Reza Purbaya Penjaga Terakhir Wayang Golek Betawi

Hobi dan Hiburan

Reza Purbaya, Penjaga Terakhir Wayang Golek Betawi

Wayang golek Betawi diciptakan dan dipentaskan pertama kali oleh Tizar Purbaya yang merupakan seorang pengrajin dan pedagang barang-barang antik. Tizar bahkan sudah merintis usaha wayang golek Betawi sejak tahun 1978 di Pasar Seni Ancol sebagaimana dilansir kebudayaan.kemdikbud.go.id (27/3/2019).

[Baca Juga: Nemin Tuih Terima Pesanan Ondel-ondel Hingga ke Mancanegara]

Sepeninggal Tizar di tahun 2015, Reza Purbaya yang merupakan anak dari Tizar menggeluti dan menekuni usaha yang sama seperti ayahnya yaitu wayang golek. Namun, Reza yang tinggal di kawasan Sunter memilih menekuni usaha wayang golek sesuai permintaan (custom) sebagai bentuk cintanya terhadap seni dan budaya.

Reza Purbaya Penjaga Terakhir Wayang Golek Betawi

Reza bisa membuatkan wayang golek custom hanya dengan diberikan foto. Dalam lansiran beritajakarta.id (27/3/2019), Reza menjelaskan proses pembuatan wayang golek custom bisa diselesaikan dalam satu sampai tiga minggu yang bergantung pada tingkat kesulitannya. Detail gambar foto yang dikirimkan konsumen berpengaruh terhadap kemudahan proses pembuatan wayang golek custom.

"Kalau ada foto yang bagus, detail tampak depan dan samping sama, akan cepat. Bisa rampung seminggu," ujarnya.

[Baca Juga: Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan]

Reza menjelaskan, wayang golek custom dibuat menggunakan material kayu pohon pule. Pemilihan material dari batang kayu pohon pule dikarenakan material tersebut mudah diukur, memiliki serat yang halus dan memiliki bobot yang ringan serta kecil kemungkinan digerogoti rayap.

Harga setiap produk wayang golek custom buatan Reza dipatok sekitar Rp3,5 juta. Tidak sedikit para konsumen memesan wayang golek custom dari Reza seperti berbagai perusahaan besar nasional hingga luar negeri, bahkan kebanyakan berasal dari kedutaan-kedutaan asing.

[Baca Juga: Ada Batik Betawi Kuno Tersimpan di Museum Tekstil]

Reza juga mengaku pernah membuatkan wayang golek custom mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Dan di pertengahan tahun 90-an, Reza pernah diundang pentas di Amerika yang disaksikan Presiden George Bush sekeluarga. Setelah itu, Reza membuatkan mereka sekeluarga wayang golek custom.

Sekadar informasi, mengutip dari wayangku.id (27/3/2019), selain membuat wayang golek custom, Reza juga sering tampil di panggung mementaskan wayang golek betawi yang menjadi warisan seni dan budaya ciptaan sang ayah. Hinga kini, dia juga dikenal sebagai penjaga terakhir wayang golek betawi.

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.