CIBUBUR_KAWASAN_RIBUAN REGENERASI BARU PENCAK SILAT BERKUMPUL DI CIBUBUR JAKARTA_EMIL_1100 X 600 px --01.jpg

Berita Kawasan

Ribuan Generasi Baru Pencak Silat Berkumpul di Cibubur

Semenjak cabang olahraga pencak silat menyumbangkan sejumlah medali emas yang mengharumkan nama Indonesia di Asian Games 2018, olahraga ini semakin dilirik oleh para generasi muda Nusantara. Hal ini semakin terlihat dalam gelaran Jakarta Pencak Silat Championship ke-10 yang diadakan di dekat Taman Wiladatika Cibubur.

Sebagaimana dilansir dari viva.co.id, setidaknya ada sekira 2.345 atlet pencak silat yang turut serta dalam kejuaran yang diadakan pada 20-21 Oktober 2018. Kali ini Gedung Olahraga Pusat Olahraga Persahabatan Korea Indonesia atau GOR POPKI di Cibubur Jakarta Timur yang berjarak sekira 700 meter dari Taman Wiladatika, menjadi venue dalam kejuaraan pencak silat tersebut.

Jakarta Pencak Silat Championship

Usut punya usut, pertandingan yang diadakan semenjak 2013 ini memang digelar untuk mencari para generasi penerus atlet pencak silat yang kelak dapat mewakilkan Indonesia di pentas olahraga dunia. “Ini salah satu kejuaraan yang tujuannya untuk mencari bibit pesilat. Diharapkan kejuaraan seperti ini juga digelar di daerah-daerah lain,” ungkap Benny Sumarsono selaku Wakil Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), terkait pertandingan Jakarta Pencak Silat Championship ke-10.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Terdapat dua keunikan di pertandingan ini. Pertama adalah perihal penjurian Jakarta Pencak Silat Championship ke-10, pihak panitia memanfaatkan sistem wireless digital scoring. Cara ini dipandang dapat memudahkan para juri serta mengecilkan kesalahan pada penjurian.

Jakarta Pencak Silat Championship

Kedua adalah sistem pertandingan yang diterapkan di sini memiliki pengaturan khusus yakni tergantung dari tinggi badan, usia serta tingkat pendidikannya. Di setiap kelas tersebut hanya dibatasi dua sampai empat peserta saja. Pihak panitia Jakarta Pencak Silat Championship (JKTC) ke-10 mengklaim pengaturan tersebut berguna untuk memicu semangat berprestasi serta berkompetisi di dunia pencak silat semenjak usia dini.

[Baca Juga: 5 Sekolah Sepak Bola Di Cibubur]

“Tujuan dari JKTC 10 ini bagaimana pencak silat bisa dikembangkan jadi industri olahraga baik nasional maupun internasional. Karena dampak dari Asian Games sangat tinggi sekali animo masyarakat terhadap pencak silat, baik nasional maupun asia,” ujar H. Iskandar yang menjabat Ketua Panita Pelaksana Jakarta Pencak Silat Championship ke-10 di GOR POPKI di Cibubur Jakarta Timur yang berjarak sekira 700 meter dari Taman Wiladatika.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.