Pembangunan Stasiun Manggarai.jpg

Berita Kawasan

Roker Siap-siap, Jalur 10 Stasiun Manggarai Sementara Tidak Beroperasi

Beberapa bulan belakangan tampak berlangsung pembangunan di Stasiun Manggarai. Sebagai stasiun sentral pertemuan dari empat arah yaitu Bogor, Bekasi, Tanah Abang, dan Jakarta Kota, lokasi ini harus bersiap menerima derasnya arus keluar masuk kereta listrik.

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan sedang membangun Stasiun Manggarai menjadi tiga lantai. Nantinya akan terjadi pemisahan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL (Kereta Rel Listrik) lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh.

[Baca Juga: Warga Bisa Siap-siap Coba Kereta MRT Jakarta Pada Februari]

Dengan semain intensifnya pembangunan di stasiun tersebut, mulai 23 Januari dan selama sekitar 45 hari ke depan, jalur 10 Stasiun Manggarai tidak bisa melayani naik dan turun penumpang dikarenakan adanya pekerjaan konstruksi dengan alat berat. Demikian menurut berita yang disampaikan krl.co.id (23/1/2019).

Revitalisasi Stasiun

Apabila diamati, saat ini pekerjaan revitalisasi Stasiun Manggarai masih dalam proses pembangunan khususnya yang berada di jalur 8, 9, dan 10. Jalur 8 dan 10 merupakan jalur aktif yang saat ini dikhususkan untuk KRL lintas Jatinegara-Depok/Bogor dan Jakarta Kota-Depok/Bogor, sementara untuk Jalur 9 merupakan jalur yang dikhususkan untuk kereta bandara.

Penutupan ini diberlakukan guna cepat terselesaikannya proses revitalisasi Stasiun Manggarai serta demi keamanan dan keselamatan para pengguna jasa. Dengan penutupan jalur 10 tersebut maka para pengguna jasa di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok/Bogor dilayani KRL di jalur 8, 5 dan 4.

KRL di Stasiun Manggarai

Selain melayani tujuan Depok/Bogor, di jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara dan Bogor/Depok-Jakarta Kota, sementara untuk Jalur 4 selain melayani KRL tujuan Depok/Bogor juga melayani KRL tujuan Bekasi/Cikarang. Penutupan ini merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan antara BTPWJB, PT KAI (Kereta Api Indonesia) Daop (Daerah Operasi) 1 Jakarta, dan PT KCI (Kereta Commuter Indonesia).

[Baca Juga: Bus Sekolah Gratis Segera Mengaspal di Kota Bogor]

Bila Anda termasuk golongan Roker (rombongan kereta), sebutan bagi para pengguna jasa Commuterline, bersiaplah dengan berkurangnya satu jalur di Stasiun Manggarai ini. Biasanya jika jalur berkurang perjalanan kereta pun akan lebih melambat. Selain itu, jika Anda biasa transit atau naik-turun di Stasiun Manggarai, pastikan tidak salah jalur.

Saat ini PT KCI mengoperasikan 936 perjalanan KRL dengan 71 persen perjalanan di antaranya melintas Stasiun Manggarai. Selain dilalui KRL, Stasiun Manggarai juga dilalui kereta jarak jauh, kereta barang, dan kereta bandara dengan total perjalanan 725 perjalanan kereta per hari sehingga menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun tersibuk di Jabodetabek.


Read More

Artikel Lainnya

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya


Comments


Please Login to leave a comment.