pasar joharOK.jpg

Properti dan Solusi

Revitalisasi Selesai, Pedagang Mengisi Pasar Johar pada September

Bagi warga kota Semarang pasti mengenal salah satu pasar yang paling legendaris di kota Semarang bernama Pasar Johar. Pasar ini memang merupakan pusat dan denyut nadi perekonomian Jawa Tengah yang telah dibangun sejak tahun 1930-an oleh arsitek Belanda bernama Herman Thomas Karsten. Seiring usianya yang semakin bertambah, pasar ini mengalami kerusakan dan revitalisasi pasar yang termasuk dalam Cagar budaya Kota Semarang ini telah dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak bulan Agustus 2018.

Revitalisasi yang dilakukan Kementerian PUPR mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya dengan melibatkan Pemerintah Daerah. Wajah baru Pasar Johar dilengkapi dengan lapak yang masing-masing terbuat dari kayu berwarna cokelat yang menciptakan suasana klasik. Pilar-pilar penyangganya yang dahulu lapuk sudah diperbaiki dan sebagian tiang diekspos sesuai bentuk aslinya. Saat ini pasar Johar telah berubah menjadi pasar semi modern yang siap untuk ditempati.

pasar joharOK2.jpg

Menurut rencana, Dinas Perdagangan Kota Semarang akan memulai melakukan penempatan pedagang di bangunan Pasar Johar pada bulan September 2021 ini. Setidaknya ada sekitar 2600 pedagang yang akan dipindahkan Dinas Perdagangan ke pasar Johar bagian Utara, Tengah, Selatan dan Kanjengan. Menurut Mujoko Raharjo selaku Plh Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, per hari ini Selasa (31/8/2021) jumlah pedagang yang akan dipindahkan sebanyak 2.600 orang. “Sekitar 2600 pedagang yang siap diundi untuk penempatannya. Direncanakan pemindahan pedagang dilakukan pada September 2021 mendatang,” ujar Mujoko.

Targetnya nanti pada tanggal 3 September 2021, total pedagang yang akan dipindahkan ke Pasar Johar Cagar Budaya sebesar 4000 orang. Pengundian akan berlangsung secara online dan pemberitahuan hasil undianpun akan dikirimkan melalui aplikasi whatsapp. “Nanti pengundian tempat pedagang dilakukan secara online dan pemberitahuan melalui Whatsapp (WA). Karena pada saat pendataan pedagang kemarin, mereka memberikan nomor handpone-nya masing-masing,” tambahnya.

Menurut informasi, ada tambahan 761 pedagang yang akan diusulkan dan ditetapkan. Hingga saat ini proses yang dilakukan masih dalam tahap klarifikasi karena ada beberapa pedagang yang berkasnya masih kurang. “Saat ini masih proses klarifikasi, karena ada beberapa pedagang yang berkasnya kurang, misal kalau memang sudah dialihkan izinnya kepada orang lain, harus ada surat pelepasannya dari yang pegang izin,” bebernya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (31/8/2021).

pasar joharOK3.jpg

Nantinya pedagang akan ditempatkan di Pasar Johar Bagian Utara, Tengah, Kanjengan serta Selatan. Namun saat ini Pasar Johar bagian selatan masih dalam tahap pembangunan dan ditargetkan selesai pada bulan September ini. Selain itu, penempatan pedagang di Pasar Johar Utara, Tengah dan Selatan juga akan menggunakan sistem zonasi. “Kalau dulu ada pedagang yang punya 5 lapak, sekarang tidak bisa. Untuk masuk ke Johar tetap satu lapak saja, nanti di zona tertentu juga nggak boleh ada pedagang pancakan. Pengawasannya kita lakukan dengan ketat,” ujarnya lagi..

Mujoko juga mengungkapkan jika Pasar Johar bagian Utara adalah zona kering sedangkan pasar Johar bagian Tengah adalah zona basah. Pasar Johar bagian Selatan yang dahulu dikhususkan untuk menjual hasil bumi, nantinya akan dipindahkan zonasinya. “Johar yang saat ini sudah menjadi pasar semi modern, untuk yang bangunan cagar budaya, yakni Johar utara, tengah, selatan ini tidak bisa diperlakukan seperti dulu lagi,” tandasnya.


Read More

Pasar Johar

Pasar tradisional simpel dengan kios yang menjual pakaian, sepatu dan tas, serta produk lokal.

None
None

Artikel Lainnya

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

Bisnis

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

22 September 2021, 10:07

Beragam cara dilakukan agar bisnis salon tetap bertahan, seperti menerima layanan via online. Pelanggan secara virtual dapat berkonsultasi mengenai perawatan kecantikan dan rambut.

tamplate foto pingpoint.jpg

Bisnis

Titipku, Aplikasi Pesan Antar Kebutuhan Sehari-hari dari Pasar

22 September 2021, 09:05

Kini, jasa pesan antar juga banyak sudah tersedia untuk berbagai jenis kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan sehati-hari yang biasa Pointers dapatkan di pasar tradisional.

Jembatan Cisadane 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Cisadane Walk, Ikon Menarik Kota Tangerang yang Wajib Dikunjungi

22 September 2021, 08:05

Meniru kota-kota di Eropa, Cisadane Walk kini dikenal sebagai land mark ikon kota yang ramai dikunjungi masyarakat menghabiskan waktu untuk bersantai, berkumpul, berburu spot foto, sampai kuliner.

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.


Comments


Please Login to leave a comment.