Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

Pada 25 September 2022 lalu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi secara resmi menghadirkan lokasi healing baru bagi masyarakat Kota Pahlawan di kawasan Rusun Romokalisari, Kecamatan Benowo. Bernama Romokalisari Adventure Land, lokasi wisata ini memiliki beragam fasilitas seru yang cocok dinikmati bersama keluarga atau bagi Anda yang ingin menikmati wisata alam Kota Surabaya. Belum lama diresmikan, tampaknya animo publik Kota Pahlawan terbilang antusias untuk berwisata ke Romokalisari Adventure Land yang juga ternyata membawa berkah untuk para pelaku usaha UMKM di destinasi wisata tersebut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memang mendorong agar keberadaan Romokalisari Adventure Land dapat membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR meraih pundi-pundi rupiah. Di mana ini direalisasikan melalui penjualan tiket yang diklaim Eri Cahyadi akan disalurkan untuk masyarakat MBR yang bekerja di Romokalisari Adventure Land. Selain itu bagi MBR yang membuka lapak dagangan di sini bersama pelaku usaha UMKM lainnya turut merasakan bagaimana pemasukan mereka melonjak usai ramainya pengunjung yang datang ke destinasi wisata baru di Kota Surabaya tersebut.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Sekadar informasi, Pemkot Surabaya menghadirkan sekitar delapan stand kuliner, lalu ada juga enam stand olahan ikan, dan satu stand cinderamata yang diisi oleh empat pelaku usaha UMKM. Bahkan di sini juga tersedia stand penjualan alat pancing bagi mereka yang memang ingin memancing di kawasan Romokalisari Adventure Land yang areanya memang didominasi oleh perairan.

Salah satunya dirasakan oleh warga Rusun Romokalisari bernama Buseiri. Perempuan berusia 50 tahun itu menjajakan soto daging serta minuman di stand kuliner UMKM di Romokalisari Adventure Land. Ia mengaku bersama para pedagang lain di sini sempat diberikan pelatihan dari Pemkot Surabaya terkait pengolahan makanan, penyajiannya, serta manajemen keuangan.

[#R]

Berkat bekal pelatihan serta antusias dari publik dengan lokasi wisata ini, ia sangat merasakan permintaan yang tinggi dari konsumen. “Alhamdulillah sekarang lebih maju, penghasilan lebih meningkat. Sekarang meningkat di atas 50 persen,” ujar Buseiri, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (28/9/2022).

Hal yang senada juga disampaikan pedagang olahan ikan asap, Rodiah. Ia menyebut, sejak diluncurkan pada akhir pekan lalu, pengunjung Romokalisari Adventure Land meningkat tajam dan ini tentu saja berhubungan dengan semakin banyak juga yang membeli dagangannya. Sehingga ia tak lupa menyampaikan apresiasinya terhadap Eri Cahyadi yang memberikan upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat MBR di sini melalui Romokalisari Adventure Land.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.