IMG_08112021_100449_(1100_x_600_piksel).jpg

Kecantikan dan Fashion

Rida Isnani Dapat Cuan dari Bisnis Menjahit Baju

Peluang bisnis jasa menjadi cukup baik, bila kita mempunyai keterampilan lebih. Saat ini, ada peluang yang cukup baik untuk Anda yang ingin mendapatkan pemasukan dengan menjalankan bisnis jasa jahit pakaian.

Bisnis ini masih memiliki peluang yang sangat cerah dan besar. Target pasarnya pun luas, dari mulai anak-anak hingga orang tua. Selain itu, karya-karya fashion terbaik salah satunya juga tercipta dari para penjahit ini.

Seperti yang dilakukan oleh Rida Isnani, salah satu penjahit fashion di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Dari tangan wanita ini, banyak tercipta karya-karya busana melalui jahitan.

IMG-20211108-WA0001.jpg

Dengan Brand Penjahit Asal Siantar (PAS), wanita berusia 32 tahun ini bercerita memulai usaha jahitnya sejak tahun 2018. "Awalnya dulu lebih ke hobi sebenernya. Senang aja gitu menjahit, bisa buat baju untuk sendiri. Namun akhirnya sekarang untuk cari penghasilan," katanya kepada PingPoint.co.id, (8/11/2021).

Sadar profesinya bisa menghasilkan income yang lumayan, Rida pada tahun 2019 bergabung di komunitas Rumah Kawan Bunda (RKB) yang merupakan wadah pelaku UMKM perempuan di Sumut.

"Usai bergabung di RKB, saya bisa mengenal banyak orang. Dan saya juga bisa belajar digital marketing. Dan bisa memasarkan produk-produk jahitan saya di media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya," katanya.

Rida menyebut, berbagai karya jahitannya antara lain membuat baju pesta, muslimah, gaun pernikahan gaun bridesmaid, acara wisuda dan sebagainya.

"Karya saya memproduksi gaun-gaun muslimah, seragam gaun bridesmaid, gaun anak, baju pengantin, kebaya dan lain-lain untuk di jual. Alhamdulillah bisa menghasil kan cuan tanpa harus keluar rumah ninggalin anak," tandasnya.

Walaupun sudah kebanjiran orderan. Namun Rida menyebut, sempat mengalami penurunan orderan akibat pandemi COVID-19. Bahkan, dia mengatakan pesanan baju di tempat usahanya anjlok hingga 80 persen.

"Sempat terdampak juga karena pandemi. Pesanan jahitan menurun drastis. Tapi saya mensiasati dengan memproduksi masker kain, supaya bisa tertolong," katanya.

Untuk harga jahit sendiri. Rida mematok harga Rp100.000-an tergantung model baju yang diinginkan konsumen. Untuk bahan kata Rida, ada bahan yang langsung dibawa pelanggan dan ada juga yang langsung mereka sediakan.

IMG-20211108-WA0002.jpg

"Alhamdulillah, bisnis menjahit ini menjanjikan untuk saya sebagai ibu rumah tangga," ujarnya.

Untuk konsumen yang ingin menggunakan jasa jahitnya kata Rida dapat langsung datang ke tempat usahanya Penjahit Asal Siantar di Jalan Siak, Gang Pokat, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Untuk pemasaran produk, Rida mengaku meng-handle sendiri melalui sosial media. Ia mengaku tidak percaya produknya segera diterima masyarakat. Pesanan mulai berdatangan saat foto produk terbaru diunggah di sosmed baik Facebook maupun Instagram.

"Yang pastinya usaha penjahit busana ini sangat menjanjikan dan sangat efisien dilakukan Ibu rumah tangga tanpa harus meninggalkan anak, karena bisa dilakukan di dalam rumah saja," pungkasnya.


Read More

Penjahit Asal Siantar

Penjahit baju

None
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.