Roti Gambang, Menu Klasik Ini Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

Kuliner

Roti Gambang, Menu Klasik Ini Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

Roti Gambang pernah mengalami masa keemasannya. Di masa lampau, roti dengan tekstur padat dan bertabur wijen ini menjadi favorit bagi banyak warga Jakarta. Bahkan Roti Gambang hingga kini masih dibuat oleh beberapa toko roti legendaris di Ibu Kota, seperti Roti Lauw dan Roti Tan Ek Tjoan. Karena perkembangan jaman dan begitu banyak jenis roti modern yang dijajakan, maka kepopuleran Roti Gambang mulai merosot.

Baru-baru saja nama Roti Gambang mulai bersinar lagi, karena roti ini masuk di dalam daftar 50 roti terbaik dunia versi CNN, yang diumumkan pada 16 Oktober 2019 silam. Roti Gambang disandingkan dengan Baguette asal Prancis, Ciabatta dari Italia, dan Karavai khas Rusia.

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Roti Gambang

Daftar tersebut dirilis dalam rangka memperingati World Bread Day atau Hari Roti Sedunia setiap tanggal 16 Oktober. Daftar ini dikurasi secara mendalam oleh Jen Rose Smith, seorang pastry chef yang juga penulis travelling dan dunia kuliner.

"Daftar ini mencerminkan keragaman. Bersamaan dengan citarasa yang tak terlupakan, roti ini dipilih karena bahannya yang unik, status ikonik, dan kenikmatan makan yang sederhana. Selain rasa yang nikmat dan unik, setiap roti memiliki cerita dan nilai tersendiri," ujar Jen Rose Smith.

[Baca Juga: Camilan Nostalgia yang Masih Memiliki Banyak Penggemar]

Roti Gambang menduduki posisi ke-19 dalam daftar 50 roti terbaik dunia tersebut. Roti klasik ini menjadi sajian ngetop di dua kota di Indonesia, yakni Jakarta dan Semarang. Jika di Tanah Betawi disebut sebagai Roti Gambang, maka di Semarang dijuluki Roti Ganjel Rel.

Roti Gambang dibuat dengan bahan-bahan asli dari Indonesia, seperti kapulaga, kayumanis, dan macam-macam rempah Indonesia, dicampur dengan tepung terigu, gula merah, serta telur. Ada dugaan bahwa Roti Gambang tercipta dari proses akulturasi dari resep Ontbijtkoek khas Belanda dengan bahan-bahan tradisional Indonesia.

[Baca Juga: Camilan Wajib Ketika Suntuk di Kantor]

Roti Gambang tidak menggunakan gula putih namun menggunakan gula merah atau gula aren sebagai pemanis makanannya. Karena jaman dulu sangat sulit mendapatkan gula putih. Roti Gambang cocok disantap sebagai sarapan atau pun teman minum teh di sore hari. Karena teksturnya yang padat, seringkali roti ini dipilih karena dapat menunda lapar dan mengenyangkan, terlebih saat menjalankan ibadah puasa.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.