Roadshow Festival Vokasi Teman Disabilitas Berakhir di Jakarta

Berita Kawasan

Roadshow Festival Vokasi Teman Disabilitas Berakhir di Jakarta

Rangkaian roadshow Festival Vokasi Teman Disabilitas berakhir di Jakarta pada tanggal 13 April 2019. Festival untuk para disabilitas ini digelar ThisAble Enterprise di sepuluh kota yang dimulai sejak 14 Maret 2019. Kota pertama dalam roadshow Festival Vokasi Teman Disabilitas adalah Surabaya, kemudian dilanjutkan di Malang, Solo, Yogyakarta, Kebumen, Bandung, Semarang, Cirebon, Bekasi, dan Jakarta.

Rangkaian akhir dalam Festival Vokasi Teman Disabilitas di Jakarta berlangsung di Assembly Hall Menara Mandiri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sekitar 400 teman disabilitas hadir untuk mengikuti berbagai pelatihan keterampilan yang bisa dipilih sesuai minat dan kemampuan yang dimilikinya. Pelatihan keterampilan yang diselenggarakan dalam Festival Vokasi Teman Disabilitas antara lain keterampilan komunikasi, kebersihan, pijat, cuci motor, pemahaman keuangan, penjualan barang serta produk, contact center dan keterampilan housekeeping.

Roadshow Festival Vokasi Teman Disabilitas Berakhir di Jakarta

Pelatihan yang diadakan dalam Festival Vokasi ini dilakukan para trainer yang juga merupakan penyandang disabilitas. Namun, trainer yang memberikan pelatihan dipilih sesuai dengan pekerjaan yang telah dijalani, seperti untuk pelatihan keterampilan pijat diajarkan Sumadi yang merupakan mitra Go-Massage. Bahkan, sebagaimana dikatakan pendiri ThisAble Enterprise Angkie Yudistia kepada PingPoint.co.id (12/4/2019), Usmayadi meraih penghargaan sebagai mitra terbaik di Go-Massage dalam ajang Gojek Award yang digelar 10 April 2019.

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

Saat acara Festival Vokasi berlangsung, Usmayadi mengatakan, pengalamannya selama menjadi mitra Go-Massage sangat menyenangkan. Dia melakukan pekerjaannya sebagai mitra Go-Massage sebaik mungkin untuk memuaskan customer. Meskipun Sumadi memiliki keterbatasan dalam penglihatan, dia mampu menunjukkan bisa menjadi yang terbaik karena melakukan pekerjaannya dengan sigap sehingga mendapat predikat mitra terbaik.

Festival yang mengusung tema Bersatu untuk Berdaya ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas agar mendapatkan pekerjaan. Acara yang dimulai pukul 11.00 hingga 16.00 ini diikuti para peserta pelatihan dengan antusias yang tinggi.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

Salah satu penyandang disabilitas yang hadir dalam Festival Vokasi di Jakarta bernama Margo mengatakan kepada tim PingPoint.co.id (13/4/2019), dia bersemangat untuk datang ke acara ini meskipun harus melewati kemacetan karena bersamaan dengan kampanye calon presiden.

“Saya tadi kesini 2,5 jam diperjalanan. Tadi sempet khawatir bakal telat, masih bisa ikut pelatihan atau enggak. Tapi setelah saya konfirmasi ke panitia, syukurnya masih boleh masuk walaupun datangnya lewat dari jam 11,”, ujar Margo.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning Pemandu Disabilitas]

Selain diadakannya berbagai pelatihan keterampilan untuk mendapatkan peluang kerja, para peserta juga diberi sertifikat keterampilan dan mendapatkan hadiah bagi peserta yang aktif dari masing-masing pelatihan dalam Festival Vokasi Teman Disabilitas di Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.