Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Berita Kawasan

Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Dalam sepekan terakhir, warga Depok mengeluhkan kondisi lalu lintas di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoran Mas. Pasalnya, kemacetan kerap kali terjadi di sini akibat Jembatan Mampang Depok yang mendadak roboh pada 28 Juni 2019. Ambrolnya jembatan ini memicu munculnya lubang besar yang saat ini sudah ditutupi garis pembatas dan kerucut lalu lintas atau traffic cone. Pemerintah Kota Depok menyebut, perbaikan jembatan ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

Belum diketahui pasti penyebab robohnya Jembatan Mampang Depok. Namun sebagaimana dilansir dari metro.tempo.co (3/7/2019), ambrolnya jembatan ini disinyalir dicipu oleh mobil truk tangki pengangkut bahan bakar minyak yang melewati jalan di jembatan itu pada Kamis malam (28/6/2019). Insiden ini pun akhirnya memicu kemacetan lalu lintas di sekitar Jembatan Mampang Depok.

Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Pasca-robohnya jembatan tersebut, Pemerintah Kota Depok pun langsung melakukan peninjauan lokasi. Pada pekan lalu, Wali Kota Depok Mohammad Idris sudah memberikan instruksi kepada Dinas Perhubungan (Dishub) untuk membantu menguraikan kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Depok Anto Topani pada Senin (1/7/2019) menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang diterapkan di area dekat Jembatan Mampang Depok menggunakan sistem buka tutup. Sistem ini diterapkan atas kerjasama Dishub Kota Depok dan anggota kepolisian setempat. “Dishub Depok menerapkan sistem buka tutup, baik dari arah Sawangan ke Dewi Sartika. Begitu pun sebaliknya,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari depok.go.id.

Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Terkait perbaikannya, Wali Kota Depok meminta warganya untuk bersabar mengingat Jembatan Mampang Depok memiliki status jalan nasional. Di mana Pemerintah Kota Depok harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membahas mengenai proyek perbaikannya. Namun Mohammad Idris telah memiliki perkiraan kapan perbaikan jembatan itu rampung.

[Baca Juga: Kisah Makam Pejuang Bangsa di Hutan Kota UI Depok]

“Karena kewenangannya ada di pemerintah pusat, maka pengerjaan sudah kami serahkan ke mereka. Selama tiga bulan juga akan ada buka tutup jalan. Yang jelas kami meminta agar jembatan dibangun permanen seperti semula. Tetap, semua kembali lagi ke pemerintah pusat, wewenang dan otoritas ada di mereka,” ucap Wali Kota Depok tersebut. Ia menambahkan, pihaknya saat ini masih terus melakukan evaluasi demi mencari penyebab pasti yang memicu robohnya Jembatan Mampang Depok.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.