Roti Gambang, Menu Klasik Ini Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

Kuliner

Roti Gambang, Menu Klasik Ini Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

Roti Gambang pernah mengalami masa keemasannya. Di masa lampau, roti dengan tekstur padat dan bertabur wijen ini menjadi favorit bagi banyak warga Jakarta. Bahkan Roti Gambang hingga kini masih dibuat oleh beberapa toko roti legendaris di Ibu Kota, seperti Roti Lauw dan Roti Tan Ek Tjoan. Karena perkembangan jaman dan begitu banyak jenis roti modern yang dijajakan, maka kepopuleran Roti Gambang mulai merosot.

Baru-baru saja nama Roti Gambang mulai bersinar lagi, karena roti ini masuk di dalam daftar 50 roti terbaik dunia versi CNN, yang diumumkan pada 16 Oktober 2019 silam. Roti Gambang disandingkan dengan Baguette asal Prancis, Ciabatta dari Italia, dan Karavai khas Rusia.

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Roti Gambang

Daftar tersebut dirilis dalam rangka memperingati World Bread Day atau Hari Roti Sedunia setiap tanggal 16 Oktober. Daftar ini dikurasi secara mendalam oleh Jen Rose Smith, seorang pastry chef yang juga penulis travelling dan dunia kuliner.

"Daftar ini mencerminkan keragaman. Bersamaan dengan citarasa yang tak terlupakan, roti ini dipilih karena bahannya yang unik, status ikonik, dan kenikmatan makan yang sederhana. Selain rasa yang nikmat dan unik, setiap roti memiliki cerita dan nilai tersendiri," ujar Jen Rose Smith.

[Baca Juga: Camilan Nostalgia yang Masih Memiliki Banyak Penggemar]

Roti Gambang menduduki posisi ke-19 dalam daftar 50 roti terbaik dunia tersebut. Roti klasik ini menjadi sajian ngetop di dua kota di Indonesia, yakni Jakarta dan Semarang. Jika di Tanah Betawi disebut sebagai Roti Gambang, maka di Semarang dijuluki Roti Ganjel Rel.

Roti Gambang dibuat dengan bahan-bahan asli dari Indonesia, seperti kapulaga, kayumanis, dan macam-macam rempah Indonesia, dicampur dengan tepung terigu, gula merah, serta telur. Ada dugaan bahwa Roti Gambang tercipta dari proses akulturasi dari resep Ontbijtkoek khas Belanda dengan bahan-bahan tradisional Indonesia.

[Baca Juga: Camilan Wajib Ketika Suntuk di Kantor]

Roti Gambang tidak menggunakan gula putih namun menggunakan gula merah atau gula aren sebagai pemanis makanannya. Karena jaman dulu sangat sulit mendapatkan gula putih. Roti Gambang cocok disantap sebagai sarapan atau pun teman minum teh di sore hari. Karena teksturnya yang padat, seringkali roti ini dipilih karena dapat menunda lapar dan mengenyangkan, terlebih saat menjalankan ibadah puasa.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.