Pembangunan Stasiun Manggarai.jpg

Berita Kawasan

Roker Siap-siap, Jalur 10 Stasiun Manggarai Sementara Tidak Beroperasi

Beberapa bulan belakangan tampak berlangsung pembangunan di Stasiun Manggarai. Sebagai stasiun sentral pertemuan dari empat arah yaitu Bogor, Bekasi, Tanah Abang, dan Jakarta Kota, lokasi ini harus bersiap menerima derasnya arus keluar masuk kereta listrik.

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan sedang membangun Stasiun Manggarai menjadi tiga lantai. Nantinya akan terjadi pemisahan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL (Kereta Rel Listrik) lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh.

[Baca Juga: Warga Bisa Siap-siap Coba Kereta MRT Jakarta Pada Februari]

Dengan semain intensifnya pembangunan di stasiun tersebut, mulai 23 Januari dan selama sekitar 45 hari ke depan, jalur 10 Stasiun Manggarai tidak bisa melayani naik dan turun penumpang dikarenakan adanya pekerjaan konstruksi dengan alat berat. Demikian menurut berita yang disampaikan krl.co.id (23/1/2019).

Revitalisasi Stasiun

Apabila diamati, saat ini pekerjaan revitalisasi Stasiun Manggarai masih dalam proses pembangunan khususnya yang berada di jalur 8, 9, dan 10. Jalur 8 dan 10 merupakan jalur aktif yang saat ini dikhususkan untuk KRL lintas Jatinegara-Depok/Bogor dan Jakarta Kota-Depok/Bogor, sementara untuk Jalur 9 merupakan jalur yang dikhususkan untuk kereta bandara.

Penutupan ini diberlakukan guna cepat terselesaikannya proses revitalisasi Stasiun Manggarai serta demi keamanan dan keselamatan para pengguna jasa. Dengan penutupan jalur 10 tersebut maka para pengguna jasa di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok/Bogor dilayani KRL di jalur 8, 5 dan 4.

KRL di Stasiun Manggarai

Selain melayani tujuan Depok/Bogor, di jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara dan Bogor/Depok-Jakarta Kota, sementara untuk Jalur 4 selain melayani KRL tujuan Depok/Bogor juga melayani KRL tujuan Bekasi/Cikarang. Penutupan ini merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan antara BTPWJB, PT KAI (Kereta Api Indonesia) Daop (Daerah Operasi) 1 Jakarta, dan PT KCI (Kereta Commuter Indonesia).

[Baca Juga: Bus Sekolah Gratis Segera Mengaspal di Kota Bogor]

Bila Anda termasuk golongan Roker (rombongan kereta), sebutan bagi para pengguna jasa Commuterline, bersiaplah dengan berkurangnya satu jalur di Stasiun Manggarai ini. Biasanya jika jalur berkurang perjalanan kereta pun akan lebih melambat. Selain itu, jika Anda biasa transit atau naik-turun di Stasiun Manggarai, pastikan tidak salah jalur.

Saat ini PT KCI mengoperasikan 936 perjalanan KRL dengan 71 persen perjalanan di antaranya melintas Stasiun Manggarai. Selain dilalui KRL, Stasiun Manggarai juga dilalui kereta jarak jauh, kereta barang, dan kereta bandara dengan total perjalanan 725 perjalanan kereta per hari sehingga menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun tersibuk di Jabodetabek.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.