Ribuan Anggota Pramuka Gelar Aksi Bersih-Bersih di Pantai Jakarta Utara

Pendidikan

Ribuan Anggota Pramuka Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai Jakarta Utara

Baru-baru ini anggota Kwartir Cabang Pramuka Jakarta Utara melakukan kegiatan sosial yang inspiratif. Mengingat didorong rasa cinta mereka terhadap lingkungan, khususnya kawasan bahari, ribuan anggota Pramuka itu secara sukarela melakukan aksi bersih-bersih pantai pada 2 Februari 2020. Tak hanya itu saja, mereka juga turut melakukan penanaman bibit mangrove. Bahkan hujan yang sempat turut disebut tak meluruhkan semangat para anggota Pramuka Jakarta Utara itu melakukan aksi sosialnya tersebut.

Aksi ribuan anggota pramuka ini tak hanya dilakukan di satu tempat saja. Karena berdasarkan keterangan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Jakarta Utara Budi Sulistiono, anggotanya diturunkan ke tiga lokasi secara serentak. Di mana lokasi yang dipilih adalah Hutan Kota Rorotan, Kalibaru di Cilincing, Pantai Kali Adem di Penjaringan.

Ribuan Anggota Pramuka Gelar Aksi Bersih-Bersih di Pantai Jakarta Utara

“Ada 150 bibit tanaman mangrove yang ditanam di Hutan Kota Rorotan dan Pantai Kali Adem. Lebih dan 4.000 peserta dari enam kecamatan tersebar di tiga lokasi itu juga untuk aksi bersih-bersih pantai,” ungkap Budi, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (2/2/2020).

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih dan penanaman bibit mangrove, ribuan anggota Pramuka Jakarta Utara itu sempat menghadiri upacara pembukaannya di Kantor Kecamatan Cilincing. Dalam momen upacara tersebut, turut hadir Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmiko yang memberikan apresiasinya atas kegiatan para anggota Pramuka.

[Baca Juga: Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta]

“Aksi ini juga akan menjadi sebuah narasi yang baik, sebuah kenangan yang kita yakin ini akan terus diperbincangkan. Dan ini bisa menjadi sebuah ajakan kepada masyarakat untuk bisa mengoptimalkan fungsi hutan kota ini tumbuh yang semata-mata tidak hanya sebagai paru-paru kota, tapi juga bisa digunakan sebagai ruang edukasi dan interaksi antar warga,” ucap orang nomor satu di wilayah Jakarta Utara itu.

Dalam aksi bersih-bersihnya, ribuan anggota Pramuka Jakarta Utara itu sempat terkena tetesan air dari hujan. Namun tanpa tergeming, mereka tetap berjalan melewati genangan air untuk mulai melakukan penanaman bibit mangrove serta mengumpulkan sampah plastik yang mengotori area Hutan Kota Rorotan.

[Baca Juga: World Clean Up Day 2019, Relawan Bersihkan PIK Mangrove]

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Jakarta Utara menambahkan, turunnya guyuran hujan saat aksi bersih-bersih dan tanam bibit mangrove ini juga sangatlah penting untuk para anggotanya dalam ranah pendidikan diri mereka. “Hal yang perlu ditekankan adalah anak-anak Pramuka ini merupakan pemilik masa depan. Harus peduli dengan lingkungan sedari dini. Termasuk menanamkan jiwa korsa, tahan terhadap rintangan yang dihadapi,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.