Resmi! Pemkot Jakarta Timur Berhasil Pecahkan Rekor Mencanting Batik Virtual.jpg

Berita Kawasan

Resmi! Pemkot Jakarta Timur Pecahkan Rekor Mencanting Batik Virtual

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur terus melakukan beragam persiapan dalam upaya pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) mencanting batik terbanyak secara serentak yang melibatkan 1.000 peserta via daring. Usaha pemecahan rekor itu pun berbuah manis dengan MURI yang menganugerahkan catatan rekor itu pada pekan ini.

Kegiatan bertajuk Mencanting Batik Rekor MURI Wali Kota, ASN, dan Masyarakat se-Jakarta Timur bersama Rolupat ini digelar secara serentak di 85 lokasi yang diikuti semua ASN yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan wilayah ini. Sesuai temanya, Wali Kota Jakarta Timur M.Anwar serta istrinya sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Timur Diah Anwar juga turut ikut mencanting batik.

Resmi! Pemkot Jakarta Timur Berhasil Pecahkan Rekor Mencanting Batik Virtu al.jpg

Setelah berhasil mencetak rekor MURI sekaligus menerima piagamnya, Wali Kota Jakarta Timur merasa senang sekaligus bangga upaya mereka dalam melestarikan budaya batik dengan cara unik ini dapat sukses digelar. “Alhamdulillah hari ini, Pemkot Jakarta Timur dapat rekor MURI, tapi yang terpenting bukan sekadar rekor MURI-nya tapi budaya kita bisa dilestarikan di Jakarta Timur dengan cara membatik,” ujar Anwar, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (12/10/2021).

Menurut Anwar, kegiatan mencanting batik ini sangatlah penting, khususnya bagi generasi muda. Ia tak ingin warisan leluhur Nusantara ini tertelan oleh zaman apalagi di sisi lain dengan mencanting batik terdapat peluang bisnis yang bisa menjadi tambahan mendapatkan pundi-pundi rupiah di kala pandemi ini. Selain itu, Anwar juga memiliki harapan di balik kegiatan mencanting batik ini. Di mana ia berharap terciptanya batik yang benar-benar khas Jakarta Timur.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Siap Pecahkan Rekor Membatik Virtual]

Terkait pelestarian mencanting batik yang menjadi warisan leluhur, Diah Anwar menjelaskan bahwa program ini sebenarnya menjadi bagian dari salah satu di 10 program PKK Jakarta Timur. “Selanjutnya, kita akan melestarikan program membantik dan mencanting ini sebagai warisan budaya,” tambahnya.

Proses pemecahan rekor MURI yang dilakukan Pemkot Jakarta Timur ini telah melalui proses panjang hingga terpaksa mengalami penundaan. Pasarlnya, rencana upaya pemecahan rekor mencanting batik terbanyak secara virtual ini sudah direncakan sejak Juni 2021 di tengah momen perayaa HUT DKI Jakarta ke-494 tapi rencana ini baru bisa direalisasikan pada awal Oktober 2021. Namun karena adanya ujian CPNS di Jakarta Timur pada 4-8 Oktober 2021, pihak pemkot memundurkan waktu pelaksanaan pemecahan rekor MURI ini ke tanggal 12 Oktober 2021 kemarin.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.