometer ini sudah dilakukan sejak 7 Februari 2022. Di mana tiga titik yang dimaksud terdiri dari di titik awal Jalan Syech Nawawi Al-Bantani yang berada di persimpangan jalan seberang Pos Taktis Tanah Merdeka. Kemudian di persimpangan Jalan Akses Marunda dan titik ketiga ada di persimpangan Jalan Madya Kebantenan.

Resmi! Nama Jalan Cakung Cilincing Jadi Jalan Syech Nawawi Al-Bant ani.jpg

“Kami melalui Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Utara sudah memasang tiga plang nama jalan di sepanjang Jalan Syach Nawawi Al-Bantani yang mengarah ke Jalan Raya Bekasi, Cakung Jakarta Timur,” ujar Pelaksana Tugas Asisten dan Pembangunan Sekretaris Kota Jakarta Utara Ardan, sebagaimana dikutip dari Utara.Jakarta.go.id (7/2/2022).

Peresmian penggantian nama ini digelar pada 8 Febuari 2022 yang digelar serentak dengan Pekan Memorial Syekh Nawawi Al-Bantani yang bertema Kebangkitan Turots Nusantara dari Indonesia untuk Indonesia. Di mana dalam acara ini diadakan kegiatan Bedah kita Tuhfah Al-Qashi Wa ad-Dani, Pameran Turots Ualama Nusantara, dan peluncuran kompilasi 11 Kita Ulama Nusantara.

[Baca Juga: Kang Emil Siap Abadikan Rektor Kelima Unpad Jadi Nama Jalan Bandung]

Menariknya, peresmian di acara tersebut langsung dilakukan oleh cicit Syekh Nawawi Al-Bantani yang tak lain dan tak bukan, yakni Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Dengan Wapres yang mengungkapkan bahwa kakek buyutnya itu merupakan sosok ulama yang toleran. “Selain dikenal dengan kitab-kita karyanya, Syekh Nawawi memberikan andil dalam membangun karakter muslim Nusantara yang toleran, moderat, serta penuh rahmat, kasih sayang, dan welas asih,” ungkap orang nomor dua di Tanah Air itu, sebagaimana dikutip dari Antaranews.com (8/2/2/2022).


Read More

Jalan Syech Nawawi Al-Bantani

d/h Jl. Raya Cilincing

None
None

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.