Ribuan Pelajar di Jakarta Selatan Ikut Sosialisasi Gemarikan

Pendidikan

Ribuan Pelajar di Jakarta Selatan Ikut Sosialisasi Gemarikan

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan terus mengampanyekan dukungan terhadap program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia yang dinamakan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan atau GEMARIKAN. Kali ini, program yang digelar untuk meningkatkan konsumsi ikan tersebut diadakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Ada ribuan pelajar SD dari Kecamatan Cilandak yang turut hadir dalam sosialisasi GEMARIKAN tersebut.

Sekadar informasi, kampanye GEMARIKAN sudah dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan dari beberapa tahun yang lalu. Kampanye ini ditujukan untuk mengupayakan meningkatkan minat masyarakat Indonesia dalam menjadi ikan sebagai sumber protein utama mereka. Apalagi ikan memiliki gizi, mineral, nutrisi, dan vitamin yang baik untuk kesehatan otak serta jantung sehingga sangat baik untuk pertumbuhan anak.

Ribuan Pelajar di Jakarta Selatan Ikut Sosialisasi Gemarikan

Sebagaimana dilansir dari dari selatan.jakarta.go.id (26/7/2019), Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Joko Sugiarto menjelaskan, kegiatan ini diadakan di momen Hari Anak Nasional. Pasalnya, momen ini tepat untuk mendorong untuk para pelajar mau meningkatkan pola konsumsi makan ikannya demi meningkatkan gizi mereka semenjak usia dini.

“Kami harapkan kampanye gerakan ini bisa terus diterapkan di sekolah dalam mencapai generasi yang cerdas dengan mengonsumsi ikan," ucap Joko Sugiarto. Ribuan pelajar pun secara antusias mengikuti sosialisasi GEMARIKAN tersebut.

[Baca Juga: 6 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan]

Kepala Seksi Perikanan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan Fitri Desfandiari menuturkan, kegiatan ini merupakan kali ketiganya kampanye GEMARIKAN didakan di wilayah. Di mana sebelumnya diadakan di Kecamatan Kebayoran Baru dan Kecamatan Pancoran.

“Saat ini totalnya ada 4.200 anak. Sudin KPKP Jakarta Selatan menargetkan sebanyak 13 ribu orang anak atau siswa diberikan sosialisasi, edukasi, dan penambahan gizi melalui kegiatan GEMARIKAN,” ujar Fitri.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Jakpus Serukan Makan Ikan untuk Cegah Stunting]

Sebelum sosialisasi di SDN 03 Pondok Labu, pada 18 Juli 2019, Pemkot Jakarta Selatan juga sudah mengadakan acara serupa yang dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali. Ia menyebut, GEMARIKAN sangat bagus karena tujuan dari kampanye ini adalah sebagai wadah sosialisasi mengenai pentingnya konsumsi ikan kepada masyarakat.

Sebagaimana dilansir dari poskotanews.com (26/7/2019), saat itu Marullah juga menjelaskan, tantangan dalam kampanye GEMARIKAN adalah agar ibu dan guru juga turut mensosialisasikan mengenai peningkatan konsumsi ikan kepada para pelajar dan buah hatinya. “Ikan itu proteinnya sangat tinggi, makanan ini harus terus dikampanyekan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.