CIBUBUR_KAWASAN_RIBUAN REGENERASI BARU PENCAK SILAT BERKUMPUL DI CIBUBUR JAKARTA_EMIL_1100 X 600 px --01.jpg

Berita Kawasan

Ribuan Generasi Baru Pencak Silat Berkumpul di Cibubur

Semenjak cabang olahraga pencak silat menyumbangkan sejumlah medali emas yang mengharumkan nama Indonesia di Asian Games 2018, olahraga ini semakin dilirik oleh para generasi muda Nusantara. Hal ini semakin terlihat dalam gelaran Jakarta Pencak Silat Championship ke-10 yang diadakan di dekat Taman Wiladatika Cibubur.

Sebagaimana dilansir dari viva.co.id, setidaknya ada sekira 2.345 atlet pencak silat yang turut serta dalam kejuaran yang diadakan pada 20-21 Oktober 2018. Kali ini Gedung Olahraga Pusat Olahraga Persahabatan Korea Indonesia atau GOR POPKI di Cibubur Jakarta Timur yang berjarak sekira 700 meter dari Taman Wiladatika, menjadi venue dalam kejuaraan pencak silat tersebut.

Jakarta Pencak Silat Championship

Usut punya usut, pertandingan yang diadakan semenjak 2013 ini memang digelar untuk mencari para generasi penerus atlet pencak silat yang kelak dapat mewakilkan Indonesia di pentas olahraga dunia. “Ini salah satu kejuaraan yang tujuannya untuk mencari bibit pesilat. Diharapkan kejuaraan seperti ini juga digelar di daerah-daerah lain,” ungkap Benny Sumarsono selaku Wakil Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), terkait pertandingan Jakarta Pencak Silat Championship ke-10.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Terdapat dua keunikan di pertandingan ini. Pertama adalah perihal penjurian Jakarta Pencak Silat Championship ke-10, pihak panitia memanfaatkan sistem wireless digital scoring. Cara ini dipandang dapat memudahkan para juri serta mengecilkan kesalahan pada penjurian.

Jakarta Pencak Silat Championship

Kedua adalah sistem pertandingan yang diterapkan di sini memiliki pengaturan khusus yakni tergantung dari tinggi badan, usia serta tingkat pendidikannya. Di setiap kelas tersebut hanya dibatasi dua sampai empat peserta saja. Pihak panitia Jakarta Pencak Silat Championship (JKTC) ke-10 mengklaim pengaturan tersebut berguna untuk memicu semangat berprestasi serta berkompetisi di dunia pencak silat semenjak usia dini.

[Baca Juga: 5 Sekolah Sepak Bola Di Cibubur]

“Tujuan dari JKTC 10 ini bagaimana pencak silat bisa dikembangkan jadi industri olahraga baik nasional maupun internasional. Karena dampak dari Asian Games sangat tinggi sekali animo masyarakat terhadap pencak silat, baik nasional maupun asia,” ujar H. Iskandar yang menjabat Ketua Panita Pelaksana Jakarta Pencak Silat Championship ke-10 di GOR POPKI di Cibubur Jakarta Timur yang berjarak sekira 700 meter dari Taman Wiladatika.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.