Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

Pada prosesnya, pengembangan konsep kota cerdas (smart city) telah banyak dimanfaatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam berbagai aspek guna meningkatkan pelayan publik. Termasuk juga, dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Kini warga tidak perlu lagi risau bakal kerepotan untuk bolak-balik ke kantor Kelurahan, Kecamatan dan Dukcapil. Pasalnya, Pemprov DKI Jakarta, telah memiliki Alpukat Betawi. Apa itu?

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dhany Sukma, sebagaimana dilansir beritajakarta.id (18/2/2020), Akses Langsung Pelayanan Dokumen Cepat dan Akurat (Alpukat Betawi) dihadirkan Pemprov DKI Jakarta untuk memudahkan proses layanan pendaftaran kependudukan secara daring atau dalam jaringan.

“Dengan aplikasi ini penduduk dapat mengajukan permohonan, penjadwalan, dan memonitor progresnya. Aplikasi ini memberi banyak manfaat, kemudahan serta efisien,” jelas Dhany.

[Baca Juga: Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan]

Dia menambahkan, ada pun jenis layanan yang bisa dilakukan antara lain, pelayanan pencetakan KTP-el), Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak. Sehingga, layanan untuk perubahan elemen data seperti status perkawinan, pekerjaan, tingkat pendidikan, input data kelahiran, golongan darah dan agama, bisa langsung diajukan melalui aplikasi ini.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan

Dia menegaskan, warga juga tidak perlu ada kekhawatiran saat penggunannya. Pasalnya, lewat aplikasi ini juga bisa dilakukan komunikasi dua arah antara warga pengaju permohonan dengan petugas layanan. “Alpukat Betawi juga memuat layanan arsip dokumen administrasi kependudukan mencakup duplikat dan legalisir akta perkawinan, kelahiran dan kematian,” jelasnya.

Soal animo masyarakat, Dhany menilai cukup baik. Buktinya, sejak diluncurkan hingga hari ini tercatat sudah ada 8.935 warga Jakarta yang telah terdaftar sebagai pengguna aplikasi aktif. Bagi warga yang belum, diimbau untuk segera memanfaatkan aplikasi ini demi efisiensi.

[Baca Juga: Disdukcapil Kebut Pencetakan KTP-el Warga Bekasi]

Caranya? Cukup mudah, warga hanya perlu mengunduhnya dari Play Store Android, kemudian registrasi dan konfirmasi begitu muncul notifikasi pendaftaran melalui layanan pesan singkat (SMS). Terakhir, setelah semua urutan tersebut dilalui, maka warga bisa langsung log-in di Alpukat Betawi dan menggunakan berbagai layanan yang tersedia. Selamat mencoba, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88,net rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>