Resmi! Pemkot Jakarta Timur Berhasil Pecahkan Rekor Mencanting Batik Virtual.jpg

Berita Kawasan

Resmi! Pemkot Jakarta Timur Pecahkan Rekor Mencanting Batik Virtual

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur terus melakukan beragam persiapan dalam upaya pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) mencanting batik terbanyak secara serentak yang melibatkan 1.000 peserta via daring. Usaha pemecahan rekor itu pun berbuah manis dengan MURI yang menganugerahkan catatan rekor itu pada pekan ini.

Kegiatan bertajuk Mencanting Batik Rekor MURI Wali Kota, ASN, dan Masyarakat se-Jakarta Timur bersama Rolupat ini digelar secara serentak di 85 lokasi yang diikuti semua ASN yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan wilayah ini. Sesuai temanya, Wali Kota Jakarta Timur M.Anwar serta istrinya sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Timur Diah Anwar juga turut ikut mencanting batik.

Resmi! Pemkot Jakarta Timur Berhasil Pecahkan Rekor Mencanting Batik Virtu al.jpg

Setelah berhasil mencetak rekor MURI sekaligus menerima piagamnya, Wali Kota Jakarta Timur merasa senang sekaligus bangga upaya mereka dalam melestarikan budaya batik dengan cara unik ini dapat sukses digelar. “Alhamdulillah hari ini, Pemkot Jakarta Timur dapat rekor MURI, tapi yang terpenting bukan sekadar rekor MURI-nya tapi budaya kita bisa dilestarikan di Jakarta Timur dengan cara membatik,” ujar Anwar, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (12/10/2021).

Menurut Anwar, kegiatan mencanting batik ini sangatlah penting, khususnya bagi generasi muda. Ia tak ingin warisan leluhur Nusantara ini tertelan oleh zaman apalagi di sisi lain dengan mencanting batik terdapat peluang bisnis yang bisa menjadi tambahan mendapatkan pundi-pundi rupiah di kala pandemi ini. Selain itu, Anwar juga memiliki harapan di balik kegiatan mencanting batik ini. Di mana ia berharap terciptanya batik yang benar-benar khas Jakarta Timur.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Siap Pecahkan Rekor Membatik Virtual]

Terkait pelestarian mencanting batik yang menjadi warisan leluhur, Diah Anwar menjelaskan bahwa program ini sebenarnya menjadi bagian dari salah satu di 10 program PKK Jakarta Timur. “Selanjutnya, kita akan melestarikan program membantik dan mencanting ini sebagai warisan budaya,” tambahnya.

Proses pemecahan rekor MURI yang dilakukan Pemkot Jakarta Timur ini telah melalui proses panjang hingga terpaksa mengalami penundaan. Pasarlnya, rencana upaya pemecahan rekor mencanting batik terbanyak secara virtual ini sudah direncakan sejak Juni 2021 di tengah momen perayaa HUT DKI Jakarta ke-494 tapi rencana ini baru bisa direalisasikan pada awal Oktober 2021. Namun karena adanya ujian CPNS di Jakarta Timur pada 4-8 Oktober 2021, pihak pemkot memundurkan waktu pelaksanaan pemecahan rekor MURI ini ke tanggal 12 Oktober 2021 kemarin.


Read More

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.