Roda Bisnis Ribuan Perusahaan di Kabupaten Bekasi Diguncang COVID-19

Bisnis

Roda Bisnis Ribuan Perusahaan di Kabupaten Bekasi Diguncang COVID-19

Laman pikokabsi.bekasikab.go.id mencatat hingga Rabu (8/4/2020) total keseluruhan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.293, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 295 orang. Sementara jumlah positif COVID-19 sebanyak 34 orang dengan rincian 6 sembuh, 6 meninggal dan 22 masih dalam perawatan.

Kian bertambahnya kasus COVID-19 di wilayah Kabupaten Bekasi, kini telah menyenggol sektor bisnis. Sejumlah perusahaan kategori menengah ke bawah atau perusahaan kecil di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar), terancam gulung tikar akibat terdampak wabah COVID-19.

Mengenal MM2100, Kawasan Industri di Kabupaten Bekasi

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, Sutomo mengatakan, pandemi COVID-19 menyebabkan kelangkaan bahan baku yang biasa diimpor dari Tiongkok. Menurut dia, perusahaan menengah ke bawah sudah kembang kempis, tergantung kemampuan finansial perusahaan untuk terus menjalankan roda bisnis yang dimiliki.

"Bisa sebulan atau bahkan tidak sampai. Hampir 50 hingga 60 persen perusahaan menengah ke bawah akan gulung tikar dengan kondisi seperti ini," kata Sutomo sebagaimana diberitakan Republika.co.id, Rabu (8/4/2020).

Sutomo menyebut dari 6.000 lebih perusahaan di Kabupaten Bekasi hampir setengahnya sudah menurunkan hingga 40 persen produksinya. "Informasi yang kita terima ini langsung dari lisan para pengusaha sendiri," ungkapnya.

[Baca Juga: Pebisnis Kuliner Pasar Santa Bantu Kaum Rentan Pandemi COVID-19]

Sementara untuk perusahaan otomotif dan elektronik sudah tinggal memproduksi 50 persen saja sejak badan otoritas kesehatan dunia WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Beberapa pemasok yang bekerjasama dengan induknya juga sudah merubah hari kerja. "Dari semula seminggu penuh berubah hanya dua hingga tiga hari kerja saja," ungkapnya.

Apindo menyakini kondisi seperti ini akan berdampak bagi perusahaan kategori menengah ke bawah jika tidak ada toleransi untuk bisa bertahan dalam situasi seperti ini. "Diperlukan kebijakan pemerintah yang memiliki keberpihakan terhadap perusahaan menengah ke bawah agar mereka mendapat kepastian bisnis," katanya.

[Baca Juga: Ini Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Indonesia]

Lain halnya dengan perusahaan kategori menengah ke atas yang, menurut Sutomo, masih sanggup bertahan hingga beberapa bulan ke depan mengingat besarnya kekuatan modal yang dimiliki sehingga tidak terlalu terdampak. Sutomo memprediksi banyak tenaga kerja yang akan dirumahkan jika kondisi saat ini berkelanjutan hingga batas waktu yang tidak menentu sebab untuk merakit kendaraan atau pun elektronik sebagian besar bahan bakunya dikirim dari Tiongkok.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 9 months lalu
    anisa

    Kabar Gembira buat para pengemar Game Online Kami memberikan Promo Ansuransi Modal Perdana 100% FULL. Modal perdana akan di ganti full 100% jika kurang beruntung. Pendaftaran Gratis dan Mudah Untuk bantuan bisa langsung hub CS 24 jam nonstop atau langsung ke TKP (Bola165,co) Ayo tunggu apa lagi gabung dan klaim Bonusnya ya guys. . . .

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 ,org rasakan sensasinya guuuys......

  • Dinaira 2 years, 9 months lalu
    DinaIra

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com