Roche dan 1000 Days Fund Dirikan Stunting Center of Excellence Didirikan.jpg

Kesehatan

Roche dan 1000 Days Fund Dirikan Stunting Center of Excellence

Walau di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk mengejar targetnya dalam menekan stunting di Tanah Air. Karena berdasarkan data dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) dari sejak tahun 2013 hingga 2019 terjadi tren penurunan kasus stunting di Indonesia. Namun sampai tahun 2019 masih ada 27,7% balita yang mengalami stunting dan untuk batita lebih tinggi lagi, yakni sekitar 30 persen. Jadi walau angka prevalensi stunting menurun tapi jumlahnya masih terbilang tinggi. Inilah yang semakin memicu kolaborasi Roche dan 1000 Days Fund dalam mendukung usaha pemerintah terkait penanganan stunting.

Realisasi dukungan itu adalah dalam bentuk Stunting Center of Excellence. Digandengnya 1000 Days Fund oleh perusahaan Roche tak terlepas dari upaya yayasan ini dalam membantu upaya mengentaskan stunting di 26 pulau yang tersebar di Indonesia. Di mana 1000 Days Fund sejak didirikan dari tahun 2018 telah melatih ratusan kader kesehatan mengenai berbagai pengetahuan baru yang berhubungan dengan stunting dan tak lupa juga menyebarkan lebih dari 42.000 poster pintar tinggi badan.

Roche dan 1000 Days Fund Dirikan Stunting Center of Excellence Didirika n.jpg

“Jadi tujuan kita dari 1000 Days mau memastikan setiap ibu harus harus tahu apa itu stunting, bahayanya, dan pencegahannya,” ujar Deputy Director 1000 Days Fund Jessica Arawinda dalam diskusi peluncuran Stunting Center of Excellence sebagai sebuah Kemitraan Multisektor untuk Percepatan Penurunan Stunting melalui Zoom (21/20/2020).

“Ketika berbicara tentang di mana 1000 Days dalam Strategi Nasional, 1000 Days berpikir bahwa kontribusi pada penurunan angka stunting ini seperti menggambar harimau.Mungkin BKKBN menggambar luriknya kemudian Kemenkes menggambar bagian yang lain, 1000 Days berperan di bagian komunikasi dan media atau tools,” sambungnya

[Baca Juga: 1000 Day Funding Bagikan 12.000 Poster Tinggi Badan untuk Cegah Stunting]

Stunting Center of Excellence sendiri didirikan Roche dan 1000 Days Fund di kawasan Nusa Tenggara Timur dan pemilihan wilayah ini tak terlepas dari kondisi NTT yang memiliki lebih dari 40 persen populasi balita yang mengalami stunting. Sehingga setidaknya ada lebih dari 270 ribu anak di bawah usia 5 tahun yang terkena stunting akibat masalah keamanan pangan, kurangnya keragaman pangan, dan penyakit yang berulang.

“Dalam kondisi dunia yang serba tidak pasti saat ini, kami memahami kebutuhan akan adanya kegiatan filantropi yang bermakna serta kontribusi dari sektor swasta untuk membantu mitra-mitranya yang berada di lini terdepan dalam memperjuangkan prioritas kesehatan masyarakat seperti stunting,” sebut Presiden Direktur Roche Indonesia Dr. Ait-Allah Mejri.

[Baca Juga: Selain Asupan Gizi, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Mengenai Stunting]

Stunting Center of Excellence ini dirancang untuk menjangkau 21 puskesmas dengan target 100.000 ibu-anak. Di mana di sini akan dijadikan pusat distribusi teknologi dan pelatihan yang inovatif serta penguatan sistem kesehatan dengan targetnya adalah tenaga kesehatan, kader puskesmas, dan posyandu di Manggarai Barat. Model Stunting Center of Excellence diharapkan Roche dan 1000 Days Funda dapat menjadi model inovasi sekaligus intervensi untuk menurunkan stunting tak hanya di NTT tapi di seluruh wilayah Tanah Air.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.