Ridwan Kamil Siapkan Sanksi Jelang Rencana Penerapan New Normal

Berita Kawasan

Ridwan Kamil Siapkan Sanksi Jelang Rencana Penerapan New Normal

Wacana penerapan new normal terus bergulir jelang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat pada tanggal 29 Mei 2020. Baru-baru ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana akan menerapkan kebijakan new normal mulai 1 Juni 2020.

Kebijakan new normal sendiri dapat diartikan sebagai skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 tanpa mengesampingkan aspek sosial-ekonomi. Nantinya kata Emil, semua pusat perekonomian bisa beroperasi kembali dengan aturan dan protokol kesehatan yang ketat.

[Baca Juga: Mal di Kota Bandung Siap Kembali Dibuka. Apa Syaratnya?]

Untuk itu, Emil pun tengah menyiapkan sanksi bagi para pelanggar ketika kebijakan new normal resmi diterapkan. Adapun sanksinya berupa denda kepada pribadi maupun pelaku kegiatan ekonomi. Namun besarannya masih belum ditentukan.

“Ya sama kalau dulu istilahnya kita sudah lewat masa hanya mengimbau, masuklah kategori denda. Ini denda sudah dilakukan di beberapa tempat. Denda kepada pribadi maupun denda kepada pemilik toko. Itu yang penting harus ada surat pernyataan supaya nanti kalau melanggar bisa ditutup karena dia tidak patuh. Nominalnya nanti kita sosialisasikan,” ujar Emil.

Ridwan Kamil Siapkan Sanksi Jelang Rencana Penerapan New Normal

Rencana diterapkannnya kebijkan new normal di Jawa Barat kata Emil, didasari dari hasil evaluasi pelaksanaan PSBB yang mencatat bahwa reproduksi COVID-19 di Jawa Barat berada di angka 1,09. Angka tersebut menurut standar World Health Organization (WHO) dianggap aman terkendali dari penyebaran COVID-19

“Dalam standar World Helath Organization (WHO) angka satu itu bisa dianggap terkendali, makin kecil di nol koma lebih baik. Nah kita akan fokus menjaga ini selama 14 hari ke depan, jadi sudah satu Minggu rasionya di angka satu dan mudah-mudahan satu Minggu lagi tetap di angka satu sehingga bisa dalam kategori terkendali,” ucapnya.

[Baca Juga: Lanjut PSBB, Kota Bogor Juga Siapkan Aturan New Normal]

Emil mengingatkan kepada masyarakat bahwa kebijakan new normal ini bukanlah suatu pelonggaran atau relaksasi di masa pandemi. Menurutnya hal ini sama dengan beradaptasi terhadap situasi hingga ditemukan obat atau vaksin bagi COVID-19. Hal itu tentunya juga harus didukung dengan kedisiplinan masyarakat untuk menaati peraturan yang berlaku.

“Nah, apa yang diadaptasi? Pelan-pelan bertahap kegiatan ekonomi akan dibuka tapi dengan cara baru,” tambahnya.

Untuk menyukseskan kebijakan tersebut, nantinya Pemprov Jabar akan dibantu oleh aparat kepolisian, TNI dan juga Satpol PP dalam menindak tegas para pelanggar. Penindakan terhadap para pelanggar protokol new normal pun akan dilakukan secara persuasif berdasar standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.