Reza Purbaya Penjaga Terakhir Wayang Golek Betawi

Hobi dan Hiburan

Reza Purbaya, Penjaga Terakhir Wayang Golek Betawi

Wayang golek Betawi diciptakan dan dipentaskan pertama kali oleh Tizar Purbaya yang merupakan seorang pengrajin dan pedagang barang-barang antik. Tizar bahkan sudah merintis usaha wayang golek Betawi sejak tahun 1978 di Pasar Seni Ancol sebagaimana dilansir kebudayaan.kemdikbud.go.id (27/3/2019).

[Baca Juga: Nemin Tuih Terima Pesanan Ondel-ondel Hingga ke Mancanegara]

Sepeninggal Tizar di tahun 2015, Reza Purbaya yang merupakan anak dari Tizar menggeluti dan menekuni usaha yang sama seperti ayahnya yaitu wayang golek. Namun, Reza yang tinggal di kawasan Sunter memilih menekuni usaha wayang golek sesuai permintaan (custom) sebagai bentuk cintanya terhadap seni dan budaya.

Reza Purbaya Penjaga Terakhir Wayang Golek Betawi

Reza bisa membuatkan wayang golek custom hanya dengan diberikan foto. Dalam lansiran beritajakarta.id (27/3/2019), Reza menjelaskan proses pembuatan wayang golek custom bisa diselesaikan dalam satu sampai tiga minggu yang bergantung pada tingkat kesulitannya. Detail gambar foto yang dikirimkan konsumen berpengaruh terhadap kemudahan proses pembuatan wayang golek custom.

"Kalau ada foto yang bagus, detail tampak depan dan samping sama, akan cepat. Bisa rampung seminggu," ujarnya.

[Baca Juga: Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan]

Reza menjelaskan, wayang golek custom dibuat menggunakan material kayu pohon pule. Pemilihan material dari batang kayu pohon pule dikarenakan material tersebut mudah diukur, memiliki serat yang halus dan memiliki bobot yang ringan serta kecil kemungkinan digerogoti rayap.

Harga setiap produk wayang golek custom buatan Reza dipatok sekitar Rp3,5 juta. Tidak sedikit para konsumen memesan wayang golek custom dari Reza seperti berbagai perusahaan besar nasional hingga luar negeri, bahkan kebanyakan berasal dari kedutaan-kedutaan asing.

[Baca Juga: Ada Batik Betawi Kuno Tersimpan di Museum Tekstil]

Reza juga mengaku pernah membuatkan wayang golek custom mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Dan di pertengahan tahun 90-an, Reza pernah diundang pentas di Amerika yang disaksikan Presiden George Bush sekeluarga. Setelah itu, Reza membuatkan mereka sekeluarga wayang golek custom.

Sekadar informasi, mengutip dari wayangku.id (27/3/2019), selain membuat wayang golek custom, Reza juga sering tampil di panggung mementaskan wayang golek betawi yang menjadi warisan seni dan budaya ciptaan sang ayah. Hinga kini, dia juga dikenal sebagai penjaga terakhir wayang golek betawi.

Read More

Artikel Lainnya

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

20 October 2020, 11:05

Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Pemimpin di semua level juga wajib memberi contoh penerapan protokol kesehatan.

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat

20 October 2020, 08:52

Pemkot Bogor memastikan pengamanan ketat untuk menyambut kedatangan perdana PM Jepang Yoshide Suga dan istrinya ke Kota Hujan.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

20 October 2020, 08:12

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda.

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direloka si.jpg

Berita Kawasan

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direlokasi

19 October 2020, 17:38

Puluhan warga di bantara Kali Rengas mulai direlokasi sebagai langkah awal normalisasi Kali Rengas demi mengantisipasi banjir.


Comments


Please Login to leave a comment.