Ribuan Peserta UTBK Kota Surabaya Ikuti Rapid Test COVID-19.jpg

Pendidikan

Ribuan Peserta UTBK Kota Surabaya Ikuti Rapid Test COVID-19

Sejak awal Juli 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan layanan rapid test COVID-19 gratis di puskesmas yang tersebar di Kota Pahlawan untuk para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2020 yang kurang mampu. Setelah pekan lalu diikuti 700-an peserta UTBK Kota Surabaya, saat ini terhitung sudah ada lebih dari 1.287 calon mahasiswa yang memanfaatkan layanan ini. Walau sempat ada yang memunculkan hasil reaktif, tapi semua peserta UTBK dinyatakan negatif COVID-19 setelah tes lanjutan.

Digelar layanan rapid test COVID-19 gratis ini tidak terlepas dari syarat mengikuti UTBK 2020 yang mengharuskan pesertanya memiliki surat keterangan bebas dari penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu. Demi membantu warga Surabaya yang kurang mampu dan ingin menjadi calon mahasiswa, layanan rapid test pun digelar sejak 3 Juli 2020.

Pihak Pemkot Surabaya sendiri sudah memiliki syarat-syarat untuk warganya yang ingin mengikuti rapid test COVID-19 ini. Dengan pada dasarnya adalah Anda harus memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) dan masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR dengan kuotanya adalah 10.000 warga Surabaya.

Ribuan Peserta UTBK Kota Surabaya Ikuti Rapid Test COVID-19 .jpg

Menurut Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Febria Rachmanita, pihaknya sudah memiliki angka total berapa peserta UTBK yang memanfaatkan layanan rapid test COVID-19, yakni sekitar 1.287 orang. “Kemarin hari terakhir. Untuk kemarin ada sekitar 206 orang calon mahasiswa. Reaktifnya ada empat orang,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (9/7/2020).

Menurut Febri, dari ribuan peserta UTBK 2020 yang mengikuti rapid test COVID-19 yang disediakan Pemkot Surabaya ada sekitar 56 orang yang memunculkan hasil reaktif. Kemudian para calon mahasiswa itu langsung diajak untuk mengikuti tes swab dan dilanjutkan dibawa ke salah satu hotel di Kota Pahlawan untuk menjalani isolasi mendari sambil menunggu hasil dari tes swab sekaligus kembali belajar untuk mempersiapkan UTBK 2020.

Hasil dari 56 peserta UTBK yang reaktif itu pun sudah keluar dan mereka semua dinyatakan negatif tidak terinfeksi COVID-19. Rencananya mereka akan mengikuti ujian UTBK 2020 Surabaya gelombang kedua yang nantinya digelar pada 20 Juli 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.