Ribuan Sukarelawan Kabupaten Bekasi Lacak Kasus COVID-19 Tingkat RT

Berita Kawasan

Ribuan Sukarelawan Kabupaten Bekasi Lacak Kasus COVID-19 Tingkat RT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memperketat pengawasan serta pelacakan COVID-19 hingga tingkat RT dan RW selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM skala mikro, 9-22 Februari 2021. Posko terpadu berbasis komunitas di setiap desa dan kelurahan menjadi garis depan efektivitas kebijakan ini. Sebanyak 187 personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dilibatkan dalam PPKM skala mikro ini. Mereka bersama aparatur RT dan RW bersama-sama memastikan pelacakan di lingkungan terkecil mereka.

”Bhabinkamtibmas menjadi tracer (tim pelacak) pasien COVID-19 di 179 desa dan 8 kelurahan. Mereka memberdayakan komunitas di tingkat RT. Setiap RT minimal satu orang sukarelawan untuk menjadi tracer. Totalnya, lebih kurang ada 8.000 tracer sukarelawan,” ujar Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi sekaligus Wakil Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan seperti diberitakan kompas.id (14/2/2021).

Ribuan Sukarelawan Kabupaten Bekasi Lacak Kasus COVID-19 Tingkat RT

Saat ini, Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi sedang menyosialisasikan dan melatih para sukarelawan menjadi tim pelacak kontak erat di lingkungan masing-masing. Para sukarelawan itu akan mendata setiap orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Selain itu, mendata detail, termasuk alamat dan nomor telepon seluruh kontak erat pasien tersebut ke dalam aplikasi khusus.

[Baca Juga: Anjing Pelacak di Jerman Berpotensi Besar Bisa Deteksi COVID-19]

Dari data tersebut, seluruh kontak erat akan mendapat pemberitahuan melalui pesan Whatsapp atau pesan singkat. Pesan itu mengabarkan bahwa mereka merupakan kontak erat pasien positif COVID-19. Mereka diminta segera mengisolasi diri dan memeriksakan diri di posko terpadu COVID-19 yang tersedia di setiap desa dan kelurahan. ”Pelayanan di posko tersebut komprehensif dan komplet di setiap desa. Di sana warga bisa melakukan tes, pendataan donor plasma, dan penggerak tim tracer di setiap RT,” tutur Hendra.

Pengawasan Lebih Rinci

Kebijakan ini bertujuan melacak kasus COVID-19 secara cepat dan membatasi mobilitas warga hingga tingkat RT. Pemantauan di tingkat RT ini juga membuat pendataan lebih rinci sebagai pertimbangan untuk kebijakan lanjutan.

Hendra mengatakan, setiap RT yang dipantau akan dikategorikan menjadi zona-zona sesuai tingkat kerawanan kasus COVID-19. Zona hijau disematkan pada RT yang tidak memiliki kasus COVID-19 sama sekali. Zona kuning merupakan wilayah RT yang memiliki 1-5 kasus positif COVID-19. Adapun zona oranye adalah RT yang memiliki 6-10 kasus positif COVID-19. Terakhir, zona merah merupakan wilayah RT yang memiliki kasus COVID-19 di atas 10 kasus.

”Jadi, Bhabinkamtibmas harus paham zona. Kalau zona merah perlakuannya seperti apa, begitu pula zona kuning, hijau, atau oranye. Makanya di setiap posko itu ada zonasi setiap RT,” katanya.

Ribuan Sukarelawan Kabupaten Bekasi Lacak Kasus COVID-19 Tingkat RT

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainarti mengatakan, PPKM mikro ini diharapkan mampu memantau kasus lebih rinci. Skema yang dibuat dalam PPKM mikro ini juga diharapkan mengoptimalkan 3M dan 3T. Sebab, selama ini Kabupaten Bekasi masih terkungkung di zona merah penularan COVID-19.

Data Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi, hingga Minggu, akumulasi kasus COVID-19 di Kabupaten Bekasi mencapai 16.369 kasus. Rinciannya, 873 kasus masih dirawat, 15.278 kasus sembuh, dan 218 kasus meninggal. ”Setiap posko terpadu di setiap desa itu terintegrasi dengan sukarelawan di tingkat RT. Dengan demikian, testing, tracing, dan treatment (3T) bisa dimaksimalkan di tingkat desa, RW, dan RT,” tutup Sri Enny.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.