Ribuan Peserta UTBK Kota Surabaya Ikuti Rapid Test COVID-19.jpg

Pendidikan

Ribuan Peserta UTBK Kota Surabaya Ikuti Rapid Test COVID-19

Sejak awal Juli 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan layanan rapid test COVID-19 gratis di puskesmas yang tersebar di Kota Pahlawan untuk para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2020 yang kurang mampu. Setelah pekan lalu diikuti 700-an peserta UTBK Kota Surabaya, saat ini terhitung sudah ada lebih dari 1.287 calon mahasiswa yang memanfaatkan layanan ini. Walau sempat ada yang memunculkan hasil reaktif, tapi semua peserta UTBK dinyatakan negatif COVID-19 setelah tes lanjutan.

Digelar layanan rapid test COVID-19 gratis ini tidak terlepas dari syarat mengikuti UTBK 2020 yang mengharuskan pesertanya memiliki surat keterangan bebas dari penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu. Demi membantu warga Surabaya yang kurang mampu dan ingin menjadi calon mahasiswa, layanan rapid test pun digelar sejak 3 Juli 2020.

Pihak Pemkot Surabaya sendiri sudah memiliki syarat-syarat untuk warganya yang ingin mengikuti rapid test COVID-19 ini. Dengan pada dasarnya adalah Anda harus memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) dan masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR dengan kuotanya adalah 10.000 warga Surabaya.

Ribuan Peserta UTBK Kota Surabaya Ikuti Rapid Test COVID-19 .jpg

Menurut Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Febria Rachmanita, pihaknya sudah memiliki angka total berapa peserta UTBK yang memanfaatkan layanan rapid test COVID-19, yakni sekitar 1.287 orang. “Kemarin hari terakhir. Untuk kemarin ada sekitar 206 orang calon mahasiswa. Reaktifnya ada empat orang,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (9/7/2020).

Menurut Febri, dari ribuan peserta UTBK 2020 yang mengikuti rapid test COVID-19 yang disediakan Pemkot Surabaya ada sekitar 56 orang yang memunculkan hasil reaktif. Kemudian para calon mahasiswa itu langsung diajak untuk mengikuti tes swab dan dilanjutkan dibawa ke salah satu hotel di Kota Pahlawan untuk menjalani isolasi mendari sambil menunggu hasil dari tes swab sekaligus kembali belajar untuk mempersiapkan UTBK 2020.

Hasil dari 56 peserta UTBK yang reaktif itu pun sudah keluar dan mereka semua dinyatakan negatif tidak terinfeksi COVID-19. Rencananya mereka akan mengikuti ujian UTBK 2020 Surabaya gelombang kedua yang nantinya digelar pada 20 Juli 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.