Ribuan Pengurus Masjid Ikut Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Berita Kawasan

Ribuan Pengurus Masjid Ikut Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Dalam proses penyembelihan hewan kurban di momen Iduladha sebenarnya terdapat syarat yang perlu dipenuhi para pengurus masjid. Demi memastikan syarat tersebut berjalan sesuai dengan syariat Islam, maka pelatihan mengenai tata cara pemotongan hewan kurban pun digelar dengan mengundang ribuan pengelola masjid se-DKI Jakarta. Kegiatan ini turut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyerahkan sertifikat kepada para peserta pelatihan.

Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Serba Guna Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta di Jakarta Islamic Center Jakarta Utara pada 30 Juli 2019. Pelatihan tata cara pemotongan hewan kurban ini dihadiri sekitar 1.110 pengelola masjid dari 1.001 masjid yang tersebar di Ibu Kota. Anies pun menyebut, dengan pelatihan ini maka para pengurus masjid dalam menjadi juru sembelih halal pada Iduladha 1440 H.

Ribuan Pengurus Masjid Ikut Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

“Hari ini, kami memberikan sertifikat untuk para pengurus masjid yang akan bertugas saat pelaksanaan Iduladha 1440 H. Dengan adanya sertifikat pelatihan penyembelihan hewan ini bisa dikatakan mereka adalah petugas terampil, handal, dan profesional,” ucap Anies pada pelatihan itu, sebagaimana dilansir dari utara.jakarta.go.id (31/7/2019).

[Baca Juga: Ini Harga Hewan Kurban di Kawasan Pasar Radio Dalam]

Dalam memastikan pelatihan tersebut sudah menggunakan metode yang tepat, kegiatan ini juga dibantu Institut Pertanian Bogor yang turut memberikan uji kompetensi terhadap ribuan pengurus masjid tersebut. Setelah melewati pelatihan dan lolos ujian, ribuan pengurus masjid se-DKI Jakarta itu pun menerima sertifikat yang memastikan mereka merupakan juru sembelih halal.

Sekadar informasi, penentuan seseorang menjadi juru sembelih halal sendiri sebenarnya terdapat syarat-syarat yang harus dimiliki. Sebagaimana dilansir dari poultryindonesia.com (31/7/2019), seorang juru sembelih halal harus mampu menyembelih hewan dengan cepat agar tidak menimbulkan kesakitan yang berlebihan. Selain itu, ia juga harus berstatus sebagai Muslim, dewasa, serta sehat jasmani dan rohani. Pada proses penyembelihannya, ia juga tidak boleh lupa mengucapkan bismillah.

[Baca Juga: DKP Pastikan Hewan Kurban Sehat Sampai Iduladha]

Pada momen pelatihan tata cara penyembelihan hewan kurban tersebut, Gubernur DKI Jakarta juga kembali melakukan imbauan mengenai pembungkusan daging kurban. Anies mengajak para pengurus masjid di Iduladha 1440 H ini agar menghindari menggunakan plastik sebagai wadah penyimpanan daging kurban. Ia menyarankan agar wadah yang dipilih adalah wadah yang mudah didaur ulang seperti besek dari bambu.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.