Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Berita Kawasan

Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Dalam sepekan terakhir, warga Depok mengeluhkan kondisi lalu lintas di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoran Mas. Pasalnya, kemacetan kerap kali terjadi di sini akibat Jembatan Mampang Depok yang mendadak roboh pada 28 Juni 2019. Ambrolnya jembatan ini memicu munculnya lubang besar yang saat ini sudah ditutupi garis pembatas dan kerucut lalu lintas atau traffic cone. Pemerintah Kota Depok menyebut, perbaikan jembatan ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

Belum diketahui pasti penyebab robohnya Jembatan Mampang Depok. Namun sebagaimana dilansir dari metro.tempo.co (3/7/2019), ambrolnya jembatan ini disinyalir dicipu oleh mobil truk tangki pengangkut bahan bakar minyak yang melewati jalan di jembatan itu pada Kamis malam (28/6/2019). Insiden ini pun akhirnya memicu kemacetan lalu lintas di sekitar Jembatan Mampang Depok.

Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Pasca-robohnya jembatan tersebut, Pemerintah Kota Depok pun langsung melakukan peninjauan lokasi. Pada pekan lalu, Wali Kota Depok Mohammad Idris sudah memberikan instruksi kepada Dinas Perhubungan (Dishub) untuk membantu menguraikan kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Depok Anto Topani pada Senin (1/7/2019) menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang diterapkan di area dekat Jembatan Mampang Depok menggunakan sistem buka tutup. Sistem ini diterapkan atas kerjasama Dishub Kota Depok dan anggota kepolisian setempat. “Dishub Depok menerapkan sistem buka tutup, baik dari arah Sawangan ke Dewi Sartika. Begitu pun sebaliknya,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari depok.go.id.

Roboh, Jembatan Mampang Depok Butuh Perbaikan Selama Tiga Bulan

Terkait perbaikannya, Wali Kota Depok meminta warganya untuk bersabar mengingat Jembatan Mampang Depok memiliki status jalan nasional. Di mana Pemerintah Kota Depok harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membahas mengenai proyek perbaikannya. Namun Mohammad Idris telah memiliki perkiraan kapan perbaikan jembatan itu rampung.

[Baca Juga: Kisah Makam Pejuang Bangsa di Hutan Kota UI Depok]

“Karena kewenangannya ada di pemerintah pusat, maka pengerjaan sudah kami serahkan ke mereka. Selama tiga bulan juga akan ada buka tutup jalan. Yang jelas kami meminta agar jembatan dibangun permanen seperti semula. Tetap, semua kembali lagi ke pemerintah pusat, wewenang dan otoritas ada di mereka,” ucap Wali Kota Depok tersebut. Ia menambahkan, pihaknya saat ini masih terus melakukan evaluasi demi mencari penyebab pasti yang memicu robohnya Jembatan Mampang Depok.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.