Ribuan Lansia di Jakarta Utara Telah Disuntikkan Vaksin COVID-19.jpg

Kesehatan

Ribuan Lansia di Jakarta Utara Telah Disuntikkan Vaksin COVID-19

Sejak tanggal 20 Februari 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara telah memulai pencanangan vaksinasi COVID-19 dengan target warganya yang masuk kategori lanjut usia alias lansia. Proses vaksinasi COVID-19 tahap II ini bahkan disebut direspons secara positif oleh para lansia di wilayah Jakarta Utara dan ini dipicu oleh sosialisasi dari sejumlah pihak yang memaparkan bagaimana vaksin Sinovac ini penting dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19. Hingga 24 Februari 2021, terhitung sudah 3.006 warga lansia dari Jakarta Utara yang telah disuntikkan vaksin Sinovac.

Konfirmasi jumlah lansia di Jakarta Utara yang sudah menerima vaksin ini disampaikan langsung oleh Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati, ia menyebut sudah ada ribuan warga di wilayahnya yang telah menerima vaksin COVID-19. Di mana lokasi vaksinasinya sendiri dilakukan di 11 fasilitas kesehatan di enam kecamatan di Jakarta Utara.

Ribuan Lansia di Jakarta Utara Telah Disuntikkan Vaksin COVID -19.jpg

Terkait efek samping pasca-penyuntikan vaksin Sinovac, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara sendiri belum mendapatkan laporan terjadinya efek yang berat. “Laporan yang masuk hanya ada beberapa peserta yang merasakan efek ringan saja seperti pegal pada lengan. Selebihnya masih terpantau aman,” ujar Yudi, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (25/2/2021).

[Baca Juga: Izin Penggunaan Darurat Vaksin COVID-19 Sinovac Tetap Harus Diikuti dengan 3M]

Pemkot Jakarta Utara memandang proses vaksinasi COVID-19 untuk lansia berjalan dengan baik apalagi dari sisi antrean yang harus memastikan sesuai dengan protokol kesehatan. Menurut Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, antrean di fasilitas kesehatan yang menjadi lokasi penyuntikkan vaksin terbilang terkendali walau pihaknya harus terus melakukan evaluasi agar tak terjadi “bentrokan” jadwal antara warga yang mendaftar secara daring dan manual.

Orang nomor satu di Jakarta Utara itu memang sempat turun ke lapangan untuk langsung meninjau proses vaksinasi COVID-19 untuk lansia. Seperti yang terlihat pada 24 Februari 2021 ketika Ali mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pademangan. Saat berada di lokasi, ia mendeskripsikan antrean di sini masih terkendali dan Ali memang memastikan ada koordinasi antara Pemkot Jakarta Utara, camat, lurah, serta penanggung jawab di fasilitas kesehatan yang menjadi lokasi vaksinasi. Hal ini guna memastikan Ketua RT dan RW di masing-masing wilayahnya memiliki data calon peserta vaksinasi yang daftar secara manual dan daring.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.